Bugar

Alami Gejala Covid-19, Segera Lakukan Hal Ini

Alami Gejala Covid-19, Segera Lakukan Hal Ini

MOMSMONEY.ID - Kasus Covid-19 kembali meningkat di Indonesia. Berdasarkan data dari situs Infeksi Emerging Kementerian Kesehatan, total kasus aktif hingga Senin (18/12) mencapai 2.204 yang mana ada 243 kasus konfirmasi hari ini.

Adapun, kasus Covid-19 pun seperti sebelumnya, mulai dari gejala flu, pilek atau batuk, hingga sakit saat menelan. "Kebanyakan yang saya lihat di (varian) omicron ini adalah sakit menelan," ujar Direktur Jenderal (Dirjen) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Maxi Rein Rondonuwu, saat ditemui Kamis (14/12).

Lantas, apa yang harus dilakukan begitu merasakan gejala Covid-19?

Maxi menyebut, bila saat ini masyarakat merasakan gejala Covid-19, sebaiknya melakukan tes swab Covid-19. Bahkan, tes ini bisa dilakukan secara mandiri dengan rapid antigen. Bila positif dan gejala yang diderita bersifat ringan, Anda bisa melakukan karantina mandiri di rumah.  Jangan lupa makan yang cukup dan minum obat simptomatik. Isolasi mandiri bisa dilakukan selama 5 hari.

Sementara, bila geja gejalanya sedang, bisa isolasi di rumah sakit. "Kalau gejalanya sedang, kalau mulai susah menelan, panasnya semakin tinggi, itu sebaiknya ke rumah sakit untuk dilakukan perawatan isolasi," kata Maxi.

Bagi Anda yang terdaftar dalam BPJS Kesehatan, jangan khawatir, biaya perawatan Covid-19 saat ini ditanggung oleh BPJS Kesehatan.

Baca Juga: Nggak Perlu Repot Bawa Kartu, Livin' by Mandiri Punya Fitur Tap to Pay

Nah, untuk terhindar dari paparan Covid-19, Kementerian Kesehatan pun mengimbau masyarakat segera melakukan vaksinasi Covid-19, baik yang belum melengkapi dosis primer atau booster. 

"Vaksinasi ini kesempatan masyarakat, karena sampai 31 Desember kita masih pakai pola lama, jadi semua sasaran bisa. Mulai dewasa muda sampai dengan lansia, yang penting diatas 6 bulan, kalau mau vaksin silakan. Tetapi mulai 1 januari 2024 itu mulai pola lain. Sudah diintegrasikan sebagai vaksinasi rutin, jadi sasaran-sasaran itu tidak semua ditanggung pemerintah," kata Maxi.

Bukan hanya vaksinasi, untuk menghindari Covid-19, protokol kesehatan pun harus tetap dilakukan. Mencuci tangan dengan sabun, memakai masker, dan menghindari kerumunan orang, terutama saat sedang sakit. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News