MOMSMONEY.ID - Lazada Indonesia mencatat ada peningkatan transaksi lewat LazMall selama Lazada 11.11 yang berlangsung selama 10 November hingga 13 November 2025. Lewat festival ini, Lazada mencatat ada lonjakan transaksi sebesar 23 kali lipat dibanding hari biasa.
Lazada menyebutkan, peningkatan ini membuat posisi LazMall sebagai kanal belanja terpercaya serta menunjukkan, semakin banyak konsumen yang memilih produk autentik dari penjual terverifikasi.
Peningkatan yang signifikan pun terjadi di hampir seluruh kategori gaya hidup yang menegaskan bahwa ajang belanja ini makin menaik minat konsumen mencari nilai sekaligus kualitas.
"Sebagai pelopor e-commerce di Indonesia, Lazada telah menyaksikan perubahan besar dalam perilaku konsumen beberapa tahun terakhir," ujar Chief Executive Officer, Lazada Indonesia, Carlos Barrera dalam keterangan tertulis, Selasa (18/11).
"Harga tetap penting, namun seiring meningkatnya gaya hidup, kualitas dan keaslian menjadi faktor utama dalam keputusan berbelanja," sebutnya.
Dia melanjutkan, saat ini LazMall menjadi destinasi bagi pelanggan yang mencari produk orisinal dari penjual terverifikasi, dua elemen kunci yang membangun kepercayaan dalam belanja online.
Baca Juga: Lazada Luncurkan LazMom, Hadirkan Produk Kebutuhan Ibu dan Bayi yang Terkurasi
Selama Lazada 11.11, penjualan meningkat di semua kategori, terutama kategori yang menyasar keluarga muda dan konsumen aspiratif yang ingin meningkatkan kualitas hidup. Kelompok pelanggan ini cenderung lebih memperhatikan autentisitas dan kualitas produk.
Adapun kategori yang mencatat performa kuat selama Lazada 11.11:
- Ibu & Anak: Penjualan produk untuk ibu dan anak melonjak 26 kali lipat, dipimpin oleh popok dan susu dari merek tepercaya seperti MamyPoko, Merries, dan Bebelac.
- Elektronik: Penjualan produk elektronik naik 21 kali lipat, dipimpin oleh smartphone dari merek global dan lokal seperti Infinix, Samsung, Realme, dan Oppo. Permintaan TV pun meroket 82 kali lipat, dengan Coocaa mencatat pertumbuhan kuat.
- Kecantikan: Penjualan kategori kecantikan tumbuh 26,3 kali lipat, dengan merek lokal seperti Wardah, Madame Gie, dan Scarlett Whitening tampil menonjol di samping brand global.
- Kebutuhan Rumah Tangga: Produk-produk kebutuhan harian atau kebutuhan rumah tangga mencatat keniakan penjualan sebesar 20,4 kali lipat, dipimpin oleh minyak goreng, mi instan, dan susu. SunCo, Indomie, dan Bear Brand menjadi merek dengan permintaan tertinggi.
- Olahraga & Aktivitas Luar Ruangan: Penjualan sepatu dan pakaian olahraga melonjak 114 kali, sementara peralatan olahraga dan outdoor naik 9 kali lipat, didorong oleh tren gaya hidup sehat serta meningkatnya minat pada aktivitas seperti lari, padel, gym, dan mendaki gunung.
- Pencahayaan & Dekorasi Rumah: Penjualan meningkat 23 kali lipat, didorong oleh produk pencahayaan dan furnitur, termasuk Philips Lighting dan brand lokal In The Box yang membukukan penjualan kasur dalam jumlah besar.
- Media, Buku, & Musik: Penjualan kategori ini tumbuh 38 kali lipat, dengan Gramedia, salah satu penjual buku terbesar di Indonesia, mencatat permintaan tertinggi.
Baca Juga: Hindari Produk Palsu, Ini Panduan Berbelanja Susu di Platform Online dari Lazada
Carlos menambahkan, pengalaman positif dalam belanja online yang ditawarkan Lazada menjadi sebuah efek halo yang mendorong pelanggan melakukan lebih banyak pembelian di kategori atau produk lainnya.
Lazada memperkuat perilaku ini tidak hanya melalui produk autentik, tetapi juga lewat berbagai keuntungan dan reward yang membuat pengalaman belanja semakin menarik, terutama bagi konsumen yang semakin selektif.
LazKoin juga memainkan peran penting sebagai koin virtual yang dapat dikumpulkan dan digunakan pelanggan untuk memangkas harga dan mendapatkan diskon tambahan.
Sepanjang gelaran 11.11, tingkat penukaran LazKoin sangat tinggi, dengan 20% dari total penjualan berasal dari transaksi yang sebagian dibayar menggunakan LazKoin.
Nah, Lazada Indonesia juga memanfaatkan AI dalam fitur mereka untuk menghadirkan pengalaman belanja yang lebih mulus dan personal, mulai dari rekomendasi produk yang semakin akurat, proses pencarian yang lebih cepat dan intuitif, memudahkan menumpuk voucher dan reward dan lainnya.
Selanjutnya: 7 Tempat Makan Ayam Goreng Enak di Bandung yang Terkenal dan Mesti Dicoba
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News