Bugar

Tips Tetap Sehat di Usia Tua, Jalan Kaki Salah Satunya!

Tips Tetap Sehat di Usia Tua, Jalan Kaki Salah Satunya!

MOMSMONEY.ID - Tetap sehat meskipun sudah tidak lagi muda adalah impian banyak orang. Simak tips tetap sehat di usia tua yang dapat Anda lakukan!

Menjaga kesehatan di usia tua adalah kunci untuk tetap aktif, mandiri, dan menikmati hidup. Usia bukanlah penghalang untuk menjalani hidup sehat dan produktif.

Melansir dari WebMD, berikut adalah beberapa tips tetap sehat di usia tua yang dapat Anda lakukan:

1. Periksa Kesehatan Secara Rutin

Memantau kesehatan bukan hanya tentang berobat saat sakit, tapi juga menjalani pemeriksaan rutin untuk mendeteksi masalah lebih awal.

Pastikan Anda menemui dokter secara teratur, termasuk dokter gigi dan mata, untuk pemeriksaan berkala.

Tes seperti kadar kolesterol, tekanan darah, serta pemeriksaan untuk kanker tertentu (seperti kanker serviks, usus besar, dan prostat) penting untuk dilakukan sesuai kebutuhan individu.

Baca Juga: Resep Mashed Potato untuk Diet yang Simpel dan Enak, Coba yuk!

2. Konsumsi Makanan Alami

Diet berbasis makanan alami adalah pola makan sehat yang meliputi sayuran, buah-buahan, biji-bijian, kacang-kacangan, serta susu rendah lemak.

Hindari daging berlemak, gula, garam, dan makanan olahan. Banyak studi menunjukkan pola makan ini dapat memperpanjang usia dan melindungi dari penyakit seperti jantung, kanker, dan Alzheimer.

3. Jalan Kaki

Targetkan untuk berjalan kaki 30 menit setiap hari. Jika terasa berat, Anda bisa memecahnya menjadi sesi yang lebih pendek. Berjalan kaki tak hanya menyehatkan jantung dan otot, tapi juga bermanfaat bagi kesehatan otak dengan meningkatkan aliran darah dan oksigen.

Berjalan secara rutin membantu mengontrol berat badan, meningkatkan suasana hati, dan menurunkan risiko penyakit seperti diabetes tipe 2 dan hipertensi.

4. Jaga Koneksi Sosial

Rasa kesepian bisa mempengaruhi kesehatan mental dan fisik. Lansia yang merasa terisolasi berisiko lebih tinggi terkena depresi dan demensia.

Pertahankan hubungan dengan teman dan keluarga atau coba kegiatan baru. Hubungan sosial dapat menurunkan kadar hormon stres dan menjaga kesehatan emosi.

Baca Juga: 5 Pilihan Susu yang Aman untuk Asam Lambung, Ada Susu Kedelai!

5. Perbanyak Serat dalam Makanan

Serat membantu mengontrol kadar kolesterol, menurunkan risiko penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan kanker usus besar. Anda bisa menambahkan serat dengan mengganti roti putih menjadi roti gandum atau menambahkan sayuran pada makanan.

Pada usia 50 tahun ke atas, pria dianjurkan mengonsumsi 30 gram serat setiap hari, sementara wanita membutuhkan sekitar 21 gram.

6. Hindari Kebiasaan Buruk

Berhenti merokok adalah langkah penting untuk menjaga kesehatan, karena tembakau bisa merusak hampir setiap organ tubuh. Jika Anda merokok, tubuh akan mulai pulih dari efek negatifnya segera setelah Anda berhenti.

Batasi pula konsumsi alkohol; pria sebaiknya tidak minum lebih dari dua gelas sehari, sementara wanita tidak lebih dari satu.

7. Coba Latihan Tai Chi

Tai Chi adalah latihan asal Tiongkok yang menggabungkan gerakan lambat dan pernapasan dalam. Latihan ini membantu menjaga keseimbangan, meningkatkan fleksibilitas, serta mengurangi nyeri pada sendi. Tai Chi dapat mencegah jatuh, penyebab utama cedera pada lansia.

Baca Juga: Perhatikan! Inilah Penyebab Asam Lambung Sering Kambuh yang Jarang Disadari

8. Penuhi Asupan Gizi dengan Suplemen

Setelah usia 50 tahun, tubuh membutuhkan lebih banyak vitamin dan mineral seperti kalsium, vitamin D, B12, dan B6. Nutrisi ini bisa didapat dari makanan atau suplemen jika diperlukan.

Namun, pastikan berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi suplemen untuk menghindari interaksi negatif dengan obat yang sedang dikonsumsi.

9. Tetap Optimis

Pikiran positif sangat membantu dalam menjaga kesehatan mental dan fisik. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang optimis cenderung hidup lebih lama dan lebih sehat.

Kebiasaan berpikir positif dapat membantu menurunkan tingkat stres, mendukung aktivitas fisik, serta memperbaiki kualitas hidup. Cobalah tersenyum, fokus pada hal-hal baik, atau buat jurnal untuk melatih sikap optimis.

Baca Juga: Praktis dan Enak, Ini Rekomendasi Menu Diet Tanpa Nasi dalam Seminggu

10. Tidur yang Cukup

Tidur yang berkualitas sangat penting bagi kesehatan. Usahakan tidur dan bangun pada jam yang sama setiap hari untuk menjaga siklus tidur.

Hindari kafein di malam hari dan jaga kamar tetap nyaman dan gelap untuk mendukung tidur nyenyak.

11. Rangsang Otak Anda

Berbagai kegiatan seperti teka-teki silang, Sudoku, membaca, dan bermain catur dapat merangsang otak dan menjaga kesehatan mental.

Melakukan aktivitas baru secara rutin bisa membantu menurunkan risiko demensia dan Alzheimer.

Baca Juga: Apa Khasiat Minum Serai untuk Kesehatan Tubuh? Intip 15 Khasiatnya di Sini

Demikianlah beberapa tips tetap sehat di usia tua yang bisa Anda lakukan. Semoga bermanfaat, ya.

Selanjutnya: BPJS Ketenagakerjaan Tingkatkan Perlindungan Pekerja Migran

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News