BisnisYuk

Tips Pemasaran Jitu Menarik Pasar Luar Negeri

Tips Pemasaran Jitu Menarik Pasar Luar Negeri

MOMSMONEY.ID - Berikut ini tips pemasaran jitu untuk menarik pasar hingga mancanegara.

Di era globalisasi yang berkembang pesat, pemasaran tak lagi terbatas pada batas-batas negara. Bisnis dan merek kini memiliki peluang untuk mencapai audiens internasional.

Namun, untuk berhasil menembus pasar global, konsep lokalisasi dalam pemasaran menjadi kunci utama. Lokalisasi bukan hanya tentang menerjemahkan teks atau mengganti gambar, tetapi juga tentang memahami dan menyelaraskan pesan bisnis dengan budaya lokal.

"Untuk bisa beroperasi secara global, perusahaan perlu membuat konten yang multibahasa, mulai dari situs web hingga email, unggahan di media sosial, dan masih banyak lagi," kata Jarek Kutylowski, Founder dan CEO DeepL, dalam keterangan yang diterima Momsmoney.

"Langkah ini diperlukan untuk bisa terhubung dengan audiens di seluruh dunia, yang pada akhirnya bisa berpengaruh pada pertumbuhan bisnis," ujar dia. 

Dari survei bertajuk The State of Translation and Localization 2023-2024 ada sejumlah tips yang bisa diambil untuk melakukan pemasaran dengan lebih efisien, sebagai berikut:

Baca Juga: Ipsos: Akibat Promo Pengeluaran Individu Naik 1,6 x Selama Ramadan

1. Optimalisasi penerjemahan dokumen

Penerjemahan dokumen merupakan langkah awal yang penting dalam pemasaran internasional. Teknologi AI dapat mempercepat proses ini sambil memastikan nuansa dan konteks lokal dipertahankan.

Cara ini penting karena riset pasar yang mendalam sering membutuhkan analisis sumber dari negara target, yang seringkali tersedia dalam Bahasa lokal.

Penggunaan mesin penerjemah AI dapat mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk riset, memungkinkan tim pemasaran untuk fokus pada strategi dan eksekusi.

2. Kembangkan glosarium khusus industri

Setiap industri memiliki jargon dan terminologi unik yang tidak dapat diterjemahkan secara harfiah. Penggunaan istilah yang tidak tepat dapat merusak kredibilitas dan mengurangi efektivitas komunikasi pemasaran.

Menurut survei, 82% responden mengungkapkan kekhawatiran terhadap kesalahan penerjemahan jargon spesifik industri.

Untuk mengatasi hal ini, pengembangan glosarium yang diintegrasikan dengan system penerjemahan AI dapat memastikan konsistensi dan akurasi terminologi. Hal ini tidak hanya memperkuat pesan pemasaran tetapi juga memudahkan pemahaman bagi pasar target.

Tools AI yang tepat harus bisa mengomunikasikan nilai dan spesifikasi produk mereka dengan lebih jelas dan akurat, agar dapat terhindar dari kesalahpahaman yang mungkin timbul dari penerjemahan yang salah.

Baca Juga: Bantu UKM saat Ramadan, Ninja Xpress Beri Dukungan Lewat Ekosistem Terintegrasi

3. Gabungkan kemampuan manusia dengan AI

Mesin penerjemah tidak dapat bergerak secara sempurna tanpa sentuhan manusia. Input manusia memiliki peran penting dalam memastikan kualitas konten terjemahan.

Berdasarkan survei yang sama, 99% responden akan melakukan tinjauan manusia setelah proses penerjemahan mesin dan 85% percaya bahwa konten yang diterjemahkan oleh mesin membutuhkan penyuntingan lebih lanjut untuk memastikan keakuratan, nuansa, dan nada kreatif yang sesuai.

Proses ini tidak hanya tentang mengoreksi kesalahan gramatikal atau leksikal, tetapi juga tentang menyesuaikan terjemahan agar sesuai dengan konteks budaya dan emosional yang tepat dari target pasar.

Ini menunjukkan bahwa proses lokalisasi tidak sekadar menerjemahkan kata demi kata, tetapi juga memastikan bahwa pesan tersebut sesuai dengan nuansa budaya dan konteks sosial yang relevan.

Kutylowski menyebut keterlibatan manusia akan tetap menjadi bagian tak terpisahkan dari strategi lokalisasi konten yang sukses.

Hal ini memastikan setiap aspek konten dari keakuratan teknis hingga gaya dan nuansa ditinjau dan disempurnakan untuk memenuhi standar kualitas tertinggi, sekaligus mempertahankan relevansi budaya dan emosional dengan pasar target.

"Pendekatan gabungan ini memastikan bahwa terjemahan tidak hanya akurat secara bahasa tetapi juga beresonansi dengan audiens lokal," tutur Kutylowski.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News