M O M S M O N E Y I D
Santai

Ipsos: Akibat Promo Pengeluaran Individu Naik 1,6 x Selama Ramadan

Ipsos: Akibat Promo Pengeluaran Individu Naik 1,6 x Selama Ramadan
Reporter: Andy Dwijayanto  |  Editor: Andy Dwijayanto


MOMSMONEY.ID - Bulan Ramadan selalu menjadi momen berbagi kebahagiaan, kesederhanaan, dan kedermawanan. Di tengah perayaan ini, tidak hanya suasana kebersamaan keluarga yang dinanti-nanti, tetapi juga munculnya beragam promo menarik  dari berbagai brand untuk memeriahkan suasana. 

Menurut survei terbaru dari Ipsos, minat terhadap pembicaraan tentang Ramadan sudah terlihat sejak sebelum bulan puasa dimulai  hingga saat ini, faktanya 7 dari 10 individu menyatakan Ramadan sebagai waktu favorit mereka sepanjang tahun. Tidak hanya menjadi momentum berkumpul dengan keluarga, bulan Ramadan juga  menjadi waktu yang dinantikan untuk menikmati berbagai macam promo belanja dari berbagai kategori. 

Baca Juga: Iklan Shopee Garansi Tepat Waktu bareng Vidi Aldiano Sukses Dipuji Warganet!

Menurut data dari Ipsos, pengeluaran per individu meningkat 1.6x  selama bulan Ramadan, yang sebagian besar disebabkan oleh promo-promo menarik dari  berbagai brand yang disampaikan melalui konten mereka yang kreatif. Serta ditemukan  bahwa 83% responden merasa penting untuk melihat brand menampilkan konten promo yang beragam.

Platform media sosial TikTok juga melaporkan peningkatan watch time hingga 1.9x selama  bulan Ramadan. Konten yang paling diminati oleh pengguna TikTok selama bulan ini 
meliputi refleksi spiritual 79%, entertainment & lifestyle 79%, makanan & minuman 78%, promo menarik 77%, fashion 72%, serta rumah & keluarga 69%. 

Dampak  positif dari peningkatan interaksi ini terlihat pada fakta bahwa 1 dari 4 pengguna TikTok  melakukan pembelian, bahkan ketika mereka sebelumnya tidak memiliki niat untuk 
melakukannya.

Baca Juga: Promo Indomaret Festival Ramadan Berakhir Hari Ini 27 Maret 2024, Ada Promo Gajian

Soeprapto Tan, Presiden Direktur Ipsos Indonesia, mengatakan dari data yang dikumpulkan, bulan Ramadan telah menjadi waktu yang penting bagi masyarakat.  Bukan hanya sebagai waktu beribadah, tetapi juga sebagai kesempatan untuk menikmati  promo menarik dan konten inspiratif. 

"Ini menunjukkan bahwa perilaku konsumen  mengalami perubahan yang signifikan. Oleh karena itu, penting bagi brand untuk  memahami perubahan ini dengan baik agar dapat merancang strategi pemasaran yang efektif.” ujarnya dalam siaran pers, Rabu (27/3/2024)

Berikut tiga tips yang dapat membantu brand meraih dampak positif dari perayaan 
Ramadan ini:

1. Rancang Strategi untuk 50 Hari, bukan 4 Minggu
Brand disarankan untuk mempersiapkan strategi penjualan mereka tidak hanya  untuk 4 minggu (selama bulan Ramadan dan Idul Fitri), tetapi juga sejak 2 minggu 
sebelum bulan Ramadan hingga 1 minggu setelah Idul Fitri. Data riset Ipsos  menunjukkan bahwa 36% konversi pembelian Ramadan terjadi sebelum bulan  Ramadan dimulai hingga 1 minggu setelah Idul Fitri.

2. Menggandeng Content Creator
Bekerjasama dengan influencer dapat menjadi strategi efektif untuk menjangkau  audiens yang lebih luas. Berdasarkan riset Ipsos, 55% konsumen terpengaruh  untuk mencoba produk baru berdasarkan rekomendasi dari content creator atau  influencer.

3. Mengusung Konsep 3 “I” (Inklusif, Inspiratif, & Influence)
Konten yang Inklusif, Inspiratif, dan Influence audiens dapat menjadi kunci  keberhasilan dalam menarik perhatian konsumen. Kolaborasi dengan influencer  juga dapat menjadi sarana yang efektif untuk menjangkau komunitas tertentu. Strategi ini telah terbukti berhasil di TikTok, di mana 3 dari 5 pengguna merasa terhibur  dan 43% diantaranya semakin mempercayai platform TikTok ini sebagai sumber inspirasi  dan informasi.

Baca Juga: 4 Promo BNI Belanja Kebutuhan Sirup-Minyak Goreng di Lotte Mart hingga Indogrosir

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

TERBARU

Rekomendasi 7 Film Tentang Dinamika Hubungan Ayah dan Anak Penuh Perjuangan

Menyajikan cerita manis dan hangat, ini sederet rekomendasi film tentang ayah dan anak dari dalam dan luar negeri yang bisa ditonton.​

Rumor iPhone 18 Pro: Hadirkan Beberapa Pilihan Warna, Ada Burgundy & Juga Coffee

IPhone 17 baru saja rilis tapi Apple sudah siapkan produk baru, iPhone 18 Pro. Rumor mengisyaratkan ada penambahan warna baru di jajaran Pro.  

Jadi Pawrent Bijak, Ini Tips Merawat Anabul dari Pet Kingdom

Simak cara merawat anabul dari Pet Kingdom yang bisa Anda praktikkan berikut ini, yuk.               

Gen Z Wajib Tahu, Begini Cara Aman Mengelola Keuangan Digital

Berikut ini cara aman mengelola keuangan digital bagi Gen Z di tengah derasnya arus transaksi digital.

Hari Terakhir Promo 11.11 J.CO, Nikmati 2 Box J.POPS Favorit Hemat Cuma Rp 111K

Hari ini kesempatan terakhir menikmati promo 11.11 J.CO. Tersedia 3 pilihan paket Donuts favorit serba Rp 111.000 di outlet terdekat.

Promo Pizza Hut Tiap Rabu, Cuma Rp 89K Dapat QU4RTZA Pizza dengan 4 Topping

Tiap Rabu, Pizza Hut hadirkan promo Online Exclusive Deals. Anda bisa menikmati QU4RTZA Pizza dengan 4 topping favorit hanya Rp 89.000.

Kumpulan Fitur WhatsApp 2025, Buat Profil Pakai Meta AI & Tambah Tautan ke Bio

Ada banyak fitur WhatsApp terbaru​ yang diluncurkan pada tahun 2025. Mulai dari menambahkan tautan ke bio Instagram dan buat profil Meta AI.

Promo HokBen x Yup Selama November 2025, Makan Enak Menu Pilihan Cuma Rp 1.000

Jajan di HokBen lebih hemat dengan promo Yup. Anda bisa menikmati menu-menu pilihan hanya Rp 1.000 selama November 2025.

Tren Ombre Lipstik​ 2025, Ini Daftar Lipstik OMG Vinyl yang Cocok untuk Pelajar

Tren ombre lipstik​ enggak ada matinya, mulai dari pelajar sampai pekerja banyak yang tertarik. Ombre lipstik sudah ada sejak era 90-an lo. ​

Belajar Investasi ala Timothy Ronald yuk, Mulai dari Ilmu Bukan Tren

Investor muda Timothy Ronald membagikan pandangannya mengenai cara investasi bagi generasi muda.