Santai

Tips Menjaga Tanaman Dalam Ruangan yang Wajib Diketahui Pemula

Tips Menjaga Tanaman Dalam Ruangan yang Wajib Diketahui Pemula

MOMSMONEY.ID - Bagi Anda seorang pemula yang baru saja mencoba menanam tanaman dalam ruangan, Anda wajib mengetahui tips menjaga tanaman dalam ruangan.

Ada beberapa cara menjaga tanaman dalam ruangan yang perlu diketahui. Hal terpenting adalah membuat tanaman yang baru saja dibawa beradaptasi dengan lingkungan tumbuh yang baru secara bertahap.

Beberapa orang melakukan kesalahan dengan langsung memindahkan tanaman hias ke pot keramik. Hal tersebut dapat membuat tanaman syok dan menghambat pertumbuhan tanaman. 

Baca Juga: Cara Memotong Tanaman Lidah Buaya dengan Benar Tanpa Merusaknya

Kesalahan dalam menjaga tanaman dalam ruangan lainnya yaitu penyiraman yang berlebihan. Tukang kebun pemula sering menyiram tanaman mereka dan akhirnya merusak atau membunuh tanaman tersebut dalam prosesnya.

Nah, berikut ini tips menjaga tanaman dalam ruangan bagi pemula :

Alih-alih memindahkannya, masukkan pot tanaman ke dalam wadah keramik yang cantik. 

Ini tidak hanya akan membuatnya tetap segar dan hidup, tetapi juga akan memastikan tanaman terlihat cantik di wadah baru.

Trik ini akan membantu tanaman muda beradaptasi dengan kondisi pertumbuhan yang baru.

pohon pisang

Baca Juga: Rekomendasi Tanaman Dalam Ruangan untuk Rumah Minimalis agar Lebih Menarik

- Belilah pot keramik yang ukurannya lebih besar satu ukuran dari wadah plastik yang ada sehingga dapat muat di dalamnya dengan mudah.

- Jika tepi pot, tempat tanaman itu berada, agak lebar, akan sulit untuk memasukkannya ke dalam pot keramik yang baru dan lebih besar. Untuk melakukannya, potong bagian yang tebal dari pot plastik lama dan masukkan ke dalam pot yang baru.

- Trik ini akan membantu mengangkat pot dari pot lainnya dan memeriksa lapisan tanah atas. Berat pot juga akan membantu menentukan apakah tanaman perlu disiram atau tidak. Jika tanah mengandung air, pot akan terasa sedikit lebih berat.

- Dengan cara ini Anda juga dapat membuang kelebihan garam dari media tanam, jika terjadi pemberian pakan yang berlebihan. 

Baca Juga: Rekomendasi Rangkaian Bunga Simbol Duka Cita untuk Orang Meninggal

Waspadai gejala seperti ujung daun berwarna cokelat dan daun yang terbakar. Untuk melakukannya, pindahkan pot ke wastafel dan alirkan air. Biarkan kelebihan air membilas tanah dan mengalir dari lubang bawah.

- Dengan ini Anda juga dapat menghidrasi tanaman melalui penyiraman dari bawah. Media tanam menyerap air melalui lubang drainase. Taruh Kimberly tanaman di pot hias setelah sesi ini.

- Biarkan tanaman tetap berada di pot yang lama hingga akarnya terikat, lalu pindahkan ke wadah baru. Akan lebih baik jika menggunakan pot yang satu ukuran lebih besar daripada pot yang lama.

Nah itulah beberapa tips  menjaga tanaman dalam ruangan yang wajib diketahui. 

Selanjutnya: Promo Alfamart Minyak Goreng Hemat hingga 10 Oktober, Diskon Lumayan Ukuran 2 Liter

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News