Santai

Cara Memotong Tanaman Lidah Buaya dengan Benar Tanpa Merusaknya

Cara Memotong Tanaman Lidah Buaya dengan Benar Tanpa Merusaknya

MOMSMONEY.ID - Jika Anda membuang daun dari tanaman lidah buaya untuk penggunaan medis atau topikal, ada kemungkinan besar Anda akan merusaknya. Berikut ini cara memotong tanaman lidah buaya dengan benar tanpa merusaknya. 

Cara memotong tanaman lidah buaya dengan benar tanpa merusaknya dapat Anda simak di artikel ini. 

Pemangkasan atau pemotongan tanaman lidah buaya yang tidak tepat juga akan membuatnya tampak tidak menarik. 

Baca Juga: Cara Membuat Lidah Buaya Berbunga dan Perawatannya, Ini Tipsnya

Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui cara memotong tanaman lidah buaya dengan benar. 

Cara memotong tanaman lidah buaya 

tanaman lidah buaya

Rahasia memotong lidah buaya dengan bersih adalah selalu singkirkan daun dari bagian bawah tanaman dan potong dekat batang utama tanaman. 

Pilih daun terbesar dan tersehat yang dapat Anda temukan karena daun tersebut adalah yang paling matang, dan biarkan daun yang lebih kecil tumbuh subur. Berikut tipsnya:

1. Hindari menggunakan pisau tumpul

Selalu gunakan pisau bergerigi yang bersih dan tajam untuk memotong tanaman lidah buaya. Gosokkan alkohol pada pisau karena akan mengurangi kemungkinan penyakit dan infeksi jamur. Hindari penggunaan pisau tumpul karena dapat merusak batang dan daun secara parah.

Baca Juga: Patut Dicoba, Inilah Cara Mengolah Lidah Buaya untuk Mengobati Asam Lambung

2. Pangkas bila diperlukan

Anda tidak perlu memangkas tanaman terlalu sering. Potong sesuai kebutuhan karena pemangkasan akan menghilangkan banyak nutrisi penting yang dibutuhkan tanaman agar tetap sehat dan bergizi.

Pangkas daun yang kering, mati, berubah warna, atau coklat dan potong dengan hati-hati tanpa merusak daun yang sehat.

Buang daun luar yang berlebih agar tanaman muat di dalam wadah dengan cara memotongnya dekat pangkal batang, lalu mengguntingnya dengan rapi.

Daun-daun ini juga mengandung gel paling banyak yang dapat dioleskan ke kulit untuk perawatan kecantikan atau pada ruam dan luka bakar.

Biasanya, tanaman ini akan menggugurkan daun bagian bawah dengan sendirinya seiring berjalannya waktu. Jadi, cara yang tepat untuk memotong tanaman lidah buaya adalah dengan membuang daun dari bawah ke atas.

Cara membuat lidah buaya berbunga

1. Beri dosis cahaya ekstra

Seperti tanaman berbunga lainnya, tanaman ini hanya akan berbunga jika terkena banyak cahaya. Jangan berharap tanaman akan berbunga jika Anda menyimpannya di tempat teduh. 

Baca Juga: Obati Asam Lambung dengan Lidah Buaya, Begini Cara Mengolahnya

Mulailah menyimpan lidah buaya Anda di bawah sinar matahari langsung selama 5-6 jam 2-3 bulan sebelum musim semi, saat ia mekar.

2. Beli tanaman dewasa

Jangan mengharapkan bunga dari tanaman lidah buaya yang masih muda. Mekar setelah mencapai umur tertentu, minimal 4 tahun. Tunggu waktu yang tepat, atau belilah tanaman yang berumur minimal 4 tahun dari pusat taman.

3. Bawa tanaman ke luar ruangan

Banyak tukang kebun ingin tanaman lidah buayanya berbunga saat ditanam di dalam ruangan, namun sayangnya hal ini tidak pernah terjadi. Aslinya, lidah buaya tumbuh di daerah terbuka, terkena kondisi berangin dan cerah.

Namun, meniru trik yang sama yang digunakan tanaman untuk menumbuhkan bunga saat musim semi mendekat dapat membantu Anda melihat mekarnya bunga.

4. Pemupukan untuk meningkatkan pertumbuhan dan pembungaan

Lidah buaya yang sehat memiliki potensi lebih besar untuk menghasilkan bunga yang cerah. Pastikan Anda menggunakan campuran pot yang kaya dan memiliki drainase yang baik.

Selain itu, mulailah memberi makan tanaman dengan pupuk cair seimbang, yang diencerkan hingga setengah kekuatannya, 3 bulan sebelum musim semi.

Baca Juga: 6 Manfaat Lidah Buaya Untuk Mengatasi Jerawat, Cocok Dijadikan Skincare Alami

5. Variasi suhu

Sediakan malam yang lebih sejuk dan siang hari yang sedikit hangat agar tanaman lidah buaya terkena fluktuasi suhu. Hal ini meniru perubahan lingkungan alami dan dapat memicu tanaman untuk mulai berbunga.

Kisaran suhu terbaik untuk lidah buaya adalah 70°F hingga 85°F (21°C hingga 29°C) di siang hari dan tidak lebih rendah dari 60°F di malam hari. Pada bulan-bulan musim semi, pindahkan tanaman ke dalam ruangan pada malam hari.

Begitulah beberapa cara memotong tanaman lidah buaya dengan benar. 

Selanjutnya: Terence Crawford Tolak Tawaran Pertarungan Conor McGregor dengan Bayaran Ratusan Juta

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News