BisnisYuk

Tips Mengembangkan UMKM di Era Digital ala Bank CIMB Niaga

Tips Mengembangkan UMKM di Era Digital ala Bank CIMB Niaga
Reporter: Nina Dwiantika  |  Editor: Nina Dwiantika


MOMSMONEY.ID – Usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) masih menjadi pilihan banyak orang sebagai tempat mencari nafkah. UMKM menjadi salah satu peluang usaha yang menjanjikan, karena banyak sektor usaha UMKM yang memiliki banyak peminat, seperti UMKM makanan dan minuman, pakaian serta sektor lainnya.

Kendati demikian, untuk bertahan dan berkembang di era digital, UMKM perlu beradaptasi dengan lingkungan bisnis yang terus berubah. Agar tidak ketinggalan dari adaptasi yang baru, maka perlu untuk Anda pelaku UMKM untuk meningkatkan pengetahun untuk mengembangkan usaha Anda.

Berikut ini beberapa tips dari Bank CIMB Niaga yang bisa Anda lakukan untuk mengembangkan UMKM Anda di era digital:

1.           Manfaatkan Kekuatan Media Sosial

Media sosial adalah salah satu alat promosi online yang saat ini banyak digunakan.  Buat akun bisnis di platform yang relevan dengan target audiens Anda, seperti Instagram, TikTok, Facebook, atau Twitter.

Anda perlu membuat konten berkualitas yang menarik dan relevan, serta mendorong interaksi dengan pelanggan secara responsif.

Baca Juga: Ini Syarat dan Cara Daftar UMKM Online Terbaru

2.           Optimalkan Pemasaran Digital

Pemasaran online telah menjadi faktor penentu bagi UMKM untuk berkembang dan bersaing di era digital yang semakin maju. Pelaku UMKM dapat memperluas jangkauan pasarnya dengan memanfaatkan beragam platform digital, termasuk media sosial, situs web, dan ads. 

Strategi pemasaran online yang tepat akan meningkatkan visibilitas merek dan mendongkrak penjualan secara signifikan.

3.           Manfaatkan E-commerce

Perkembangan teknologi digital saat ini memungkinkan konsumen memperoleh barang yang diinginkan melalui e-commerce tanpa harus mengunjungi toko fisik. Konsep marketplace dalam e-commerce memungkinkan para penjual untuk membuka toko online, sehingga memperluas jangkauan pasarnya.

Manfaatkan fitur-fitur yang disediakan oleh platform e-commerce untuk mengelola penjualan dengan lebih efisien.

4.           Menyediakan Opsi Pembayaran Digital

Kemudahan pembayaran adalah kunci kepuasan pelanggan di era digital. Anda bisa menyediakan QRIS, virtual account, atau transfer bank. Pastikan transaksi berlangsung aman dan nyaman bagi konsumen Anda.

Itulah beberapa strategi yang bisa diterapkan oleh para pelaku usaha di era perkembangan digital.

Baca Juga: Mudah dan Sederhana, Berikut Cara Memulai Usaha Budidaya Ikan Lele di Rumah

Selanjutnya: Realisasi Serapan Belanja K/L 2025 Lambat, Ditjen Perbendaharaan Ungkap Alasannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News