Santai

Tetap Nyaman Meski Cuaca Panas, Berikut Tips dari Lazada yang Bisa Dipraktikkan

Tetap Nyaman Meski Cuaca Panas, Berikut Tips dari Lazada yang Bisa Dipraktikkan

MOMSMONEY.ID - Lazada berbagi tips agar tetap aktif dan nyaman di cuaca yang sudah kembali panas seperti sekarang ini. Salah satunya adalah dari sisi penggunaan pakaian. 

Beberapa minggu terakhir, negara-negara di Asia Tenggara seperti Thailand, Kamboja, Vietnam, dan Myanmar tengah mengalami panas ekstrem dengan suhu mencapai lebih dari 40 derajat Celcius setiap harinya.

Indonesia juga ikut terkena dampaknya, dengan beberapa daerah seperti Deli Serdang, Medan, dan Bengkulu merasakan suhu udara melebihi 36 derajat Celcius.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menjelaskan bahwa suhu tinggi ini disebabkan oleh peralihan musim di Indonesia, dan tidak tergolong dalam kategori gelombang panas seperti yang dialami banyak negara lainnya.

Baca Juga: Treatment Korean Glazed Skin, Hasilnya Tampak Dalam Tujuh Hari

BMKG memperkirakan bahwa puncak cuaca panas akan terjadi di sekitar bulan Juli, dan hingga saat ini belum diketahui pasti kapan cuaca panas akan berakhir. 

Meski cuaca terasa lebih panas, aktivitas sehari-hari tetap harus berlanjut, baik di sekolah maupun di tempat kerja, termasuk aktivitas yang dilakukan di luar ruangan.

Lazada berbagi tips agar bisa beraktivitas dan produktif dengan nyaman di tengah musim panas.

 Kenakan pakaian yang ringan dan menyerap keringat

Sebaiknya hindari pakaian berwarna gelap atau yang berbahan sintetis seperti polyester karena dapat menyerap panas dan membuat badan terasa gerah. 

Gunakanlah pakaian yang ringan dan breathable dengan desain longgar atau bahan yang menyerap keringat agar tetap nyaman di bawah teriknya matahari. Bahan seperti katun atau linen cocok untuk cuaca panas karena memungkinkan udara mengalir dengan baik.

Pakaian berwarna terang, khususnya yang berwarna putih, juga mudah memantulkan sinar matahari.  Selain itu, pilih alas kaki yang nyaman dan tertutup untuk melindungi dari panas.

Lindungi kulit dengan sunscreen dan pelembab wajah yang tepat

Paparan sinar UV bisa membahayakan kulit dan mempercepat penuaan, menyebabkan kulit terbakar atau sunburn, bahkan meningkatkan risiko kanker kulit. Oleh karena itu, jangan lupa untuk melindungi kulit  dengan menggunakan sunscreen atau tabir surya. 

Selain tabir surya, menjaga kelembaban kulit juga penting di tengah cuaca yang sangat panas ini. Pillih moisturizer yang teskturnya ringan, tetapi tetap mampu melindungi barrier kulit dengan menghidrasi secara maksimal sepanjang hari.

Jangan lupa juga untuk re-apply setiap dua jam untuk memastikan kulit tetap terlindungi sepanjang hari.

Tambah perlindungan dengan jaket UV

Menggunakan pakaian berlengan panjang saat berada di luar ruangan tidak menjamin perlindungan optimal secara jangka panjang. Sebagai perlindungan tambahan, Anda bisa pertimbangkan untuk menggunakan jaket dengan fitur proteksi UV.

Baca Juga: Optimalkan Pemanfaatan Affiliate Marketing, Ini 4 Aspek yang Bisa Dimanfaatkan UKM

Jaket semacam ini tidak hanya melindungi dari sinar UV, tetapi juga dapat menghalau angin dan bau tidak sedap dari jalan raya atau transportasi umum yang padat. 

Gerah no more dengan kipas mini portable 

Udara yang panas pasti membuatmu mudah gerah dan berkeringat. Solusi cepat yang bisa kamu lakukan adalah dengan selalu membawa kipas mini portable

Pastikan kamu tetap terhidrasi dengan banyak minum

Saat cuaca panas, tubuh dapat kehilangan banyak cairan melalui keringat. Pastikan untuk selalu terhidrasi dengan air putih yang cukup untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh. Meminum air putih  juga sangat dibutuhkan untuk menstabilkan suhu tubuh dan menjaga konsentrasi. 

Baca Juga: 6 Rekomendasi Pot Terbaik untuk Bunga Mawar, Makin Terlihat Cantik

 Pilih parfum yang segar

Untuk membuat tetap bersemangat di tengah cuaca panas, jangan lupa gunakan parfum yang segar. Parfum dengan aroma buah-buahan atau floral bisa memberikan semangat dan kesegaran. 

Selanjutnya: Beberapa Wilayah di Jawa Timur Dilanda Hujan Petir, Ini Ramalan Cuaca Besok

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News