Keluarga

Ternyata Marry My Husband Ceritakan soal Frenemy, Apa Itu?

Ternyata Marry My Husband Ceritakan soal Frenemy, Apa Itu?

MOMSMONEY.ID - Drama Korea yang tengah naik daun saat ini yang berjudul Marry My Husband menceritakan soal frenemy. Yuk, kenali apa itu frenemy dan identifikasi apakah teman Anda termasuk frenemy

Kata Frenemy sendiri diambil dari bahasa Inggris, yaitu friend yang berarti teman dan enemy yang berarti musuh.

Melansir The Atlantic, frenemy bisa berarti seseorang yang seperti teman Anda namun perilakunya tidaklah seperti teman. Dia justru secara halus berperilaku sebagai musuh Anda. 

Baca Juga: 6 Tips Bikin Ayam Ungkep Supaya Bumbunya Lebih Harum dan Meresap

Mengidentifikasi apakah Moms memiliki frenemy di dalam lingkungan pertemanan bukanlah hal yang mudah. Perilaku frenemy ini bisa direncanakan agar tidak terdeteksi atau terlalu halus sehingga Anda hanya bisa menebak dan sulit menyadarinya dengan cepat. 

Namun, bisa jadi, Anda sulit mendeteksi keberadaan frenemy ini karena Anda tak mau menghadapi sebuah kenyataan akan kehilangan seorang teman. Cuma, menjauhkan diri dari frenemy sangatlah bagus bagi kesehatan dan kebahagiaan Moms, lo.

Pada dasarnya, ada ciri utama seseorang berpotensi menjadi frenemy bagi Anda. Yuk, kenali ketiga ciri utama frenemy.

Sangat kompetitif dengan Anda

Ciri frenemy ini biasanya memiliki tiga karakter utama yaitu suka bersaing dengan Anda, mudah merasa iri atau cemburu dan memiliki ketidakpercayaan. 

Frenemy jenis ini kerap ditemui dalam hubungan Anda bersama rekan kerja yang terlihat seperti sahabat, namun selalu ingin dianggap lebih unggul dari pada Anda. Bisa juga merupakan teman yang sangat menginginkan paca Anda. 

Anda menemukan dia kerap bermuka dua

Frenemy tipe ini biasanya terlihat sangat suportif dan ramah, namun dia sering membicarakan keburukan Anda di belakang Anda. Sebagai contoh, seorang teman seperti mau mendengarkan curhatan Anda soal pekerjaan. 

Tapi, bila ada kesempatan, teman Anda ini tidak ragu mengungkapkan curhatan Anda kepada atasan dan mengatakan bahwa Anda tidak kompeten. Jadi, ingat-ingat kepada siapa Anda curhat untuk tahu bagaimana teman Anda bersikap bermuka dua. 

Baca Juga: Dijamin Bikin Tenang, Lakukan Ide Self Care Sesuai Love Language Ini Yuk

Manipulatif

Apabila persaingan di tempat kerja biasanya agresif seperti mengucilkan, bergosip, dan menyebarkan rumor, berbeda dengan frenemy manipulatif. 

Tipe frenemy ini biasanya menggunakan cara yang halus atau tidak terlalu agresif untuk mendapatkan yang mereka inginkan dari orang lain. Biasanya, dengan melakukan manipulasi emosional. 

Strategi yang dilakukan frenemy yang manipulatif ada dua. Pertama, merusak kepercayaan diri Anda dengan memberikan kritik langsung yang negatif. Kedua, merajuk atau diam untuk mendapatkan yang mereka inginkan. 

Jika Anda menemukan teman dekat Moms melakukan hal-hal di atas, sebaiknya segera hindari. Sebab, bisa jadi mereka benar-benar frenemy seperti dalam film Marry My Husband.  

Baca Juga: 5 Cara Sehat Menahan Lapar Saat Diet, Tertarik Coba?

Tapi, jika Anda ragu-ragu benarkah mereka frenemy Anda, maka McGill University menyebutkan, peran seorang teman atau sahabat sejati terbagi menjadi 6 dimensi:

  • Persahabatan: teman sejati melakukan hal-hala bersama yang mereka sukai dan mereka suka saat sedang bersama. 
  • Bantuan: teman sejati menawarkan bantuan yang benar-benar bermanfaat.
  • Keintiman: teman sejati dapat saling curhat dengan jujur dan berbagi informasi pribadi tanpa takut dikhianati. 
  • Dapat diandalkan: teman sejati dapat diandalkan untuk selalu berada disampingnya, apapun yang terjadi.
  • Validasi diri: seorang teman sejati mendukung dan menyemangati satu sama lain dan berharap akan kesuksesan dan kebahagiaan orang lain. 
  • Keamanan emosional: teman sejati saling menghibur dan menguatkan saat melalui masa-masa sulit. 

Selanjutnya: Dukung Kesehatan, Prodia Lima Tahun Hadirkan Genomics

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News