Santai

5 Negara Ini Punya Waktu Puasa Terlama di Dunia, Tertarik Kunjungi?

5 Negara Ini Punya Waktu Puasa Terlama di Dunia, Tertarik Kunjungi?

MOMSMONEY.ID - Sudah tahu belum kalau ada negara yang punya waktu puasa terpanjang di dunia?

Waktu puasa di masa Ramadan tentu berbeda di setiap negara karena perbedaan iklim dan geografis.

Laman The Islamic Information menyatakan, karena kemiringan Bumi dan posisi Matahari, jam puasa selama Ramadan berbeda-beda.

Baca Juga: Jadwal Imsakiyah Kota Tasikmalaya Selama Ramadan 2024, Cek di Sini

Di dekat garis khatulistiwa, jam puasa cenderung lebih pendek, sedangkan di garis lintang utara dan selatan, jangka waktu puasa bisa melebihi 20 jam, tergantung musim.

Hal tersebut membuat beberapa negara di dunia harus mengalami waktu puasa yang lebih panjang dari negara lainnya.

Negara apa saja, sih, yang punya waktu puasa terpanjang di dunia? Simak daftarnya di sini.

Greenland

Bagi kaum Muslim yang tinggal di Greenland, mereka harus mengalami waktu puasa terpanjang yaitu sekitar 17 jam.

Bukan hanya 17 jam, kaum Muslim yang berpuasa di Greenland juga harus siap dengan waktu puasa yang semakin panjang hingga 20 jam menjelang akhir masa puasa. Tertarik mencoba berpuasa di Greenland?

Islandia

Islandia adalah negara dengan penduduk terjarang di Eropa. Namun, masih ada juga umat Muslim yang tinggal dan menetap di sana. Di masa puasa, kaum Muslim yang tinggal di Islandia harus bertahan dengan waktu puasa yang panjang.

Yaitu sekitar 17 jam sama seperti Greenland. Hal tersebut menurut laman Khaleej Times disebabkan karena negara bagian Utara dunia ini punya waktu siang lebih panjang dan matahari juga tenggelam lebih lama di daerah tersebut.

Baca Juga: Jadwal Imsakiyah Lengkap Kota Salatiga Selama Ramadan 2024

Finlandia

Finlandia juga negara bagian Eropa yang punya waktu puasa panjang. Waktu puasa di Finlandia cenderung punya durasi yang sama dengan Greenland dan Islandia, yakni 17 jam.

Negara-negara dengan waktu puasa terpanjang ini punya kondisi khusus yang mengizinkan penduduknya berpuasa dengan periode waktu sama dengan Arab Saudi atau negara Muslim terdekat.

Swedia

Umat Muslim yang tinggal di Swedia punya waktu puasa yang lebih panjang karena posisi Swedia yang berada di garis lintang utara. Waktu puasa yang harus dijalani umat Muslim di Swedia berdurasi sekitar 16-17 jam setiap harinya.

Waktu untuk sahur biasanya di mulai pukul 3 pagi dan akan berakhir pada pukul 6 sore.

Skotlandia

Negara lain yang penduduk Muslimnya harus berpuasa lebih lama dari negara lain adalah Skotlandia. Umat Muslim yang tinggal di area Glasgow, Skotlandia harus berpuasa selama 16 jam panjangnya.

Penyebabnya adalah karena Matahari terbenam lebih lama di negara bagian ini dibanding bagian lainnya.

Itulah tadi daftar negara yang punya durasi puasa terpanjang di dunia. Apakah Anda tertarik mencoba berpuasa di negara tersebut?

Selanjutnya: Kembali Dibuka, Cek Jadwal SIM Keliling Bekasi Hari Ini 13 Maret 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News