Bugar

Awas, 5 Makanan yang Bisa Picu Kanker Jika Dikonsumsi Terlalu Banyak

Awas, 5 Makanan yang Bisa Picu Kanker Jika Dikonsumsi Terlalu Banyak

MOMSMONEY.ID - Ada beberapa jenis makanan yang bisa memicu timbulnya masalah penyakit kanker.

Kanker adalah penyakit yang dianggap kronis dan mengerikan bagi kebanyakan orang. Penyakit ini bisa muncul karena banyak faktor. Seperti gaya hidup yang tidak sehat dan juga beragam jenis makanan yang bisa memicu timbulnya kanker.

Selain gaya hidup yang buruk, makanan berikut ini bisa menjadi salah satu penyebab timbulnya kanker.

Daging olahan

Tak diragukan lagi, daging olahan menurut laman Health Line, disebut sebagai salah satu makanan yang bisa memicu timbulnya kanker. Seperti kanker perut, kanker usus, hingga kanker payudara.

Daging olah seperti sosis, kornet, dan daging olahan lainnya menjadi makanan yang sulit untuk dihindari. Namun dalam jangka waktu yang panjang, daging olahan ini bisa memicu timbulnya kanker dan sama berbahayanya dari efek samping merokok.

Kandungan bahan kimia natrium nitrat dan zat aditif lainnya adalah zat kimia pemicu kanker yang paling berbahaya.

Baca Juga: 5 Akibat Terlalu Sering Nonton Film Porno, Mulai Kurangin Yuk

Makanan kalengan

Makanan kalengan seperti tomat kaleng, jagung kaleng, buah kaleng, hingga daging kalengan pun memiliki risiko sebagai pemicu kanker. Kaleng yang digunakan sebagai pembungkus makanan kaleng ini biasanya mengandung BPA.

Kandungan BPA yang ada pada lapisan kaleng ini ternyata bisa memicu timbulnya kanker. Ada baiknya jika menggunakan makanan alami yang diolah sendiri.

Menghindari makanan kalengan juga bisa membantu untuk menjaga kesehatan tubuh agar terhindar dari penyakit kanker.

Makanan manis

Selain daging dan makanan mentah, makanan manis dengan tinggi kandungan gula bisa memicu timbulnya penyakit kanker.

Menurut Medical News Today, makanan dan minuman dengan tinggi gula bisa memicu munculnya penyakit diabetes, obesitas, dan peradangan kronis lainnya yang menjadi faktor pemicu kanker.

Secara spesifik, diabetes tipe 2 punya risiko memicu munculnya kanker rahim, kanker payudara, dan kanker ovarium.

Baca Juga: Berani Coba Tantangan Dry January? Tantangan Berhenti Minum Alkohol Sebulan Penuh

Popcorn microwave

Popcorn ternyata bisa menjadi salah satu penyebab munculnya penyakit kanker. Pemicu kanker bukan ada pada popcorn melainkan pada kemasannya.

Zat kimia yang terkandung dalam kemasan popcorn biasanya mengandung zat PFC yang menjadi pemicu kanker. PFC biasa ditemukan pada kemasan makanan sepeti kemasan bungkus popcorn microwave, kemasan pizza, dan teflon.

Ketika bungkus popcorn dipanaskan dalam microwave, zat ini akan meresap ke dalam popcorn yang kemudian dicerna tubuh dan mengendap dalam jangka waktu lama di tubuh.

Makanan mentah

Produk dairy dan daging mentah juga memiliki risiko sebagai pemicu kanker. Bakteri jahat yang masih tinggal pada makanan mentah menjadi salah satu pemicu timbulnya penyakit kanker.

Terutama jika produk dairy dan daging mentah tidak diolah dengan baik dan alami.  Dalam jangka waktu yang lama, bakteri bakteri tersebut akan mengendap dan tinggal di dalam tubuh. Hingga kemudian menimbulkan beberapa macam penyakit termasuk penyakit kanker.

Mulai kurangi konsumsi beragam jenis makanan yang bisa memicu munculnya penyakit kanker itu tadi, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News