AturUang

Ternyata Biaya Kado Ulang Tahun Harus Dianggarkan, Simak Alasannya

Ternyata Biaya Kado Ulang Tahun Harus Dianggarkan, Simak Alasannya

MOMSMONEY.ID - Ketika anak kerap diundang ulang tahun, sebagai orang tua mau tak mau harus membelikan kado buat rekan anaknya. Meski mungkin harga barangnya ramah di kantorng, tetap disarankan untuk menganggarkan biayanya. 

Menurut Imelda Tarigan, perencana keuangan OneShildt, acara pesta ulang tahun itu bukan termasuk kebutuhan hidup. Akan tetapi, masuk ke dalam gaya hidup atau life style.

Imelda bilang, dengan begitu, anggaran tersebut bukan prioritas lantaran masuk kategori life style. Jadi kalau ada kelebihan dana setelah anggaran yang prioritas terpenuhi, barulah boleh disimpan anggaran untuk life style, katanya.

Baca Juga: Tanaman Hias Paskah yang Bisa Jadi Referensi untuk Hadiah Orang Terdekat

Anggaran untuk kado juga masuk life style. Untuk yang berulang tahun, biasanya kehadiran teman adalah yang utama, bukan pemberian kadonya.

Imelda menuturkan, "Jika teman Anda lebih mementingkan kado daripada kehadiran, maka teman jenis ini masuk kategori beban sosial."

Nah, karena anggaran untuk life style bisa dikeluarkan ketika anggaran prioritas sudah dipenuhi, tengok dulu apakah Anda sudah melakukannya.

Anggaran prioritas mulai dari dana untuk ibadah, dana untuk investasi, tabungan untuk cita-cita atau tujuan hidup keluarga, dan asuransi.

Selain itu, anggaran prioritas termasuk pembayaran utang serta dana operasional sehari-hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News