Santai

Awas, Ini 5 Dampak Buruk Terlalu Sering Main Sosial Media

Awas, Ini 5 Dampak Buruk Terlalu Sering Main Sosial Media

MOMSMONEY.ID - Sebaiknya mulai dikurangi, sebab inilah akibatnya jika Anda terlalu sering bermain sosial media.

Hampir semua orang kini menggunakan sosial media untuk melakukan bisnis, berjualan, memberikan informasi, atau sekadar sebagai sarana hiburan.

Namun terlalu banyak mengakses atau menggunakan sosial media ternyata juga bisa menimbulkan efek negatif.

Apa sajakah akibat dari terlalu banyak bermain sosial media? Berikut ini beberapa di antaranya.

Baca Juga: Fakta Tentang OCD dan Tanda Penyakit Ini, Sering Lakukan Kegiatan Berulang

Memicu munculnya rasa iri

Akibat buruk yang disebabkan karena terlalu banyak bermain sosial media adalah dapat memicu munculnya perasaan iri terhadap kehidupan orang lain yang dilihat di sosial media.

Sosial media menjadi trigger utama munculnya perasaan iri yang bisa juga menimbulkan beberapa efek bagi kesehatan mental. Seperti stres, kecemasan, dan juga depresi karena tidak dapat mengontrol rasa iri pada kehidupan orang lain di sosial media.

Membandingkan diri

Efek negatif lainnya dari terlalu banyak menggunakan sosial media adalah timbulnya rasa untuk membandingkan diri dengan orang lain.

Baik itu melakukan perbandingan diri secara negatif maupun positif, namun tingkah laku ini dapat merujuk pada gejala depresi jika terlalu sering dilakukan.

Baca Juga: 4 Manfaat Makan dalam Porsi Kecil dan Sedikit, Bantu Kontrol Gula Darah

Mengganggu kesehatan

Tak hanya mengganggu kehidupan pribadi saja, terlalu banyak menggunakan sosial media ternyata juga bisa mengganggu dan mempengaruhi kesehatan.

Melansir dari laman Mayo Clinic, penggunaan sosial media bisa memiliki pengaruh yang buruk bagi kesehatan seperti memberikan distraksi dan membuat tidak fokus, mengganggu waktu tidur, memberikan ekspos pada perilaku bullying, dan mengancam perkembangan emosi remaja.

Kesepian

Efek negatif lainnya yang mungkin muncul karena terlalu sering bermain sosial media adalah bisa menyebabkan munculnya perasaan kesepian. Kesepian tersebut muncul karena sosial media dapat dengan mudah membuat orang terisolasi.

Meski bisa terhubung dengan beragam orang dari beragam belahan dunia, namun aktivitas tersebut akan mengakibatkan seseorang mengisolasi diri dari dunia luar. Sebab, terlalu sering bermain sosial media akan membuat orang berfokus pada kehidupan online ketimbang offline-nya.

Kecanduan

Akibat yang paling utama dari terlalu banyak bermain sosial media adalah dapat memberikan efek candu atau ketagihan.

Seperti yang dilansir dari laman Forbes, sosial media dapat membuat penggunanya menjadi kecanduan hingga membuat melupakan kehidupan personal, mengganggu kesehatan mental, perubahan mood, dan memberikan toleransi pada tingkah laku kecanduan bersosial media.

Yuk, mulai kurangi penggunaan sosial media agar terhindar dari efek buruk dan negatifnya jika digunakan terlalu sering.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News