Keluarga

Ini 10 Cara Kreatif Memanfaatkan Kasur Lama Anda

Ini 10 Cara Kreatif Memanfaatkan Kasur Lama Anda

MOMSMONEY.ID - Saat membeli kasur baru, apa yang sebaiknya saya lakukan dengan kasur lama? Yuk intip 10 cara kreatif memanfaatkan kasur lama Anda. 

Kasur adalah benda yang cukup besar yang tidak mudah Anda simpan. Sehingga saat sudah membeli kasur baru, tentu Anda akan kebingungan bagaimana cara memanfaatkan kasur lama di rumah? 

Baca Juga: Ingin Tampil Fashionable, Ini Rekomendasi Fesyen ala Happy Asmara

Melansor How Stuff Works, saat ini banyak orang menggunakan kasur lebih lama dari pada waktu yang disarankan. Hal ini membuat kasur akan semakin berat karena banyak menyimpan keringat, sel kulit mati, tungau, debu dan kotoran lainnya. Tentu kondisi ini membuat Anda semakin kesulitan saat harus membuangnya. 

Saat Anda membeli kasur baru, biasanya beberapa toko memberikan layanan untuk menukarnya dengan kasur lama. Namun di dunia yang semakin memikirikan keberlangsungan alam mungkin Anda akan bertanya apa yang akan terjadi pada kasur lama Anda?

Berdasarkan Mattress Recycling Council, kemungkinan besar kasur lama Ada akan berakhir di tempat pembuangan akhir dengan 20 juta kasur lainnya. Sehingga Anda membutuhkan cara kreatif untuk memanfaatkan kasur lama Anda. 

Ini 10 cara kreatif memanfaatkan kasur lama Anda

1. Berikan kasur lama Anda kepada yang membutuhkan

Salah satu cara kreatif paling mudah untuk memanfaatkan kasur lama Anda adalah memberikan kepada mereka yang membutuhkan. Anda akan terkejut betapa banyak orang yang membutuhkan kasur lama Anda secara gratis. 

Anda bisa memberikannya kepada saudara Anda yang aka kuliah atau yang sedang merantau. Anda juga bisa memberikannya kepada orang lain yang tidak Anda kenal dan membutuhkannya. 

2. Jual kasur lama Anda

Cara selanjutnya untuk memanfaatkan kasur lama Anda adalah dengan menjualnya. Untuk cara ini, pastikan kasur Anda dalam kondisi yang masih layak dijual. Anda bisa membersihkannya terlebih dahulu ke jasa profesional. 

Anda kemudian bisa menjualnya ke sosial media penjualan barang bekas. Pastikan Anda menyertakan foto dari segala sisi ya! Selain itu beri informasi merek, deskripsi kepadatan kasur saat inidan harga saat Anda membelinya.

3. Donasikan kasur lama Anda

Cara ketiga untuk memanfaatkan kasur lama Anda adalah mendonasikannya. Coba cari komunitas sosial yang sedang membutuhkan para donatur barang. Tawarkan kepada mereka kasur lama Anda yang sudah tidak terpakai. 

Nantinya, mereka akan melakukan kurasi pada kasur lama Anda. Jika kasur Anda masih layak untuk didonasikannya mereka akan dengan senang hati menyimpan dan menyalurkan kasur lama Anda. 

4. Gunakan sebagai karya seni

Cara keempat ini sangat berguna bagi Anda yang bergerak di bidang seni. Alih-alih membuangnya, manfaatkan kasur Anda sebagai karya seni baru Anda atau kanvas Anda. 

5. Daur ulang kasur lama Anda

Tahu kah Anda 75% bahan pembuatan kasur bisa didaur-ulang? Anda bisa memanfaatkan kasur lama Anda untuk didaur-ulang. Namun masalahnya tidak banyak lembaga yang memiliki fasilitas ini di Indonesia. Berbeda dengan di Amerika Serikat dan Kanada yang Anda bisa dengan mudah mencari lembaga daur ulang melalui situs ByeByeMattress. 

6. Bongkar dan gunakan bagian tertentu dari kasur lama Anda

Jika Anda cukup kreatif, Anda bisa memanfaatkan bagian khusus dari kasur lama Anda. Ada banyak komponen penyusun kasur yang mungkin berguna. 

Jika Anda seorang penjahut, Anda mungkin akan tertarik dengan kain atau kancing kasur. Kemudian isian kasur juga bisa Anda manfaatkan untuk mengisi furnitur yang sudah menipis dan isian boneka lama Anda. Bahkan pegas kasur bisa Anda gunakan untuk jadi tempat botol anggur. 

7. Donasikan ke tempat penampungan

Cara keempat memanfaatkan kasur lama Anda adalah dengan mandiri menawarkan ke tempat penampungan sosial, panti asuhan atau lembaga agama yang bekerja sama dengan pusat pemberdayaan manusia. 

Anda bisa juga mendonasikan kasur lama ke tempat penampungan korban bencana alam. Mereka tentu akan sangat membutuhkan kasur untuk tidur yang lebih nyaman. 

Baca Juga: Daftar 7 Makanan Rendah Purin untuk Kesehatan Ginjal

8. Donasikan ke pusat penyelamatan hewan
Manusia bukan satu-satunya mahkluk hidup yang membutuhkan kasur. Anda juga bisa memberikan kasur lama Anda ke pusat penyelamatan hewan. Para hewan ini juga pastinya membutuhkan kasur Anda lo!

9. Gunakan kembali kasur untuk area bermain anak

Jika Anda memiliki ruang untuk menyimpan kasur lama, simpan saja kasur Anda. Kemudian Anda bisa menggunakannya kembali khusus untuk anak-anak bermain. Apalagi anak-anak masih suka lompat-lompat di kasur. Ini akan menghemat pengeluaran Anda dari pada harus membeli trampolin. 

10. Gunakan sebagai kompos
Cara kreatif terakhir untuk memanfaatkan kasur lama Anda adalah menjadikannya sebagi kompos. Bagian rangka kayu dan isian kasur dapat digunakan sebagai kompos di halaman Anda. 

Bilah kayu pada bingkai kasur digunakan kembali untuk membuat tempat bagi kompos. Sedangkan busa atau isian kapas kasur dapat digunakan sebagai penutup untuk melindungi kompos dari unsur-unsur tertentu dan menjaga kompos tetap hangat untuk mempercepat proses. 

Demikian 10 cara kreatif memanfaatkan kasur lama Anda. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Moms!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News