Santai

Tanggal Rilis Android 15 Beserta Fitur Terbaru yang Semakin Canggih

Tanggal Rilis Android 15 Beserta Fitur Terbaru yang Semakin Canggih

MOMSMONEY.ID - Android 15 menjadi salah satu software yang paling dinanti oleh pengguna Android. Tanggal rilis Android 15 belum diumumkan secara resmi. 

Akan tetapi, Android 15 akan dirilis akhir tahu ini, setelah kemarin Android 14 telah dirilis. Ada banyak fitur Android 15 terbaru yang semakin canggih. 

Android 15 (kode bernama Vanilla Ice Cream) akan hadir akhir tahun ini. Ini tidak mengherankan mengingat Android 15 Beta telah tersedia. Bahkan mendapat penyebutan resmi di Google I/O 2024.

Baca Juga: Fitur Terbaik Samsung Galaxy Z Flip 6 yang Makin Canggih dan Keren

Setelah siap untuk umum, Anda akan mendapat notifikasi untuk mendownload Android 15 jika ponsel Anda mendukungnya.

Berikut ini terdapat beberapa fitur Android 15 :

1. Asisten Gemini 

Gemini menggantikan Google Assistant sebagai asisten AI bawaan yang baru. Ini dapat dihamparkan di aplikasi lain untuk kesadaran kontekstual, sehingga memungkinkan Anda mendapatkan wawasan dari dokumen yang panjang, misalnya, tanpa harus membaca semuanya. 

Asisten baru ini menggunakan model multimodal, sehingga Anda dapat menggunakan suara, gambar, dan teks untuk berkomunikasi dengannya. 

2. Pencarian bertenaga AI

Circle to Search akan diperbarui untuk menangani rumus, diagram, grafik, dan banyak lagi.

3. Ruang Pribadi

Fitur privasi ini memungkinkan Anda menyembunyikan aplikasi (dan notifikasinya) dalam wadah yang dilindungi kata sandi, sehingga tetap tersembunyi dari aplikasi Anda sehari-hari lainnya.

Ini akan dapat diakses melalui aplikasi Pengaturan dan dapat dilindungi oleh PIN/kata sandi kunci layar Anda yang ada, atau Anda dapat mengatur yang baru hanya untuk Ruang Pribadi.

4. Kunci Deteksi Pencurian

Layar HP

Baca Juga: Intip Fitur Terbaru WhatsApp yang Segera Dirilis, Makin Canggih

Fitur AI jenius ini akan mengetahui jika ponsel Anda telah diambil dari tangan Anda dan akan segera mengunci ponsel Anda untuk menjaga keamanan informasi Anda.

5. Perlindungan panggilan penipuan

Anda akan segera mendapatkan peringatan real-time selama panggilan berlangsung jika percakapan terdengar seperti penipuan. 

Jika, misalnya, penelepon berpura-pura berasal dari bisnis yang sah dan meminta Anda segera mengiriminya uang, Anda akan langsung diberi tahu selama panggilan berlangsung, bahwa ini mungkin spam dan Anda harus mengakhiri percakapan.

6. Dukungan satelit

Anda mungkin ingat ketika Apple memperkenalkan SOS Darurat melalui satelit dengan iPhone 14. 

Meskipun versi Apple hanya menghubungi layanan darurat, Google memungkinkan Anda mengirim pesan kepada siapa pun. 

Karena menggunakan satelit, Anda dapat mengirim pesan teks tanpa Wi-Fi atau koneksi seluler.

7. Privasi jaringan

Pengaturan privasi baru memungkinkan Anda mengontrol apakah nama perangkat Anda dibagikan melalui jaringan Wi-Fi. Menonaktifkan "Kirim nama perangkat" akan memberikan anonimitas saat terhubung. 

Baca Juga: Diagnosis Penyakit Makin Canggih dengan Stetoskop AI

Juga hadir di Android 15 adalah tombol yang disebut "Pemberitahuan keamanan" yang akan mengingatkan Anda jika Anda terhubung ke jaringan seluler yang tidak terenkripsi atau jika jaringan mencatat detail SIM Anda.

8. Peningkatan dukungan PDF

Aplikasi akan dapat mengintegrasikan fungsionalitas PDF tingkat lanjut, termasuk merender file yang dilindungi kata sandi, anotasi, pengeditan formulir, pencarian, dan pemilihan yang mendukung penyalinan.

9. Deteksi rekaman layar

Dengan Android 15, aplikasi dapat mendeteksi saat sedang direkam.

10. Kontrol kenyaringan

Menggabungkan standar kenyaringan CTA-2075, Android 15 akan mendukung pengalaman audio yang lancar dengan meminimalkan penyesuaian volume saat bertransisi antar konten yang berbeda.

Nah jadi itulah beberapa tanggal rilis Android 15 beserta fitur terbarunya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News