Santai

Fitur Terbaik Samsung Galaxy Z Flip 6 yang Makin Canggih dan Keren

Fitur Terbaik Samsung Galaxy Z Flip 6 yang Makin Canggih dan Keren

MOMSMONEY.ID - Samsung meluncurkan Galaxy Z Fold 6 di acara Galaxy Unpacked pada Juli 2024. Apa saja fitur terbaik Samsung Galaxy Z Flip 6? 

Ada beberapa fitur terbaik Samsung Galaxy Z Flip 6 yang makin canggih dan keren. 

Berikut ini fitur terbaik Samsung Galaxy Z Flip 6. 

Baca Juga: 9 Fitur Galaxy AI di Samsung Galaxy S24 Series, Ponsel Canggih dan Kekinian

1. Chip Snapdragon 8 Generasi 3

Galaxy Z Fold 6 menggunakan chip Qualcomm Snapdragon 8 Gen 3 untuk kinerja CPU dan GPU tingkat andalan. Z Fold 6 memiliki ruang uap yang lebih besar dari pendahulunya, yang juga memastikan kinerja dan pembuangan panas yang lebih baik.

Chip Snapdragon yang kuat dipadukan dengan RAM 12GB, sehingga aplikasi Anda akan tetap berada di memori lebih lama di latar belakang.

Meskipun model dasar hadir dengan penyimpanan 256GB, Anda dapat memilih varian 1TB untuk memastikan Anda tidak pernah kehabisan ruang penyimpanan untuk semua aplikasi dan game favorit Anda.

Lebih penting lagi, chip Qualcomm dikirimkan dengan modem Snapdragon X75, yang merupakan salah satu baseband terbaik untuk perangkat seluler. 

Ini mendukung berbagai pita 5G dan 4G LTE, memastikan Fold 6 dapat terhubung ke jaringan bahkan di area dengan jangkauan yang tidak stabil.

Jika Anda menginginkan ponsel yang dapat dilipat untuk multitasking atau bermain game dengan mudah, Galaxy Z Fold 6 memiliki tenaga yang kuat untuk menangani apa pun yang Anda lakukan. 

Ini didukung oleh sel 4.400mAh dengan pengisian cepat kabel 25W dan dukungan pengisian nirkabel 15W.

2. Perangkat Lipat Tertipis dari Samsung

Samsung Perkenalkan Samsung Z Fold 6 dan Samsung z Flip 6

Series ini adalah Z Fold tertipis dan teringan yang pernah ada, berukuran tebal 12,1 mm saat dilipat dan berat 239g. Saat dibuka, tebal perangkat ini hanya 5,6 mm.

Sebagai perbandingan, Galaxy Z Fold 5 berukuran 13,4 mm dan berat 253g. 

OnePlus Open, satu-satunya perangkat lipat bergaya buku besar lainnya yang tersedia di AS, juga memiliki berat 239g. 

Namun, ini sedikit lebih tipis dari yang ditawarkan Samsung, dengan lingkar pinggang 11,7 mm.

Bodi yang lebih ringan seharusnya membuat Galaxy Z Fold 6 lebih nyaman digenggam dalam waktu lama.

3. IP48 Tahan Debu dan Air

Smartphone Android terbaik saat ini memiliki rating IP68 sehingga tahan terhadap debu dan air. 

Namun, peringkat IP seperti itu tidak umum di dunia perangkat lipat. Galaxy Z Fold 6 meningkatkan standarnya sedikit lebih tinggi dengan sertifikasi IP48-nya.

Baca Juga: Telkomsel Hadirkan Pre-Order Paket BundlingMAX untuk Lineup Samsung Galaxy Z Foldable

Meskipun Galaxy Z Folds sebelumnya tahan air, Fold 6 adalah yang pertama memiliki peringkat perlindungan debu. 

Ini masih belum sepenuhnya tahan debu karena peringkat IP4x hanya melindungi dari partikel asing yang lebih besar dari 1 mm.

4. Kecerahan 2.600 Nits untuk Penggunaan Luar Ruangan

Tidak mengherankan, kualitas layar lipat yang besar berperan penting dalam hal ini. Layar bagian dalam Galaxy Z Fold 6 unggul di bidang ini.

Panel 120Hz 7,6 inci dapat mencapai kecerahan puncak yang diklaim 2.600 nits. Ini memastikannya cukup terang untuk penggunaan di luar ruangan, bahkan di bawah sinar matahari langsung. 

Dan karena ini adalah panel LTPO, ia dapat menurunkan kecepatan refresh hingga 1Hz saat menampilkan konten statis untuk menghemat masa pakai baterai.

Selain itu, Samsung mengatakan mereka menggunakan “lapisan yang ditingkatkan” pada layar lipat untuk mengurangi visibilitas lipatan dan meningkatkan daya tahan. 

Mengingat sifat halus dari layar lipat, perbaikan apa pun di bidang ini selalu diterima.

Sorotan lain dari layar lipat Z Fold 6 adalah dukungan S Pen. 

Meskipun perangkat lipat tidak disertakan bersama stylus, Anda dapat membelinya secara terpisah dan menggunakannya untuk membuat sketsa, mencoret-coret, dan banyak lagi.

5. Fitur Galaxy AI 

Samsung telah menjadi yang terdepan dalam mengintegrasikan AI ke dalam smartphone dan perangkat lainnya dengan Galaxy AI.

Tak terkecuali Galaxy Z Fold 6 yang mengemas semua fitur Galaxy AI terbaik yang memulai debutnya di seri Galaxy S24, seperti Circle to Search dan Live Translate. 

Baca Juga: Fitur di Samsung Galaxy S24 Terbaru, Ada Apa Saja?

Yang terakhir ini menjadi lebih baik di Fold 6 dengan dukungan untuk aplikasi pihak ketiga.

Untuk pengalaman yang lebih baik lagi, Samsung memperkenalkan fitur Galaxy AI baru pada perangkat lipat bergaya buku terbarunya.

Mode juru bahasa mendapat opsi Percakapan baru yang mentranskripsikan dan menerjemahkan ucapan kedua belah pihak dalam percakapan dan menampilkannya di layar dalam dan luar Galaxy Z Fold 6. Fitur ini mendukung 16 bahasa dalam 23 dialek.

Seperti Galaxy S24 dan ponsel premium Samsung lainnya, Galaxy Z Fold 6 mendapatkan akses gratis Galaxy AI hingga akhir tahun 2025.

6. Pembaruan Perangkat Lunak Tujuh Tahun

Samsung menjanjikan pembaruan OS dan keamanan selama tujuh tahun untuk Z Fold 6, mengungguli semua perangkat lipat lainnya di pasar.

Jika Anda membeli ponsel cerdas pada tahun 2024, dukungan perangkat lunak yang diperluas harus menjadi prasyarat, dan perangkat lipat Samsung memberikan solusi di bidang ini.

Baca Juga: Intip Fitur Terbaru WhatsApp yang Segera Dirilis, Makin Canggih

Meskipun Samsung belum menemukan kembali roda dengan Galaxy Z Fold 6, semua fitur utama yang disebutkan di atas digabungkan untuk memberikan pengalaman keseluruhan yang luar biasa.

Jika Anda sudah memiliki perangkat lipat, Z Fold 6 tidak layak untuk diupgrade. Namun jika Anda ingin membeli perangkat lipat bergaya buku pertama Anda, Anda tidak akan salah dengan penawaran Samsung.

Jadi itulah beberapa fitur terbaik Samsung Galaxy Z Flip 6. Tertarik untuk membelinya?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News