Santai

Tanaman Pengharum Ruangan yang Punya Aroma Menenangkan, Cocok Dirawat di Rumah

Tanaman Pengharum Ruangan yang Punya Aroma Menenangkan, Cocok Dirawat di Rumah

MOMSMONEY.ID - Tahukah Anda ada tanaman pengharum ruangan yang punya aroma menenangkan? Ya, ada beberapa tanaman pengharum ruangan yang punya roma menenangkan. 

Tanaman pengharum ruangan berikut ini memiliki aroma yang menenangkan sehingga cocok untuk dirawat di dalam rumah.

Anda bisa merawat tanaman pengharum ruangan ini untuk menenangkan pikiran dan relaksasi. 

Baca Juga: 5 Tanaman Lebaran Terbaik yang Bisa Jadi Dekorasi Sekaligus Hampers Idul Fitri

Lalu, apa saja tanaman pengharum ruangan yang punya aroma menenangkan? Berikut daftarnya:

1. Lavender

Lavender oil

Lavender Inggris atau Prancis tumbuh dengan baik di dalam pot, lebih suka tumbuh di luar ruangan tetapi dapat ditanam selama berminggu-minggu saat sedang mekar. 

Ada banyak varietas nama yang indah untuk dipilih, termasuk beberapa dengan bunga berduri cantik.

2. Gardenia

Mungkin sentuhan yang terlalu kuat bagi sebagian orang, aroma gardenia akan meresap ke seluruh rumah. 

Dedaunan hijau subur merupakan pelapis yang sangat baik untuk bunga putih krem ​​​​yang akan bertahan selama beberapa minggu di semak-semak.

3. Hoya

Bunga hoya yang berwarna merah jambu hingga merah memiliki wangi lembut yang tidak akan menyengat. Tanaman panjat ini tumbuh subur di dalam ruangan dengan cahaya yang baik dan sedikit kehangatan.

Baca Juga: Cara Menyimpan Tanaman Hias saat Ditinggal Mudik, Siapkan Hal Ini

Satu-satunya kekurangannya adalah kepala bunga menghasilkan banyak nektar yang dapat jatuh dan membuat lantai atau furnitur Anda lengket dan lengket, jadi pastikan lantai Anda terlindungi.

4. Pohon Jeruk

Pohon lemon, jeruk nipis, cumquat, dan jeruk semuanya memiliki bunga dan buah yang wangi indah, dan banyak juga yang bisa dijadikan tanaman pot bagus yang bisa dibawa ke dalam ruangan saat sedang berbunga dan berbuah.

Bunga berwarna putih lilin akan bertahan selama beberapa minggu tetapi setelah selesai, buah dan daun yang sedang berkembang masih mengeluarkan aroma jeruk silikat.

5. Bay Laurel

Lebih dikenal sebagai ramuan kuliner yang menambahkan sedikit rasa pedas pada sup, casserole, serta masakan Mediterania dan Timur Tengah, Bay Laurel memiliki dedaunan harum ringan yang menyenangkan di dalam ruangan.

Sementara pohonnya sendiri akan berbunga, daunnyalah yang paling dihargai. Putar antara luar dan dalam setiap beberapa minggu agar tetap sehat.

Baca Juga: 7 Ragam Bunga untuk Dekorasi Lebaran Idul Fitri, Bikin Rumah Makin Indah

6. Melati Oranye

Lebih dikenal sebagai tanaman pagar luar ruangan di iklim hangat, Orange jessamine (Murraya panikulata) memiliki bunga beraroma jeruk putih yang sangat mirip dengan bunga jeruk asli. 

Daunnya juga akan mengeluarkan wangi jika digosok. Ini adalah salah satu tanaman yang paling baik ditanam di luar dan dibawa ke dalam ruangan hanya saat sedang berbunga.

7. Fresia

Freesia dapat ditanam dalam pot dan dibawa ke dalam saat sedang berbunga dan wangi.

Tumbuhnya hanya paling lama beberapa minggu, tetapi keindahan dan keharumannya akan menambah sentuhan glamor pada ruangan. Ada banyak variasi warna mulai dari putih hingga merah tua yang tersedia.

8. Stephanotis

Bunga stephanotis yang berwarna putih bersih, seperti lilin, dan berbentuk bintang telah lama digunakan dalam karangan bunga pengantin, tetapi keindahannya paling dihargai jika Anda memiliki tanaman berbunga di rumah Anda.

Wanginya harum sehingga mekarnya dihasilkan dengan bebas di tanaman merambat ini. Mereka paling baik ditanam di luar dan dibawa masuk saat sedang mekar, stephanotis membutuhkan posisi yang terang benderang dan jauh dari angin.

Itulah tanaman pengharum ruangan yang bisa Anda rawat di dalam ruangan rumah Anda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News