Keluarga

Suka Renang? 5 Cara Melindungi Rambut Saat Berenang Agar Tidak Gampang Rusak

Suka Renang? 5 Cara Melindungi Rambut Saat Berenang Agar Tidak Gampang Rusak

MOMSMONEY.ID - Cari tahu 5 cara melindungi rambut saat berenang agar tidak gampang rusak di sini.

Di kolam renang, banyak ditemukan zat klorin yang mampu berfungsi dengan baik untuk membunuh bakteri berbahaya dalam air.

Kendati bagus, faktanya klorin dapat menimbulkan kerusakan pada kulit dan rambut. Pada rambut, paparan klorin bisa menyebabkan perubahan warna.

Selain itu, klorin juga bisa membuat rambut kering dan dehidrasi dengan menghilangkan minyak alami yang memastikan rambut tetap lentur dan terkondisi. Jika terus dibiarkan, rambut akan tampak kering, rapuh, serta lebih rentan terhadap kerusakan.

Meskipun cenderung merugikan, bukan berarti Anda harus menghentikan hobi berenang Anda hanya karena tidak ingin rambut menjadi rusak. Sebagai solusi, terapkanlah 5 cara melindungi rambut saat berenang agar tidak gampang rusak yang dilansir dari Byrdie berikut ini.

Baca Juga: Penuhi 4 Vitamin Ini untuk Masalah Kulit Berjerawat dan Kusam

1. Basahi rambut sebelum berenang

Cara melindungi rambut saat berenang agar tidak gampang rusak yang pertama yaitu membasahi rambut sebelum berenang.

Beberapa ahli sepakat bahwa membasahi rambut terlebih dahulu sebelum memasuki kolam renang dapat membantu melindungi rambut. Semakin terhidrasi dan lembab rambut Anda, maka semakin kecil kemungkinannya untuk teroksidasi.

Adapun cara terbaik untuk mencegah rambut mengalami oksidasi yaitu memastikan rambut tidak menyerap klorin dengan membasahinya terlebih dahulu menggunakan air bersih.

2. Pakai kondisioner tanpa bilas

Cara melindungi rambut saat berenang agar tidak gampang rusak yang kedua yaitu memakai kondisioner tanpa bilas.

Para ahli setuju bahwa kondisioner tanpa bilas merupakan pelindung rambut yang baik terhadap klorin. Untuk memberikan lapisan pelindung tambahan pada rambut tatkala berenang, oleskan kondisioner tanpa bilas favorit Anda ke seluruh helai rambut sebelum memasuki kolam renang. Emulsi cair pada kondisioner tanpa bila akan membentuk lapisan pelindung yang menjaga kutikula rambut tetap tertutup sehingga membantu menghilangkan penyerapan total air yang mengandung klorin.

Paparan klorin sendiri dapat menyebabkan perubahan warna dan kekeringan pada rambut. Untungnya, kondisioner tanpa bilas mampu membantu mencegah kedua permasalahan tersebut.

3. Oleskan hair oil

Cara melindungi rambut saat berenang agar tidak gampang rusak yang ketiga yaitu mengoleskan hair oil.

Memenuhi rambut dengan nutrisi terbukti dapat membuat perbedaan besar dalam hal melindunginya dari klorin. Jadi, sangat disarankan bagi Anda untuk rutin menggunakan hair oil, khususnya yang terbuat dari bahan alami.

Hair oil alami seperti jojoba oil dan minyak kelapa kaya akan nutrisi seperti asam lemak omega-3 dan vitamin E yang bermanfaat untuk melindungi rambut sekaligus merawat rambut kering yang disebabkan oleh paparan klorin.

Baca Juga: Efektif Buang Racun Tubuh, Ini 6 Makanan Terbaik untuk Detoks Tubuh

4. Kenakan topi renang

Cara melindungi rambut saat berenang agar tidak gampang rusak yang keempat yaitu mengenakan topi renang atau swim cap.

Cara terbaik untuk melindungi rambut dari klorin tentu saja menghindarinya sama sekali. Bagaimana caranya? Cukup dengan mengenakan topi renang guna mencegah rambut bersentuhan langsung dengan air kolam renang.

Topi renang mungkin terasa sedikit mengganggu. Tapi, secara umum, topi renang adalah perlindungan terbaik dari paparan klorin yang cenderung merusak rambut.

5. Bilas rambut hingga bersih setelah berenang

Cara melindungi rambut saat berenang agar tidak gampang rusak yang kelima yaitu membilas rambut hingga bersih setelah berenang.

Sesaat setelah berenang, Anda harus menghilangkan klorin yang menempel pada rambut Anda secepat mungkin.

Setelah keluar dari kolam renang, selalu bilas rambut Anda secara menyeluruh selama 5 menit. Kemudian, cuci dengan sampo yang lembut dan kondisioner non-silikon. Ini akan membantu menghilangkan klorin dan menjaga rambut Anda tetap sehat sekaligus terhidrasi.

Nah, itulah 5 cara melindungi rambut saat berenang agar tidak gampang rusak. Semoga bermanfaat ya, Moms.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News