Keluarga

Efektif Buang Racun Tubuh, Ini 6 Makanan Terbaik untuk Detoks Tubuh

Efektif Buang Racun Tubuh, Ini 6 Makanan Terbaik untuk Detoks Tubuh

MOMSMONEY.ID - Mau detoks tubuh? Berikut 6 makanan terbaik untuk detoks tubuh.

Detoks atau detoksifikasi merupakan cara membuang racun dari dalam tubuh yang bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan dan menurunkan berat badan.

Beberapa tanda tubuh Anda memerlukan detoks di antaranya Anda mengalami kelelahan yang tidak bisa dijelaskan, lesu, lemah, kesulitan berkonsentrasi, perubahan suasana hati, kembung, gangguan pencernaan, sakit dan nyeri yang mungkin disebabkan oleh peradangan, lebih sering sakit, serta kulit berjerawat, kemerahan, dan sangat sensitif.

Nah, salah satu cara yang bisa Anda coba untuk melakukan detoks tubuh yaitu dengan mengonsumsi makanan yang memiliki kemampuan detoksifikasi.

Dilansir dari laman Dr. Axe, inilah 6 makanan terbaik untuk detoks tubuh yang patut Anda konsumsi.

Baca Juga: Sempat Viral, Ini 4 Manfaat Ricotta Cheese untuk Kesehatan. Bagus buat Diet Lho!

1. Kubis brussel

Makanan terbaik untuk detoks tubuh yang pertama yaitu kubis brussel.

Lezat, beraroma, dan penuh serat, kubis brussel merupakan pilihan yang bagus untuk detoks tubuh dengan sehat. Tidak hanya dapat meningkatkan keteraturan dalam menjalankan aktivitas, kubis brussel juga telah terbukti meningkatkan kesehatan hati dan detoksifikasi.

Faktanya, sebuah penelitian yang dipublikasikan di Carcinogenesis menunjukkan bahwa makan 300 gram kubis brussel setiap hari mampu meningkatkan kadar enzim detoks hingga 30%.

2. Chia seeds

Chia Seed

Makanan terbaik untuk detoks tubuh yang kedua yaitu chia seeds.

Sering disebut sebagai superfood, chia seeds terbukti mampu meningkatkan pencernaan dan mengontrol gula darah. Tidak mengherankan jika chia seeds dapat membantu detoksifikasi.

Berkat kandungan seratnya yang tinggi, chia seeds dapat membantu menjaga pergerakan sistem pencernaan, sehingga memungkinkan produk limbah dikeluarkan secara efisien dari dalam tubuh. Selain itu, chia seeds juga kaya akan antioksidan yang bisa membantu melawan radikal bebas serta melindungi hati dari kerusakan dan penyakit.

3. Buah bit

Makanan terbaik untuk detoks tubuh yang ketiga yaitu buah bit.

Buah bit kaya akan vitamin, mineral, dan nutrisi mikro yang dapat meningkatkan detoksifikasi. Sebuah penelitian pada hewan menemukan bahwa meminum jus buah bit secara teratur bisa membantu meningkatkan kadar dari beberapa enzim utama yang terlibat dalam detoksifikasi.

Penelitian lain yang diterbitkan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry juga menunjukkan bahwa jus buah bit mampu menurunkan peroksidasi lipid (penanda yang digunakan untuk mengukur kerusakan sel) di hati sebesar 38%.

Baca Juga: Penuhi 4 Vitamin Ini untuk Masalah Kulit Berjerawat dan Kusam

4. Buah beri

Makanan terbaik untuk detoks tubuh yang keempat yaitu buah beri.

Buah beri termasuk sumber serat dan antioksidan. Serat dan antioksidan sendiri merupakan dua komponen penting dari diet detoks yang seimbang. Serat bergerak perlahan melalui saluran pencernaan dan membantu membentuk tinja untuk mendukung keteraturan serta membuang limbah dengan efisien.

Di sisi lain, antioksidan mampu melindungi hati dari stres oksidatif sekaligus menjaga fungsi sel imun. Untuk mendapatkan manfaat detoksifikasi sembari meningkatkan hidrasi, Anda bisa mengonsumsi blueberry dan stroberi karena kedua buah beri ini memiliki kandungan air yang tinggi.

5. Kaldu tulang

Manfaat Konsumsi Kaldu Tulang

Makanan terbaik untuk detoks tubuh yang kelima yaitu kaldu tulang.

Siapa sangka jika kaldu tulang memiliki efek yang kuat terhadap detoksifikasi. Penelitian menunjukkan bahwa kaldu tulang dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh dengan mengurangi peradangan serta memungkinkan tubuh bekerja lebih efektif dalam menghilangkan racun, bakteri, dan patogen berbahaya dari tubuh.

Kaya akan kolagen dan berbagai macam asam amino, kaldu tulang juga diklaim mampu membantu menyegel usus dan melindungi usus dari sindrom usus bocor. Sindrom usus bocor sendiri merupakan suatu kondisi yang memungkinkan racun dan partikel meresap dari usus ke dalam aliran darah.

6. Kacang-kacangan

Makanan terbaik untuk detoks tubuh yang keenam yaitu kacang-kacangan.

Kacang-kacangan kaya akan serat, antioksidan, protein, lemak yang menyehatkan jantung, serta beragam vitamin dan mineral penting yang dibutuhkan tubuh agar tetap sehat. Selain mampu melancarkan pencernaan berkat kandungan seratnya yang tinggi, mengonsumsi kacang-kacangan juga dapat membantu mengoptimalkan fungsi hati.

Studi menunjukkan bahwa makan lebih banyak kacang-kacangan dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit hati berlemak non-alkohol serta peningkatan kadar enzim hati untuk memaksimalkan potensi detoksifikasi tubuh.

Itulah 6 makanan terbaik untuk detoks tubuh yang patut Anda konsumsi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News