Bugar

Penuhi 4 Vitamin Ini untuk Masalah Kulit Berjerawat dan Kusam

Penuhi 4 Vitamin Ini untuk Masalah Kulit Berjerawat dan Kusam

MOMSMONEY.ID - Beberapa vitamin ini dipercaya mampu mengatasi masalah kulit berjerawat dan kusam. Ketika tubuh memenuhi vitamin ini dapat membantu mengembalikan keseimbangan hormon, melawan penyebab jerawat, dan membuat kulit lebih bersih dan sehat.

Anda bisa mendapatkan vitamin ini dari kandungan makanan dan suplemen. Selain untuk kulit berjerawat dan kusam, vitamin ini juga bagus untuk semua jenis kulit. 

Melansir dari jovee.id, berikut empat vitamin untuk kulit berjerawat dan kusam, yaitu: 

Baca Juga: 7 Makanan Peningkat Libido dan Gairah Sex Pada Wanita, Bisa Cegah Depresi Juga

1. Vitamin A

Vitamin pertama untuk kulit berjerawat dan kusam adalah vitamin A. Vitamin A dapat membantu melawan efek buruk jerawat pada kulit. 

Vitamin A merupakan antioksidan yang dapat melawan radikal bebas yang menyebabkan kerusakan pada sel-sel kulit dan menyebabkan penuaan dini pada kulit.

Vitamin A juga dikenal sebagai jenis vitamin yang dapat membantu mengatasi peradangan, mendorong pertumbuhan sel kulit baru, dan membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat lingkungan.

Anda perlu tahu bahwa ada dua jenis vitamin A, yaitu carotenoid yang berasal dari nabati dan retinoid yang berasal dari hewani. Retinoid biasa digunakan untuk pengobatan jerawat dikarenakan mengandung antioksidan dan anti inflamasi.

Antioksidan pada vitamin A membuat kulit memperlambat proses penuaan dan membuat kulit terlihat lebih muda. Accutane merupakan retinoid yang membantu dalam proses penyembuhan jerawat.

Perawatan topikal yang mengandung vitamin A lebih direkomendasikan ketimbang suplemen oral. Vitamin A untuk penyembuhan jerawat dapat dikonsumsi secara oral yaitu accutane atau topikal retinoid yang dapat membantu dalam mengurangi bakteri dan inflamasi pada jerawat.

2. Vitamin D

Selanjutnya, vitamin untuk kulit berjerawat dan kusam adalah vitamin D. Vitamin D membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan memiliki sifat anti inflamasi.

Vitamin D dapat mengurangi inflamasi berlebih. Vitamin D dapat dikonsumsi secara oral melalui suplemen. Orang dengan defisiensi vitamin D dapat mengalami jerawat.

Oleh karena itu, jika jerawat yang dialami parah, mungkin dokter akan meresepkan suplemen vitamin D sebagai perawatan untuk memperbaiki kondisi kulit.

Baca Juga: Promo PegiPegi Hotel dan Pesawat dengan Diskon Rp 77.000 dari Kartu Debit BNI

3. Vitamin C

Vitamin C dikenal baik untuk masalah kulit berjerawat dan kusam. Hal ini karena vitamin C bekerja secara efisien untuk meningkatkan produksi kolagen yang dapat membantu kemampuan kulit untuk menyembuhkan dirinya sendiri.

Vitamin C merupakan antioksidan sehingga melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas, membantu regenerasi kulit, sekaligus membentuk jaringan parut.

Apabila pasien mengalami bekas jerawat kehitaman vitamin C dapat membantu mencerahkan kulit sehingga bekas jerawat tersamarkan.

Pada penderita dengan jerawat meradang tidak disarankan menggunakan serum atau vitamin C topikal dikarenakan akan memperburuk peradangan jerawat.

4. Zat Besi

Vitami untuk kulit berjerawat dan kusam lainnya adalah zat besi. Zat besi telah terbukti dapat membantu menurunkan produksi minyak pada kulit.

Dengan menurunkan produksi minyak berarti mengurangi kemungkinan pertumbuhan bakteri dan pori-pori tersumbat.

Tubuh Anda hanya membutuhkan seng dalam jumlah yang sedikit, yaitu sekitar delapan hingga 11 miligram untuk membantu memenuhi kecukupan hairan.

Zat besi dapat digunakan sebagai pengobatan topikal atau pun dikonsumsi oral sebagai suplemen untuk kulit berjerawat.

Zat besi dapat menurunkan hormon DHT (dihydrotestosterone) yang mengontrol kelenjar minyak. Jerawat dipengaruhi oleh hormon androgen, sehingga dengan menurunkan kadar hormon androgen dapat membantu dalam proses penyembuhan jerawat.

Pastikan tidak mengonsumsi zinc atau zat besi dalam keadaan perut kosong dikarenakan efek samping dari konsumsi zinc berupa mual dan muntah.

Jadi, itulah beberapa vitamin yang bagus untuk kulit berjerawat dan kusam. Anda bisa mengonsumsi vitamin yang berasal dari makanan sehari-hari atau suplemen. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News