Keluarga

Suka Cokelat? Ternyata Ini 4 Manfaat Makan Cokelat Setiap Hari bagi Kesehatan

Suka Cokelat? Ternyata Ini 4 Manfaat Makan Cokelat Setiap Hari bagi Kesehatan

MOMSMONEY.ID - Inilah 4 manfaat makan cokelat setiap hari bagi kesehatan yang perlu Anda tahu.

Cokelat sering dianggap sebagai camilan yang buruk dan perlu dijauhi. Padahal, anggapan ini tak sepenuhnya benar, terutama jika jenis cokelat yang Anda konsumsi murni alias tidak mengandung banyak bahan yang kurang menyehatkan seperti gula.

Saat dikonsumsi setiap hari, ada beragam manfaat kesehatan yang akan Anda dapatkan. Kira-kira, apa saja manfaat makan cokelat setiap hari?

Simak sampai akhir, berikut 4 manfaat makan cokelat setiap hari bagi kesehatan sebagaimana dilansir dari EatingWell.

Baca Juga: 5 Aroma Vagina yang Paling Umum dan Penyebabnya, Moms Harus Tahu!

1. Meningkatkan kesehatan jantung

Manfaat makan cokelat setiap hari bagi kesehatan yang pertama yaitu meningkatkan kesehatan jantung.

Cokelat hitam dan cokelat susu mengandung padatan kakao (bagian dari tanaman kakao), meskipun dalam jumlah yang berbeda. Kakao sendiri mengandung flavonoid atau antioksidan yang ditemukan dalam makanan tertentu seperti teh, beri, sayuran berdaun, dan anggur. Flavonoid memiliki berbagai manfaat kesehatan, termasuk peningkatan kesehatan jantung.

Karena cokelat hitam memiliki persentase padatan kakao yang lebih tinggi berdasarkan volume, maka cokelat hitam pun lebih kaya akan flavonoid.

Tinjauan tahun 2018 dalam jurnal Reviews in Cardiovascular Medicine menemukan perbaikan panel lipid dan tekanan darah pada peserta yang makan cokelat hitam dalam jumlah sedang setiap satu hingga dua hari.

2. Mengurangi kram menstruasi

Manfaat makan cokelat setiap hari bagi kesehatan yang kedua yaitu mengurangi kram menstruasi.

Seperti yang disebutkan di atas, cokelat susu dan cokelat hitam memiliki profil nutrisi yang berbeda. Perbedaan lainnya adalah cokelat hitam lebih kaya magnesium.

Menurut USDA, 50 gram cokelat hitam mengandung 114 miligram magnesium atau sekitar 35% dari tunjangan diet yang direkomendasikan untuk wanita dewasa. Sementara itu, cokelat susu mengandung sekitar 31 miligram magnesium dalam 50 gram atau sekitar 16% dari tunjangan diet yang direkomendasikan.

Magnesium sendiri telah terbukti mampu membantu mengendurkan otot, termasuk lapisan rahim. Kemampuan ini dapat membantu meredakan kram menstruasi, yang berpotensi menyebabkan banyak individu yang sedang menstruasi menginginkan cokelat selama menstruasi, menurut artikel tahun 2020 yang diterbitkan dalam Nutrients.

3. Meningkatkan fungsi kognitif

Manfaat makan cokelat setiap hari bagi kesehatan yang ketiga yaitu meningkatkan fungsi kognitif.

Dalam uji coba terkontrol acak tahun 2019 di Nutrients, makan cokelat hitam setiap hari selama 30 hari dapat meningkatkan fungsi kognitif pada peserta.

Para peneliti mengaitkan hal tersebut dengan kandungan metilxantin dalam cokelat hitam, yang meliputi teobromin dan kafein.

Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengonfirmasi temuan ini dan lebih memahami mekanisme yang menyebabkan peningkatan kognitif.

Baca Juga: 5 Hal yang Terjadi pada Tubuh jika Makan Stroberi Setiap Hari, Apakah Berbahaya?

4. Meningkatkan kadar zat besi

Manfaat makan cokelat setiap hari bagi kesehatan yang keempat yaitu meningkatkan kadar zat besi.

Cokelat hitam merupakan sumber zat besi yang baik. Satu porsi cokelat hitam seberat 50 gram mengandung 6 miligram zat besi. Sebagai perbandingan, wanita berusia 19 hingga 50 tahun membutuhkan 18 miligram zat besi per hari dan pria dewasa membutuhkan 8 miligram per hari, menurut National Institutes of Health.

Cokelat hitam dapat menjadi cara yang lezat untuk meningkatkan asupan zat besi, terutama bagi orang-orang yang berisiko mengalami anemia defisiensi besi seperti orang yang baru melahirkan, sedang menstruasi, orang dewasa yang lebih tua, serta anak-anak yang membutuhkan zat besi dalam jumlah yang lebih tinggi.

Untuk penyerapan yang lebih baik, cokelat hitam dapat dipadukan dengan makanan yang kaya akan vitamin C seperti buah beri. Jadi, jika kadar zat besi Anda rendah, cokelat hitam merupakan pilihan terbaik alih-alih cokelat susu yang hanya mengandung sekitar 1 miligram zat besi dalam 50 gram.

Demikian 4 manfaat makan cokelat setiap hari bagi kesehatan yang perlu Anda tahu. Meskipun ada beberapa manfaat kesehatan potensial dari makan cokelat setiap hari, namun tetap ada beberapa kemungkinan konsekuensi negatif.

Cokelat putih dan cokelat susu, khususnya, mengandung banyak lemak jenuh dan gula tambahan yang mana keduanya berisiko meningkatkan kolesterol. Menurut Centers for Disease Control and Prevention, cokelat susu (1,5 ons) mengandung sekitar 22 gram gula tambahan dan 8 gram lemak jenuh. Sedangkan satu batang cokelat putih (1,5 ons) mengandung 25 gram gula tambahan dan 16,5 gram lemak jenuh.

Alih-alih mengonsumsi cokelat susu dan cokelat putih, alangkah baiknya Anda memilih cokelat hitam untuk mendapatkan manfaat makan cokelat setiap hari dengan maksimal tanpa khawatir kolesterol naik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News