Bugar

Simak Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Sunscreen di Malam Hari

Simak Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Sunscreen di Malam Hari

MOMSMONEY.ID - Perlunya Anda tahu kelebihan dan kekurangan menggunakan sunscreen di malam hari. Umumnya, sunscreen digunakan saat pagi dan siang hari.  

Sebenarnya tidak masalah jika sunscreen digunakan malam hari. Namun, bukan hal yang wajib jika sunscreen digunakan pada malam hari.

Lebih jelasnya, simak kelebihan dan kekurangan menggunakan susncreen di malam hari dikutip dari anessa.id, yaitu: 

1. Menenangkan Kulit yang Terbakar

Pertama, menenangkan kulit yang terbakar. Dikutip dari halaman Good Looking Tan, beberapa sunscreen memiliki kandungan bahan yang dapat menenangkan kulit setelah terbakar sinar matahari.

Bahan-bahan ini nantinya akan membantu untuk menghidrasi kulit yang terbakar sinar matahari dan mencegah terjadinya pengelupasan dan peradangan.

Sunscreen dengan kemampuan menghidrasi kulit dapat diandalkan untuk membantu melindungi kulit pada siang hari dan membantu menenangkan kulit pada malam hari.

Baca Juga: Simak 4 Penyebab dan Cara Mengatasi Keriput di Wajah

2. Melindungi Kulit dari Photodamage

Selanjutnya, Anda bisa melindungi kulit dari photodamage. Selain sinar UV dari sinar matahari, menurut Journal of Biomedical Physics pada tahun 2018, ada juga hal lainnya yang dapat merusak kulit. 

Hal lainnya tersebut adalah seperti cahaya biru dari beberapa sumber seperti TV, laptop, dan smartphone yang dapat meningkatkan stress oksidatif pada kulit yang bahkan dapat menyebabkan kerusakan sel kulit kalian dan menimbulkan kerutan.

3. Melindungi dari Melasma

Kelebihan menggunakan sunscreen di malam hari adalah melindungi dari melasma. 

Melasma atau yang lebih dikenal dengan bercak gelap yang tidak merata pada permukaan kulit adalah salah satu bahaya dari sinar matahari yaitu sinar UV, atau sinar cahaya biru yang dapat menimbulkan melasma pada permukaan kulit.

Untuk Anda yang memiliki warna kulit yang gelap, melasma atau bercak gelap pada permukaan kulit mungkin bisa disebabkan oleh sinar biru yang dapat merusak kulit kalian.

Baca Juga: Pahami 4 Ciri-Ciri Sunscreen Non-Comedogenic

4. Menyumbat Pori-Pori

Kekurangan menggunakan sunscreen di malam hari adalah menyumbat pori-pori. Sunscreen dengan bahan yang tidak ringan di kulit Anda akan bisa menyebabkan pori-pori wajah tersumbat.

Akibatnya dari pori-pori yang tersumbat itu adalah munculnya masalah jerawat pada kulit wajah kalian. Karena hal tersebut, gunakanlah sunscreen yang mengandung bahan yang ringan dan tidak menyumbat pori-pori wajah.

5. Tidak Mendapatkan Manfaat yang Maksimal

Kekurangan lainnya adalah tidak mendapatkan manfaat yang maksimal. Meskipun tidak berbahaya, namun tentunya tujuan utama menggunakan sunscreen adalah untuk melindungi kulit dari bahaya sinar UV dari matahari dan mencegah kerusakan kulit.

Karena hal tersebut, jika Anda menggunakan sunscreen pada malam hari, artinya manfaat utama dari sunscreen tersebut tidak akan Anda dapatkan, atau bisa juga dikatakan bahwa hal tersebut juga termasuk pemborosan.

Sekarang Anda sudah tahu kelebihan dan kekurangan menggunakan sunscreen di malam hari. Namun, sebaiknya gunakan sunscreen saat pagi dan sore hari. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News