Bugar

Pahami 4 Ciri-Ciri Sunscreen Non-Comedogenic

Pahami 4 Ciri-Ciri Sunscreen Non-Comedogenic

MOMSMONEY.ID - Perlunya Anda tahu ciri-ciri sunscreen non-comedogenic agar tidak muncul masalah baru.

Maksud dari non-comedogenic adalah kandungan di dalam produk skincare dan makeup tidak membuat pori-pori tersumbat di kulit wajah. Sedangkan, maksud dari comedogenic sebaliknya.  

Beberapa kandungan non-comedogenic yang perlu diketahui, yaitu Zinc oxide, Benzoyl peroxide, Salicylic Acid, Dimethicone,Talc, Grapeseed oil, dan Sunflower oil. 

Selain kandungan yang dimiliki, ternyata masih ada beberapa ciri-ciri sunscreen non-comedogenic. Dilansir dari anessa.id, simak penjelasannya di bawah ini : 

Baca Juga: Promo Traveloka 3P 2-31 Oktober 2023, Diskon Tiket Bus hingga Rp 50.000

1. Tekstur Ringan dan Tidak Lengket

Ciri-ciri pertama sunscreen non-comedogenic adalah tekstur ringan dan tidak lengket di kulit. Umumnya, sunscreen dengan tekstur lengket dan berat ini termasuk ke dalam physical sunscreen atau sunblock.

Dengan teksturnya yang lengket, sunscreen comedogenic bisa menyumbat pori-pori dan menyebabkan munculnya komedo serta jerawat. 

2. Tidak Meninggalkan Whitecast

Ciri-ciri sunscreen non-comedogenic selanjutnya adalah tidak meninggalkan whitecast. Hasil akhir menggunakan sunscreen seperti  kulit wajah terlihat sedikit abu-abu, itulah yang dimaksud whitecast. 

Selain meninggalkan akhir yang dapat mengganggu penampilan, pada umumnya, sunscreen dengan hasil whitecast juga termasuk ke dalam sunscreen comedogenic yang dapat menyumbat pori-pori. 

Baca Juga: Jadi Bridesmaid Wajib Siapkan 5 Hal Ini dalam Tas, ya

3. Tidak Membuat Kulit Berminyak

Kemudian, sunscreen tidak membuat kulit berminyak. Kebanyakan sunscreen comedogenic akan menyumbat pori-pori sehingga menghasilkan produksi sebum pada kulit menjadi berlebihan.

Akibatnya, kulit menjadi berminyak yang dapat merangsang pertumbuhan jerawat dan komedo. Oleh sebab itu, sebaiknya pilihlah sunscreen dengan formula ringan dan cepat menyerap, juga tidak merangsang produksi sebum berlebih untuk menjaga kulit tetap sehat. 

4. Sunscreen Cepat Menyerap

Ciri-ciri terakhir sunscreen non-comedogenic adalah sunscreen yang cepat menyerap. Sunscreen dengan tekstur lengket dan meninggalkan whitecast cenderung membutuhkan waktu lebih lama terserap oleh kulit.

Itulah alasan mengapa sunscreen dengan tekstur yang cepat menyerap pada umumnya memiliki sifat non-comedogenic dan tidak akan menyumbat pori-pori pada kulit. 

Jadi, itulah ciri-ciri sunscreen non-comedogenic. Sudah saatnya Anda memilih sunscreen yang tepat untuk wajah. 

Selanjutnya: Garuda Indonesia Siap Jajaki Penggunaan Energi Terbarukan pada Penerbangan Komersial

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News