Keluarga

Simak Ide Menata Dapur Sempit di Rumah Minimalis

Simak Ide Menata Dapur Sempit di Rumah Minimalis

MOMSMONEY.ID - Simak ide menata dapur sempit untuk rumah minimalis demi menciptakan rasa lega saat memasak!

Di zaman ini, sulit sekali bagi keluarga baru mendapatkan rumah yang luas untuk membuat area dapur yang besar. Maka kita semua menghadapi permasalahan yang sama, bagaimana cara mengatur dapur yang sempit supaya tetap lega? 

Melansir Ideal Home, sebuah dapur harus memiliki peralatan memasak, area untuk menyiapkan makanan dan area untuk memasak yang aman dan lega. Di rumah modern, dapur memiliki tugas baru yaitu jadi area makan bahkan untuk bersosialisasi, bekerja dan belajar.

Baca Juga: 4 Cara Mengencangkan Miss V Kendur Tanpa Operasi, Auto Rapat Lagi Moms!

Nah untuk membuat kegiatan Anda di dapur lebih mudah, simak cara mengatur dapur yang sempit supaya tetap lega ini yuk!

Buat island dapur yang multifungsi
Saat Anda memiliki dapur dengan lahan terbatas, Anda dituntut kreatif. Coba mulai dengan island yang multifungsi. Selain untuk menyiapkan bahan makanan dan jadi wastafel, Anda bisa memanfaatkannya jadi meja makan bahkan meja kerja. 

Pertimbangkan pencahayaan
Dapur kecil atau sempit biasanya memiliki langit-langit yang juga rendah. Maka sebaiknya hindari lampu yang terlalu banyak aksesoris. Sebaiknya gunakan lampu dinding atau lampu gantung yang rata supaya ruang kepala Andalan juga lebih leluasa.

Buat meja dapur di dua sisi ruangan
Dapur ini menampilkan meja dapur yang membentang di dua sisi tembok tanpa tambahan lemari sudut. Manfaatkan laci dari meja dapur ini semaksimal mungkin untuk ruang penyimpanan. 

Baca Juga: Respons Insiden Keamanan Siber, APJII Bentuk Satgas Khusus

Hanya gunakan satu sudut di rumah
layout dapur dengan satu meja

Baca Juga: 9 Cara Ketahui Apakah Dia Pria Beristri atau Bukan, Jangan Sampai Terjebak

Anda bisa kembali ke masa lajang Anda, yang cukup menggunakan satu sudut rumah untuk dapur. Cukup dengan panjang 1,8 meter hingga 2 meter untuk menempatkan area kompor dan wastafel.

Gunakan U-shape
Coba gunakan bentuk U untuk dapur Anda. Cocok untuk meletakkan dapur di bagian sudut aneh di rumah Anda. Untuk mengutamakan keergonomisannya, bagi area menjadi segitiga kerja emas yaitu area kompor, wastafel dan lemari es. 

Pasang jendela sebagai pembatas antar ruang
Dapur dengan sekat jendela

Anda bisa menciptakan nuansa terbuka dengan membuat sekat anatar dapur dengan ruangan lainnya dengan jendela. Selain menjadi fitur yang menarik di dapur, ini akan memberikan rasa lega saat akan memasak. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News