Bugar

Simak 5 Manfaat Kulit Semangka untuk Wajah yang Harus Anda Tahu

Simak 5 Manfaat Kulit Semangka untuk Wajah yang Harus Anda Tahu

MOMSMONEY.ID - Perlunya Anda tahu manfaat kulit semangka untuk wajah, selain buahnya. 

Dilansir dari jovee.id, kulit semangka adalah lapisan transparan yang padat di antara daging dan kulit luarnya yang keras berwarna kehijauan.

Kulit buah semangka membentuk sekitar 30% dari keseluruhan buah semangka dan hal ini mungkin terasa mubazir bagi sebagian orang.

Jika Anda tertarik dengan bahan ini, disarankan untuk menggunakan ekstrak kulit semangka atau produk yang mengandung bahan ini.

Sebab, ekstrak tersebut telah diproses untuk menghilangkan zat apa pun yang dapat mengiritasi atau memperburuk kondisi kulit.

Baca Juga: Pahami 6 Manfaat Eksfoliasi Wajah yang Harus Anda Lakukan

Sebelum itu, cari tahu manfaat kulit semangka untuk wajah. Masih bersumber dari jovee.id, simak penjelasannya di bawah ini: 

1. Mencegah kerusakan kulit

Pertama, manfaat kulit semangka untuk wajah adalah mencegah kerusakan kulit. Hal ini karena kulit semangka kaya akan vitamin yang membangun pertahanan kulit Anda terhadap kondisi cuaca yang panas.

Kandungan vitamin C dalam kulit semangka meningkatkan sintesis kolagen, memudarkan bintik matahari, menyembuhkan luka bakar akibat sinar matahari, mengurangi kerutan, dan mencerahkan kulit.

Sedangkan, kandungan vitamin A dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit dengan mencegah kerusakan kolagen yang disebabkan oleh kerusakan akibat sinar matahari.

Selain itu, kulit semangka juga dapat membantu mencegah jerawat, infeksi, garis-garis halus, dan sengatan matahari.

Baca Juga: Simak 5 Treatment Menghilangkan Kerutan di Wajah, Mau Coba?

2. Melawan tanda-tanda penuaan kulit

Kulit semangka mampu melawan tanda-tanda penuaan kulit. Kulit semangka mengandung flavonoid yang bermanfaat untuk meningkatkan elastisitas kulit dan membantu memudarkan garis-garis halus.

Pektin adalah polisakarida yang membentuk 13% kulit semangka, berperan penting dalam mencegah tanda-tanda penuaan dini.

3. Membantu memerangi kerusakan akibat radikal bebas

Kemudian, kulit semangka juga bisa membantu memerangi kerusakan akibat radikal bebas. Kulit semangka kaya akan likopen, yang dapat membantu meningkatkan penampilan kulit dengan melawan radikal bebas dan menangkal stres oksidatif.

Selain itu, sebagai antioksidan, likopen dapat membantu memperkuat kulit untuk mengatasi unsur-unsur tersebut. Terutama kondisi yang lebih ekstrim selama cuaca musim panas yang keras.

Baca Juga: Simak 4 Manfaat Squalane Oil untuk Wajah, Lembap dan Cerah!

4. Melindungi kulit dari kondisi cuaca ekstrem

Manfaat kulit semangka selanjutnya adalah melindungi kulit dari kondisi cuaca ekstrem. Citrulline, yaitu asam amino penting yang terkandung di dalam dalam kulit semangka, juga bermanfaat.

Senyawa tersebut merupakan bahan pengkondisi kulit alami karena dapat mengikat air secara alami. Senyawa ini juga bermanfaat untuk melindungi kulit dari perubahan suhu dan paparan polusi yang intens.

Selain itu, citrulline merupakan sumber nitrogen alami yang berperan penting dalam pembentukan kolagen dan protein pada kulit.

5. Melawan peradangan dan menenangkan kulit yang teriritasi

Manfaat kulit semangka lainnya adalah mampu melawan peradangan dan menenangkan kulit yang teriritasi. Kulit semangka mengandung komponen anti inflamasi yang bermanfaat bagi kesehatan kulit.

Quercetin, yaitu flavonoid dalam kulit semangka, dapat membantu meredakan kulit yang teriritasi. Senyawa ini membantu memperbaiki kulit yang rusak akibat sinar Matahari dengan mengembalikan fungsi pelindung kulit dan mencegah kulit kehilangan air transepidermal.

Selain itu, vitamin B6 mencegah kulit kemerahan dan peradangan saat cuaca panas. Klorofil yang ditemukan di kulitnya dikaitkan dengan sifat antibakteri yang mencegah pori-pori tersumbat dan berjerawat.

Sekarang Anda sudah tahu manfaat kulit semangka untuk wajah. Menarik dicoba, ya.

Selanjutnya: Pengembangan Blok Masela Lanjut ke Tahap Selanjutnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News