Bugar

Simak 4 Penyebab Bibir Hitam Pada Wanita, Apa Saja?

Simak 4 Penyebab Bibir Hitam Pada Wanita, Apa Saja?

MOMSMONEY.ID - Bibir termasuk bagian wajah yang menarik perhatian, Anda harus paham apa saja penyebab bibir hitam pada wanita. Jika bibir mengalami perubahan menjadi hitam, maka warna bibir bisa mempengaruhi warna lip product yang dioleskan. 

Penyebab bibir hitam ternyata sering terjadi tanpa Anda sadari. Dikutip dari blog.avoskinbeauty.com, berikut beberapa penyebab bibir hitam pada wanita, yaitu: 

Baca Juga: Inilah 5 Cara Menebalkan Alis dan Bulu Mata dengan Bahan Alami

1. Gaya Hidup

Pertama, gaya hidup dapat menyebabkan bibir hitam. Gaya hidup di sini adalah kebiasaan yang membuat bibir gelap karena pengaruh eksternal, misalnya merokok dan alkohol.

Hal ini bisa terjadi karena rokok dan alkohol mengandung zat asam yang mempengaruhi warna bibir menjadi lebih hitam.

2. Konsumsi Kafein

Selain alkohol dan merokok, ada juga makanan dan minuman yang mendorong perubahan warna bibir. Makanan dan minuman kafein adalah salah satu penyebab bibir hitam selanjutnya.

Kafein bisa membuat Anda sering buang air kecil, dan case ini bisa menjadi pemicu dehidrasi. Sehingga, dehidrasi bisa membuat bibir pecah-pecah dan warnanya menghitam.

Baca Juga: Ini 5 Langkah Mudah Menyiapkan Makan Malam Bersama Keluarga Tanpa Stres

3. Bibir Kering dan Pecah-Pecah

Penyebab bibir hitam pada wanita selanjutnya adalah bibir kering dan pecah-pecah. Bibir mudah sekali kering karena ia memiliki lapisan kulit yang memang lebih tipis dibandingkan kulit lainnya. Termasuk juga ketika cuaca panas, kelembabannya mudah sekali hilang.

Sayangnya, keadaan bibir kering yang begitu parah sampai pecah-pecah sangat berpotensi untuk menggelap secara perlahan.

4. Sinar Matahari

Penyebab utama bibir hitam adalah paparan sinar matahari. Paparan matahari yang terlalu sering dan banyak mendorong kulit memproduksi melanin. Adanya melanin yang diproduksi merupakan salah satu bentuk perlindungan kulit. 

Melanin bertugas menyerap sinar ultraviolet dan meminimalisir kerusakan akibat sinar matahari. Namun, melanin yang diproduksi lebih banyak ini membuat warna bibir jadi lebih hitam dari biasanya.

Selain sinar matahari, bibir kering juga mendorong tampilan bibir menjadi hitam. Seringkali bibir yang kering dibersamai dengan bibir pecah-pecah. Kalau sudah pecah-pecah, bukan tidak mungkin kondisi kulit terluka dan meninggalkan tampilan bibir menghitam perlahan. 

Ternyata, ada banyak perlindungan bibir yang perlu dilakukan. Selain SPF, proteksi bibir juga dilakukan dengan memberikan hidrasi bibir yang cukup. Ini untuk mengurangi kondisi bibir kering dan pecah-pecah yang menjadikan kulit terluka dan berpotensi menghitam.  

Nah, itulah beberapa penyebab bibir hitam pada wanita. Segera rawat kesehatan bibir, yuk!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News