Bugar

Simak 4 Manfaat Vitamin C untuk Kecantikan, Lawan Penuaan Dini

Simak 4 Manfaat Vitamin C untuk Kecantikan, Lawan Penuaan Dini

MOMSMONEY.ID - Dapatkan kulit sehat, inilah manfaat vitamin C untuk kecantikan. Vitamin C termasuk kandungan skincare yang populer.

Vitamin C dari sumber alami didapatkan dari sayuran hijau, kembang kol, paprika, cabe merah, jeruk, stroberi, pepaya, jambu biji, dan sebagainya. 

Selain mengonsumsi makanan bervitamin C, Anda juga bisa menggunakan produk skincare yang mengandung vitamin C. 

Jika Anda tertarik dengan kandungan ini, berikut empat manfaat vitamin C untuk kecantikan, mengutip dari cnfstore.com, yaitu: 

Baca Juga: 5 Tips Menjadi Ibu yang Bahagia dalam Keluarga

1. Merangsang produksi kolagen

Manfaat vitamin C untuk kecantikan adalah merangsang produksi kolagen. Kolagen merupakan sejenis protein yang berperan penting memberikan elastisitas dan kelenturan kulit serta mendukung proses penyembuhan luka alami pada kulit.

Kolagen diperlukan untuk menjaga kulit tetap kencang, kenyal, lembap dan terhindar dari tanda-tanda penuaan dini. Oleh karena itu, asupan vitamin C yang cukup mampu membantu merangsang produksi kolagen yang menurun seiring bertambahnya usia. 

2. Menangkal radikal bebas

Manfaat vitamin c selanjutnya adalah menangkal radikal bebas. Seperti yang telah diketahui, vitamin C adalah salah satu sumber antioksidan yang baik.

Zat ini mampu mencegah dan melindungi kerusakan sel dan jaringan kulit akibat paparan radikal bebas penyebab penuaan dini pada kulit. Efek antioksidan pada vitamin C baik untuk memperbaiki jaringan kulit yang rusak.

Penyebab kerusakan kulit sendiri bisa karena faktor bertambahnya usia dan paparan sinar matahari dalam jangka panjang. Sehingga vitamin C sangat penting menangkal radikal bebas sebagai penyebab kerusakan kulit.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Jerawat pada Kulit Kering, Hindari Scrub Wajah!

3. Melawan penuaan dini

Berikutnya, vitamin C dapat melawan penuaan dini. Masalah penuaan dini menjadi satu hal yang paling dihindari bagi sebagian orang mulai dari munculnya noda-noda hitam, kerutan, dan kulit kering.

Tentunya untuk mencegah terjadinya penuaan dini, harus diimbangi dengan pola hidup sehat termasuk mengonsumsi vitamin C.

Vitamin untuk kulit ini dikenal memiliki kemampuan dalam mencegah penuaan dini berkat kandungan antioksidan alaminya yang tinggi.

Kandungan antioksidan pada vitamin C ini akan bekerja secara optimal dalam mencegah kerusakan sel kulit akibat radikal bebas. 

4. Mencegah pigmentasi atau pewarnaan kulit

Manfaat vitamin c lainnya adalah mencegah pigmentasi atau pewarnaan kulit. Melanin merupakan pigmen yang menyebabkan warna gelap pada kulit akibat paparan sinar matahari dalam jangka waktu lama.

Sebenarnya, melanin berfungsi melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari. Namun, peningkatan produksi melanin di kulit wajah dapat menyebabkan kondisi hiperpigmentasi berupa bintik-bintik hitam dan warna kulit tidak merata.

Nah, itulah beberapa manfaat vitamin C untuk kecantikan. Pilihlah produk skincare yang mengandung vitamin C di dalamnya atau konsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin C. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News