Keluarga

Siap-Siap Musim Hujan! Ini 5 Vitamin untuk Meningkatkan Imun Tubuh di Musim Hujan

Siap-Siap Musim Hujan! Ini 5 Vitamin untuk Meningkatkan Imun Tubuh di Musim Hujan

MOMSMONEY.ID - Inilah 5 vitamin untuk meningkatkan imun tubuh di musim hujan. Apa saja?

Musim hujan sudah di depan mata. Mengingat musim hujan kerap meningkatkan kemungkinan tertular flu, pilek, dan penyakit lainnya, maka Anda harus menjaga imun atau sistem kekebalan tubuh dengan baik.

Untuk membantu meningkatkan imun tubuh selama musim hujan, ada beberapa vitamin yang bisa mendukung pengembangan dan pengoperasian sel kekebalan yang melindungi tubuh dari mikroorganisme berbahaya.

Melansir laman Ridomaxx, berikut 5 vitamin untuk meningkatkan imun tubuh di musim hujan yang patut Anda konsumsi.

Baca Juga: 4 Makanan Vegetarian untuk Meningkatkan Gairah Seks

1. Vitamin D

Vitamin untuk meningkatkan imun tubuh di musim hujan yang pertama adalah vitamin D.

Larut dalam lemak, vitamin D sangat penting untuk beberapa proses biologis termasuk fungsi imunologis.

Di musim hujan, paparan sinar matahari mungkin terbatas. Padahal, sinar matahari merupakan salah satu sumber utama vitamin D, karena kulit dapat memproduksinya saat terkena radiasi ultraviolet B (UVB).

Oleh sebab itu, Anda bisa mengonsumsi suplemen vitamin D untuk membantu memenuhi kebutuhan vitamin D di musim hujan. Dengan memastikan kadar vitamin D tetap terpenuhi, itu akan membantu mengontrol respons imun dan mendorong pengembangan peptida antimikroba yang menangkal infeksi selama musim hujan.

2. Vitamin C

Vitamin untuk meningkatkan imun tubuh di musim hujan yang kedua adalah vitamin C.

Vitamin C atau disebut juga ascorbic acid merupakan antioksidan yang kuat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kala musim hujan, vitamin C menjadi sangat penting karena penyakit yang disebabkan oleh bakteri dan virus lebih mungkin terjadi.

Vitamin C mampu merangsang sintesis sel darah putih. Pada gilirannya, hal ini akan membantu kemampuan sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi.

Untuk mempertahankan sistem imun yang kuat di musim hujan, konsumsilah makanan kaya vitamin C dengan cukup. Beberapa makanan tinggi vitamin C antara lain jeruk, lemon, paprika, brokoli, bayam, kiwi, stroberi, dan pepaya.

3. Vitamin A

Vitamin untuk meningkatkan imun tubuh di musim hujan yang ketiga adalah vitamin A.

Vitamin A penting untuk mendukung kesehatan dan kebugaran secara umum serta menjaga sistem kekebalan tubuh yang kuat.

Salah satu tugas penting vitamin A adalah mendukung kesehatan serta fungsi kulit dan selaput lendir. Adapun kulit dan selaput lendir merupakan garis pertahanan pertama tubuh dalam melawan infeksi.

Pastikan Anda memasukkan makanan kaya vitamin A ke dalam menu harian Anda selama musim hujan ya, Moms. Mengonsumsi makanan tinggi vitamin A dapat memperkuat pertahanan tubuh Anda terhadap infeksi tatkala musim hujan berlangsung.

Baca Juga: 5 Bahan Alami untuk Menghilangkan Bau Badan Tak Sedap, Oleskan pada Ketiak

4. Vitamin E

Vitamin untuk meningkatkan imun tubuh di musim hujan yang keempat adalah vitamin E.

Ketika stres oksidatif dan peradangan meningkat terutama di musim hujan, itu bisa memudahkan radikal bebas merusak sistem kekebalan tubuh. Untungnya, vitamin E dapat membantu melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas.

Bagi Anda yang sedang membatasi makanan atau memiliki masalah kesehatan tertentu, suplemen vitamin E bisa menjadi pilihan.

Namun, pastikan Anda berkonsultasi dengan praktisi kesehatan sebelum mengonsumsi suplemen vitamin E apapun. Ini dilakukan untuk menentukan dosis yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan khusus Anda.

5. Vitamin B6

Vitamin untuk meningkatkan imun tubuh di musim hujan yang terakhir adalah vitamin B6.

Vitamin B6 adalah vitamin larut air yang penting untuk meningkatkan kesehatan imunologis. Vitamin ini memiliki peran dalam beberapa fungsi biologis, seperti mensintesis antibodi dan mengendalikan aktivitas sel kekebalan.

Dengan memenuhi kebutuhan vitamin B6, itu akan membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda selama musim hujan ketika bahaya penyakit meningkat.

Sel darah putih yang penting untuk menangkal virus berbahaya dan mempertahankan respons kekebalan yang kuat pun bisa diproduksi lebih mudah dengan bantuan vitamin B6.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News