Keluarga

Sering Disajikan Saat Imlek, Simak 5 Manfaat Buah Kumquat untuk Kesehatan

Sering Disajikan Saat Imlek, Simak 5 Manfaat Buah Kumquat untuk Kesehatan

MOMSMONEY.ID - Ada setidaknya 5 manfaat buah kumquat untuk kesehatan. Berikut penjelasannya.

Kumquat adalah adalah sejenis pohon yang termasuk dalam keluarga tanaman jeruk dan berasal dari Asia Selatan. Pohon kumquat menghasilkan buah kecil menyerupai jeruk kecil.

Buah kumquat berbentuk lonjong dengan warna cerah yang sama seperti jeruk dan panjangnya hanya sekitar satu inci.

Tidak seperti buah jeruk lainnya, kumquat dapat dikonsumsi bersama kulitnya. Meskipun daging buahnya memiliki rasa yang sangat asam, namun kulit kumquat sebenarnya memberikan rasa manis yang ekstra.

Dalam budaya Tiongkok, kumquat dianggap sebagai buah pembawa keberuntungan dan sering disajikan saat perayaan Tahun Baru Imlek. Lebih dari sekadar buah khas Imlek, kumquat juga dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan.

Melansir laman Dr. Axe, inilah 5 manfaat buah kumquat untuk kesehatan yang harus Anda tahu.

Baca Juga: Jadi Buah Khas Imlek, Ini Ragam Manfaat Jeruk Mandarin untuk Kesehatan

1. Kaya akan antioksidan

Manfaat buah kumquat untuk kesehatan yang pertama yaitu kaya akan antioksidan.

Kumquat kaya akan antioksidan penangkal penyakit yang dapat membantu meningkatkan kesehatan tubuh. Selain itu, kumquat juga merupakan satu-satunya buah jeruk yang bisa dikonsumsi dengan kulitnya, yang mana kulit kumquat mengandung lebih banyak antioksidan daripada daging buahnya.

Dengan mengonsumsi 1-2 porsi kumquat per hari, itu dapat membantu menangkal penyakit serta meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Manfaat buah kumquat untuk kesehatan yang kedua yaitu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Seperti buah jeruk lainnya, kumquat kaya akan vitamin C yang merupakan nutrisi penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Sebuah penelitian yang dilakukan di Swiss menunjukkan bahwa asupan vitamin C yang cukup dapat membantu memperbaiki kondisi seperti diare, malaria, dan pneumonia. Ditambah lagi, vitamin C mampu memperbaiki gejala dan mempersingkat durasi infeksi pernapasan, seperti pilek.

Kumquat juga kaya akan antioksidan yang bisa mencegah penumpukan radikal bebas hingga mengurangi risiko penyakit kronis. Menurut ulasan yang diterbitkan dalam Current Topics in Medicinal Chemistry, antioksidan dalam makanan dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan melindungi tubuh dari infeksi yang disebabkan oleh bakteri, virus, maupun parasit.

3. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Manfaat buah kumquat untuk kesehatan yang ketiga yaitu meningkatkan kesehatan pencernaan.

Serat terbukti mampu membantu menambah massa tinja agar proses buang air besar tetap teratur dan tidak terjadi sembelit. Serat juga bermanfaat bagi aspek lain dari kesehatan pencernaan, dengan beberapa penelitian menunjukkan bahwa serat dapat melindungi tubuh dari penyakit radang usus dan mencegah tukak usus. Tak hanya itu, beberapa penelitian juga menemukan bahwa pola makan tinggi serat dikaitkan dengan penurunan risiko kanker kolorektal.

Kabar baiknya, kumquat mengandung serat yang cukup tinggi. Dengan kandungan serat 6,5 gram per porsi, kumquat menduduki peringkat teratas sebagai salah satu makanan berserat tinggi. Jadi, konsumsilah 1-2 porsi kumquat bersama makanan kaya serat lainnya untuk menjaga sistem pencernaan Anda berjalan lancar.

Baca Juga: Manfaat Konsumsi Alpukat Bagi Kesehatan, Menyehatkan Jantung Anda

4. Menurunkan risiko kanker

Manfaat buah kumquat untuk kesehatan yang keempat yaitu menurunkan risiko kanker.

Berkat kandungan antioksidannya yang luar biasa, tidak mengherankan jika mengonsumsi kumquat dikaitkan dengan penurunan risiko kanker. Faktanya, buah jeruk seperti kumquat, jeruk, lemon, dan limau sering dianggap sebagai makanan pelawan kanker terbaik.

Menurut sebuah penelitian di Korea, sering mengonsumsi buah jeruk termasuk kumquat dikaitkan dengan penurunan risiko kanker payudara sebesar 10 persen. Penelitian lain yang menunjukkan temuan serupa melaporkan bahwa mengonsumsi buah jeruk seperti kumquat dikaitkan dengan penurunan risiko kanker pankreas, esofagus, dan perut.

5. Membantu penurunan berat badan

Manfaat buah kumquat untuk kesehatan yang kelima yaitu membantu penurunan berat badan.

Kumquat merupakan buah yang rendah kalori namun tinggi serat. Itu artinya, kumquat dapat menjadi tambahan yang bagus untuk program penurunan berat badan.

Satu porsi kumquat bisa memenuhi hingga 26 persen kebutuhan serat harian dan hanya menyediakan 71 kalori. Adapun asupan serat yang cukup akan bergerak perlahan ke seluruh tubuh yang tidak tercerna dan membantu memperlambat pengosongan lambung, membuat Anda merasa kenyang lebih lama, hingga mengurangi asupan makanan.

Menambahkan kumquat ke dalam makanan Anda adalah cara mudah untuk mengekang nafsu makan dan meningkatkan penurunan berat badan. Jadi, cobalah untuk mengganti camilan berkalori tinggi dengan seporsi kumquat atau taburkan irisan kumquat di atas salad favorit Anda guna meningkatkan kandungan serat dan membantu menurunkan berat badan.

Demikian 5 manfaat buah kumquat untuk kesehatan yang tidak boleh Anda lewatkan. Jangan lupa dicatat ya, Moms!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News