Santai

Sering Dilakukan Atlet, Ini 6 Manfaat Ice Bath setelah Olahraga

Sering Dilakukan Atlet, Ini 6 Manfaat Ice Bath setelah Olahraga

MOMSMONEY.ID - Tak banyak yang tahu, ternyata ice bath atau mandi berendam air es setelah olahraga memiliki banyak manfaat lo.

Ice bath adalah aktivitas yang banyak dilakukan atlet sebagai treatment untuk menenangkan otot setelah melakukan olahraga ekstrem.

Walau terdengar aneh, ternyata ice bath atau mandi dengan berendam air es punya banyak manfaat baik bagi tubuh.

Lalu, apa saja kah manfaat ice bath? Simak daftarnya berikut ini.

Baca Juga: Cara Lakukan Gerakan Sumo Squat dengan Benar dan Manfaat Latihan Ini

Mencegah sakit otot

Salah satu manfaat utama dari ice bath adalah bisa membantu mencegah munculnya sakit otot.

Dengan berendam di air es setelah melakukan latihan atau olahraga berat, bisa membantu meredakan dan mengurangi risiko munculnya sakit otot. Dibandingkan dengan istirahat biasa sebab ice bath bisa mencegah inflamasi atau peradangan otot.

Membantu recovery otot

Selain mencegah sakit otot, ice bath juga bisa membantu proses recovery otot. Menurut penjelasan dari laman Byrdie, ketika tubuh terekspos rendaman air es, maka otot akan mengecil.

Ketika tubuh keluar dari rendaman ice bath, maka perubahan temperatur akan membuat otot melebar kembali dan membersihkan otot. Maka dari itu, secara teori, hal tersebutlah yang akhirnya bisa membantu recovery otot lebih cepat.

Baca Juga: Mulai Perhatikan, 4 Makanan Ini Ternyata Tak Baik Untuk Sarapan Pagi

Mendinginkan tubuh

Tentu saja sesuai dengan namanya, ice bath, treatment ini bisa membantu mendinginkan tubuh lebih cepat setelah melakukan olahraga intens. Dengan berendam di air es atau mandi dengan air dingin selesai latihan, bisa merilekskan tubuh.

Selain itu, ice bath juga lebih efektif untuk mengurangi temperatur tubuh yang meningkat setelah berolah raga.

Meningkatkan kualitas tidur

Manfaat lain dari ice bath, mengutip laman Mind Body Green, adalah bisa meningkatkan kualitas tidur menjadi lebih nyenyak. Soalnya, air es yang dingin mampu membawa efek positif di sistem saraf.

Hal itu yang membantu seseorang untuk bisa tidur lebih nyenyak dan merasa lebih rileks setelah melakukan ice bath.

Baca Juga: Tumbuh Uban di Usia Muda? Ternyata Ini 5 Faktor Penyebabnya

Meningkatkan mood

Berendam di air es tentu terdengar seperti aktivitas yang tidak menenangkan bagi tubuh. Namun, penelitian menyatakan hal sebaliknya.

Air dingin bisa membantu melepaskan hormon-hormon kesenangan seperti dopamine. Dopamine adalah hormon yang mengatur mood serta energi pada tubuh seseorang. Sehingga tentu saja, ice bath juga bisa membantu meningkatkan kesehatan mental.

Mengurangi risiko cedera

Olahraga yang intens tentu memiliki risiko cedera lebih tinggi dibanding olahraga ringan. Agar terhindar dari risiko cedera, cobalah untuk melakukan ice bath setelah berolahraga.

Sebab, dengan melakukan ice bath, tubuh akan menjadi siap untuk berlatih di kemudian hari. Sehingga, dari aktivitas tersebut, risiko cedera saat latihan maupun saat olahraga bisa dihindari.

Di tambah, ice bath juga bisa meningkatkan performa latihan karena tubuh lebih siap dan sudah ter-recovery dengan baik.

Nah, itulah tadi sederet manfaat ice bath yang jarang diketahui. Tertarik mencobanya?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News