Keluarga

Selain Tidak Cocok, Ini 6 Penyebab Skincare Tidak Bekerja Maksimal

Selain Tidak Cocok, Ini 6 Penyebab Skincare Tidak Bekerja Maksimal

MOMSMONEY.ID - Inilah 6 penyebab skincare tidak bekerja maksimal yang harus Anda tahu.

Pernahkah Anda mencoba skincare mahal atau terbaik tapi terlihat hasilnya? Kemungkinan besar, produk skincare tersebut tidak cocok dengan jenis atau kondisi kulit Anda.

Selain tidak cocok, ada banyak hal lain yang bisa menjadi penyebab skincare tidak bekerja maksimal, salah satunya perubahan hormon.

Melansir Skindoze, berikut 6 penyebab skincare tidak bekerja maksimal yang harus Anda tahu.

Baca Juga: 4 Kesalahan Memakai Serum Niacinamide, Bikin Iritasi dan Tidak Ngefek!

1. Perubahan hormon

Penyebab skincare tidak bekerja maksimal yang pertama yaitu perubahan hormon.

Ada kalanya produk skincare yang Anda gunakan tidak bekerja maksimal karena terjadi perubahan hormon pada tubuh Anda. Misal, ketika Anda memasuki fase menstruasi atau masa kehamilan. 

Untuk mengatasi hal tersebut, sebaiknya Anda mengganti produk skincare dengan produk yang mengandung bahan aktif sesuai permasalahan kulit. Contoh, salicylic acid untuk mengatasi jerawat dan niacinamide untuk mengatasi kulit kusam.

2. Perubahan cuaca

Penyebab skincare tidak bekerja maksimal yang kedua yaitu perubahan cuaca.

Selain perubahan hormon, perubahan cuaca juga bisa menyebabkan produk skincare tidak bekerja secara maksimal. Hal ini terjadi karena wajah merupakan bagian tubuh yang paling sering dan mudah terpapar polusi, debu, maupun sinar matahari. 

Untuk itu, gunakanlah produk skincare yang sesuai dengan kondisi cuaca. Misalnya, saat cuaca panas, Anda bisa menggunakan skincare bertekstur gel ringan, water based, serta mengandung UV protection. 

Sedangkan saat cuaca dingin, Anda bisa menggunakan skincare oil based untuk membantu menjaga kelembaban kulit. Dengan begini, skincare yang Anda gunakan bisa menunjukkan hasil yang lebih optimal.

3. Sering gonta-ganti produk

Penyebab skincare tidak bekerja maksimal yang ketiga yaitu sering gonta-ganti produk.

Terlalu sering gonta-ganti skincare dalam waktu singkat akan menyulitkan Anda mendapatkan hasil yang diinginkan.

Terkadang, untuk mendapatkan hasil yang terbaik, Anda hanya perlu bersabar dan memberi waktu bagi produk skincare yang sedang digunakan agar bisa bekerja secara maksimal.

Sebaiknya, jangan terlalu cepat mengganti produk skincare yang sedang Anda pakai. Biarkan produk tersebut bekerja dan menunjukan hasilnya setidaknya 1-2 bulan.

Baca Juga: 5 Penyebab Kulit Kusam Setelah Pakai Skincare, Banyak yang Tidak Tahu!

4. Malas eksfoliasi

Penyebab skincare tidak bekerja maksimal yang keempat yaitu malas eksfoliasi.

Eksfoliasi sangat penting untuk memastikan skincare bekerja dan menyerap secara optimal. Kendati kulit bisa melakukan eksfoliasi sendiri, tapi terkadang proses tersebut tidak selalu berjalan dengan baik. Oleh karena itu, Anda tetap perlu melakukan eksfoliasi setidaknya 1-2 kali seminggu.

Apabila Anda malas eksfoliasi, pori-pori wajah dapat dengan mudah tersumbat oleh minyak, kotoran, dan sel-sel kulit mati.

Akibatnya, pori-pori wajah yang tersumbat akan menyulitkan skincare untuk terserap dengan baik dan menunjukkan hasil maksimal.

5. Menyimpan skincare di tempat yang salah

Penyebab skincare tidak bekerja maksimal yang kelima yaitu menyimpan skincare di tempat yang salah.

Ternyata, menyimpan produk skincare di tempat yang salah bisa membuat produk tidak bekerja sesuai kegunaanya lho, Moms. Misal, saat Anda meletakkan suatu produk di tempat yang lembab dan panas, itu bisa saja merusak bahan aktif yang terkandung di dalam produk tersebut. 

Perlu Anda tahu bahwa ada kandungan skincare tertentu yang bisa kehilangan manfaatnya apabila diletakkan di tempat yang salah. Contoh, serum vitamin C bisa kehilangan efek antioksidan jika disimpan di tempat yang panas.

Sebaiknya, simpanlah produk skincare Anda di tempat yang sejuk dan jauhkan dari paparan sinar matahari langsung.

6. Mengaplikasikan skincare di kulit yang kering

Penyebab skincare tidak bekerja maksimal yang keenam yaitu mengaplikasikan skincare di kulit yang kering.

Pada dasarnya, skincare cenderung bekerja lebih baik saat diaplikasikan ke kulit yang lembab. Hal ini terjadi karena kulit yang lembab mempunyai kemampuan dalam menyerap produk jauh lebih optimal dibandingkan kulit yang kering.

Oleh karena itu, setelah Anda selesai membersihkan wajah, segera aplikasikan produk skincare selanjutnya selagi kulit wajah Anda masih lembab.

Demikian 6 penyebab skincare tidak bekerja maksimal. Semoga bermanfaat ya, Moms.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News