Santai

Selain Mengeluarkan Racun, Ini 6 Manfaat Berkeringat buat Kesehatan Tubuh

Selain Mengeluarkan Racun, Ini 6 Manfaat Berkeringat buat Kesehatan Tubuh

MOMSMONEY.ID - Sudah tahu belum jika berkeringat punya segudang manfaat baik bagi kesehatan tubuh?

Menurut penelitian, berkeringat adalah tanda bahwa temperatur tubuh terlalu tinggi dan butuh untuk diturunkan.

Sehingga, cara untuk menetralkan kembali temperatur tubuh adalah dengan berkeringat yang siapa sangka punya beragam manfaat lainnya.

Bagi yang penasaran, langsung simak beberapa manfaat dari berkeringat bagi tubuh di sini.

Baca Juga: Bisa Karena Stres, Ini Loh 6 Penyebab Muncul Keringat Berlebih Saat Tidur

Membantu penurunan berat badan

Berkeringat ternyata bisa membantu menurunkan berat badan bagi yang sedang melakukan proses diet ketat. Kehilangan berat air dalam beberapa waktu bisa membuatnya kembali lagi.

Namun karena tubuh bekerja sangat keras untuk mendinginkan, maka Anda juga menggunakan energi dan membakar kalori, yang berkontribusi pada penurunan berat badan agar lebih permanen.

Mengeluarkan racun

Sudah bukan rahasia bahwa berkeringat membantu mengeluarkan racun dalam tubuh. Melansir laman Byrdie, berkeringat membantu proses detoks dan melindungi tubuh dari racun.

Kandungan garam, urea, dan logam berat seperti merkuri, akan dikeluarkan melalui keringat.

Namun, keringat tidak dapat menghilangkan semua senyawa beracun, jadi penting untuk selalu meminum air filter dan mengikuti pola makan yang sehat untuk menghindari bahan kimia dosis rendah lainnya.

Baca Juga: Agar Terhindar PCOS, Konsumsi 4 Teh Herbal Penyeimbang Hormon Perempuan Ini

Meningkatkan imunitas

Kulit dianggap sebagai bagian penting dari sistem kekebalan tubuh sebab kulit sering kali menjadi bagian pertahanan pertama terhadap segala sesuatu yang bersentuhan.

Semua jenis cairan di tubuh adalah bagian dari sistem pertahanan biologis yang berfungsi sebagai pencegah masuknya kuman. Termasuk keringat yang mengandung peptida antimikroba dan berpotensi melawan bakteri, virus, serta jamur.

Bagus untuk kulit

Menurut laman Real Simple, penelitian menunjukkan bahwa berkeringat dapat meningkatkan dan hidrasi kulit dan mencegah beberapa penyakit kulit inflamasi.

Keringat yang keluar melalui kulit juga dapat mengeluarkan kotoran seperti polutan, kotoran, dan riasan yang menempel di kulit. Sehingga hasil akhir seperti peningkatan warna kulit, menghilangkan kusam, dan memperbaiki tekstur kulit bisa diperoleh.

Baca Juga: Kenapa Konten ASMR Bisa Bikin Kecanduan? Cari Tahu Alasannya di Sini

Meningkatkan mood

Olahraga yang bisa memberikan intensitas tinggi untuk berkeringat akan membantu jantung melepaskan hormon bahagia, seperti endorfin. Hormon tersebut memberikan efek kesenangan yang bisa meningkatkan mood.

Pastikan untuk mengonsumsi banyak cairan seperti air saat melakukan olahraga intensitas tinggi agar cairan dalam tubuh tetap tercukupi.

Merawat kesehatan jantung

Menempatkan tubuh dalam situasi di mana ia perlu mendinginkan diri dengan berkeringat dapat membuat jantung terpompa seperti halnya latihan kardio.

Berkeringat, baik saat berolah raga atau duduk di lingkungan sauna, dapat mengurangi risiko masalah kesehatan kardiovaskular.

Sebuah penelitian dari Journal of Human Hypertension menyatakan bahwa menghabiskan waktu 30 menit di sauna juga dikaitkan dengan penurunan tekanan darah.

Nah, itulah tadi segudang manfaat berkeringat yang baik untuk tubuh. Pastikan untuk selalu menjaga hidrasi tubuh setelah banyak berkeringat, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News