Santai

Kurangi Risiko Demensia, Ini 5 Manfaat Meditasi Buat Kesehatan Tubuh dan Mental

Kurangi Risiko Demensia, Ini 5 Manfaat Meditasi Buat Kesehatan Tubuh dan Mental

MOMSMONEY.ID - Berikut ini adalah beberapa manfaat meditasi yang wajib diketahui oleh banyak orang.

Meditasi kerap kali digunakan sebagai salah satu cara untuk menenangkan diri dan pikiran dari hal-hal yang terjadi.

Terapi meditasi pun juga digunakan sebagai sarana pengobatan bagi beberapa masalah gangguan mental karena memiliki banyak manfaat baik.

Nah, bagi yang ingin mencoba meditasi secara rutin, pahami dulu beberapa manfaatnya ini, ya.

Baca Juga: Wajib Tahu, Ini 6 Alasan Mengapa Anda Harus Mulai Olahraga Yoga

Mengurangi risiko demensia

Meditasi adalah salah satu terapi yang bisa digunakan untuk mempertajam ingatan seseorang. Sehingga orang tersebut bisa terhindar dari penyakit yang menyerang memori seperti Alzheimer atau demensia.

Beberapa jenis meditasi yang digunakan sebagai terapi dapat membantu meningkatkan perhatian, fokus, memori, dan respons mental yang tanggap. Hingga akhirnya aktivitas ini dapat membantu memelihara daya ingat.

Membantu mengontrol emosi

Sudah bukan rahasia bahwa rutin melakukan meditasi bisa membantu seseorang dalam mengelola dan mengontrol emosinya. Aktivitas meditasi pun juga bisa digunakan untuk membantu mengelola stres.

Seperti yang dilansir dari laman Mayo Clinic, manfaat dari meditasi tak hanya didapatkan saat proses berakhir. Namun dalam jangka waktu panjang, kontrol emosi pun juga dapat dikendalikan dengan meditasi.

Baca Juga: Sederet Manfaat Membaca Sebelum Tidur Malam, Bisa Kurangi Stres lo

Meringankan sakit

Sakit yang disebabkan karena stres ternyata juga dapat di reda kan dengan rutin melakukan meditasi. Beberapa kondisi kesehatan yang dipengaruhi stres dapat berkurang gejalanya setelah melakukan meditasi.

Seperti gangguan kecemasan, asma, depresi, gangguan jantung, darah tinggi, hingga gangguan tidur juga dapat berkurang gejalanya dengan rutin melakukan meditasi sebagai terapinya.

Meningkatkan self-awareness

Melansir dari laman Health Line, beberapa jenis meditasi bisa digunakan sebagai salah satu cara untuk meningkatkan mawas diri, pengenalan akan jati diri, dan membantu perkembangan diri.

Dengan begitu, rajin melakukan meditasi pun juga bisa membuat perubahan positif terhadap diri sendiri. Di samping itu, meditasi juga membantu meningkatkan problem solving karena seseorang telah lebih mengenal dirinya.

Memperbaiki kualitas tidur

Bagai orang-orang yang memiliki gangguan tidur seperti insomnia, meditasi kerap dijadikan pengobatan atau terapinya. Dari rutin melakukan meditasi dan mempelajari teknik meditasi yang benar, bisa membantu untuk mengontrol pikiran agar lebih tenang.

Dengan melakukan meditasi, pikiran-pikiran yang tidak penting akan dipangkas dan akhirnya kualitas tidur yang lebih bagus bisa diperoleh. Selain itu, meditasi juga membantu tubuh menjadi lebih rileks dan siap untuk tidur.

Tertarik mencoba enggak, nih? Itulah tadi beberapa manfaat dari meditasi yang perlu untuk diketahui sebelum mencobanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News