Santai

Agar Terhindar PCOS, Konsumsi 4 Teh Herbal Penyeimbang Hormon Perempuan Ini

Agar Terhindar PCOS, Konsumsi 4 Teh Herbal Penyeimbang Hormon Perempuan Ini

MOMSMONEY.ID - Khusus bagi para perempuan, coba konsumsi beberapa jenis teh herbal yang berguna untuk menyeimbangkan hormon ini, yuk.

Masalah hormon yang tidak seimbang kerap menjadi masalah bagi kebanyakan perempuan dengan gaya hidup kurang sehat.

Akibatnya, masalah kesehatan seperti sindrom polikistik ovarium (PCOS), jerawat berlebih, hingga gangguan kesehatan lainnya pun bisa muncul karena hormon yang tidak seimbang.

Untuk memperbaiki masalah hormon yang tidak seimbang, berikut ada beberapa jenis teh herbal yang bisa dikonsumsi.

Baca Juga: Bisa Karena Stres, Ini Loh 6 Penyebab Muncul Keringat Berlebih Saat Tidur

Green tea

Green tea atau teh hijau adalah teh yang mengandung banyak anti oksidan yang bagus untuk kesehatan. Laman Health Line juga menyatakan bahwa teh hijau dapat menyeimbangkan insulin dalam tubuh dengan memperbaiki respons tubuh terhadap hormon.

Selain itu, kandungan catechin yang ada pada green tea merupakan senyawa yang dapat membantu melindungi saraf pada otak. Risiko terkena penyakit seperti demensia, alzheimer, dan parkinson dapat diminimalisasi.

Spearmint

Spearmint tea adalah minuman teh herbal yang terbuat dari seduhan daun mint. Rasanya mirip dengan peppermint yang juga memiliki rasa manis seperti rasa permen. Spearmint tea terbukti bisa membantu menyeimbangkan hormon perempuan.

Spearmint tea bisa membantu untuk menekan hormon testosteron pada perempuan dan meningkatkan hormon yang penting untuk kesuburan perempuan. Selain itu, rutin meminum spearmint tea juga bisa membantu mengatasi gejala PCOS yang kerap muncul pada perempuan.

Baca Juga: Pasca Lebaran, Bersihkan Usus Kotor dengan 4 Minuman Sehat Ini Yuk

Hibiscus

Salah satu teh yang familiar dan mudah ditemui adalah hibiscus tea atau teh rosela. Teh herbal yang terbuat dari bunga kering ini juga bagus untuk membantu menyeimbangkan hormon pada perempuan.

Menurut laman The Health Space, hibiscus memiliki karakteristik antidepresan alami yang dapat mendukung pengendalian gula darah, tinggi antioksidan, melawan penyakit & juga mendukung penurunan berat badan. Teh ini adalah nutrisi yang ideal bagi keseimbangan hormonal.

Red raspberry

Teh yang satu ini terbuat dari daun raspberry merah dan terkenal dengan manfaat kesehatannya bagi wanita, terutama karena kaya akan kandungan antioksidan dan tanin.

Teh daun raspberry juga diketahui dapat membantu mengendurkan otot-otot rahim sehingga dapat membantu meredakan kram menstruasi. Ini juga dapat memperbaiki gejala PMS lainnya seperti mual, muntah dan diare.

Ginger

Ginger atau jahe yang diseduh sebagai teh terkenal karena sifat anti peradangan dan efek pereda sakit. Jahe sendiri efektif mengatasi kram menstruasi dan dapat mengurangi mual dan muntah selama kehamilan.

Studi juga menunjukkan bahwa senyawa flavonoid dan fitoestrogen dalam jahe dapat membantu menyeimbangkan rasio estrogen terhadap progesteron dan berguna dalam pengelolaan PCOS.

Itulah tadi beberapa jenis teh herbal yang punya segudang manfaat untuk membantu menyeimbangkan hormon pada perempuan. Mulai konsumsi secara rutin, yuk!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News