Santai

Bisa Karena Stres, Ini Loh 6 Penyebab Muncul Keringat Berlebih Saat Tidur

Bisa Karena Stres, Ini Loh 6 Penyebab Muncul Keringat Berlebih Saat Tidur

MOMSMONEY.ID - Apakah Anda salah satu orang yang mudah berkeringat saat tidur? Ketahui alasannya berikut ini, yuk.

Bangun tidur dengan badan yang penuh keringat tentu merupakan hal yang sangat tidak nyaman bagi kebanyakan orang.

Rasa tidak nyaman tersebut disebabkan karena banyaknya produksi keringat yang diproduksi saat sedang tidur.

Ternyata, ada beberapa faktor yang menyebabkan Anda berkeringat saat tidur. Dari mulai faktor kesehatan hingga faktor eksternal lain seperti cuaca.

Bagi yang belum tahu, simak beberapa alasan mengapa Anda berkeringat saat tidur berikut.

Baca Juga: Lakukan Rutin, Ini 4 Manfaat Olahraga Angkat Beban atau Weightlifting

Efek samping pengobatan

Banyak obat dan jenis pengobatan yang dapat menyebabkan keringat malam. Obat anti depresan adalah obat paling umum yang dapat menyebabkan peningkatan keringat, bahkan di malam hari.

Beberapa obat diabetes, obat pengubah hormon, dan obat kolinergik juga dapat meningkatkan produksi keringat sebagai efek samping dari perubahan yang terjadi di dalam tubuh.

Temperatur ruangan

Jika lingkungan tidur Anda terlalu hangat, tubuh akan lebih mudah berkeringat saat tidur. Sebab, ketika tubuh akan otomatis bekerja menurunkan suhu tubuh inti saat kepanasan melalui keringat.  

Walau susah-susah gampang, cobalah untuk memperhatikan suhu dan temperatur kamar sebelum tidur. Pastikan juga ruangan tidak terlalu lembap dan kering agar tidur jadi makin nyaman.

Baca Juga: 6 Ide Kegiatan Saat Tidak Mudik Lebaran, Dijamin Masih Produktif Semua

Stres dan cemas

Jika salah satu penyebab di atas tidak menjadi faktor penyebab, tetapi Anda tiba-tiba berkeringat lebih banyak dari biasanya saat tidur, periksalah tingkat stres dan kecemasan Anda.

Laman Byrdie menyatakan, ketika Anda sangat stres, otak akan bereaksi dan menyebabkan perubahan dalam tubuh. Seperti meningkatkan detak jantung maupun melepaskan hormon yang dapat menyebabkan peningkatan keringat.

Demam

Orang-orang yang sedang sakit demam punya suhu tubuh lebih tinggi dibanding biasanya. Kondisi ini akan membuat tubuh jadi mudah berkeringat bahkan saat sedang tidur.

Demam sendiri biasanya terjadi ketika tubuh mengalami infeksi virus atau bakteri di dalam tubuh. Faktor penyakit lain juga bisa menyebabkan seseorang mengalami demam.

Baca Juga: 4 Manfaat Olahraga di Sore Hari, Bisa Bikin Tidur Makin Nyenyak

Perubahan hormon

Fluktuasi hormon kerap terjadi para perempuan yang sudah berada pada fase menopause. Fase ini dapat menyebabkan keringat malam.

Mengutip laman Sleep Foundation, keringat saat tidur malam sering terjadi pada 80% orang dewasa di AS yang mengalami menopause. Perubahan hormon akibat kondisi lain, seperti kehamilan atau kelainan tiroid, juga dapat menyebabkan Anda mudah berkeringat saat tidur.

Makanan dan minuman

Makanan dan minuman tertentu bisa membuat tubuh memproduksi lebih banyak keringat karena meningkatkan suhu tubuh. Apabila makanan dan minuman tersebut dikonsumsi sebelum tidur, maka produksi keringat akan otomatis meningkat setelahnya.

Beberapa jenis makanan yang mengandung rempah-rempah, lemak, gula bisa menjadi penyebabnya. Selain itu, alkohol juga bisa menyebabkan Anda berkeringat saat tidur.

Selain faktor-faktor tersebut, penggunaan pakaian dan kain-kain di tempat tidur dengan bahan panas bisa menyebabkan Anda mudah berkeringat saat tidur, loh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News