Santai

Selain Hemat Uang Sewa, Ini Untung & Rugi Tinggal Bersama Teman

Selain Hemat Uang Sewa, Ini Untung & Rugi Tinggal Bersama Teman

MOMSMONEY.ID - Ini kelebihan dan kekurangan saat tinggal bersama teman di kontrakan, apartemen, atau kos yang perlu Anda pertimbangkan.

Tinggal bersama di kontrakan, kos, atau apartemen memiliki keuntungan utama biaya sewa yang lebih hemat.

Namun, ada pertanyaan lain, apakah tinggal bersama teman adalah keputusan yang tepat?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, Anda harus tahu apa saja untung dan rugi jika tinggal bersama. Terutama di ruangan yang terbatas. 

Baca Juga: Larangan Makanan Kolesterol Ini, Ada 10 Pantangan yang Harus Dihindari

Tinggal bersama teman, berarti Anda harus siap berbagi termasuk ranah pribadi. Kecuali, Anda sudah membuat aturannya sendiri.

Tapi, tak banyak yang melakukan diskusi awal untuk membuat aturan tinggal bersama. 

Melansir Rent Blog, teman yang tinggal bersama adalah orang yang benar-benar berbagi ruang yang sama dengan orang lain. Memiliki teman sekamar atau satu rumah bisa menjadi hal terbaik namun juga bisa menjadi mimpi buruk.

Daripada Anda bimbang, simak kelebihan dan kekurangan tinggal bersama teman di bawah ini sebagai bahan pertimbangan.

Baca Juga: Makanan yang Dianjurkan untuk Penderita Asam Lambung, Cek di Sini yuk

Kelebihan tinggal bersama teman

Hemat uang untuk sewa

Salah satu keuntungan paling besar tinggal bersama teman adalah Anda bisa berbagi biaya sewa. Ini artinya, Anda bisa mendapatkan hunian yang lebih bagus dibanding tinggal sendiri.

Anda juga bisa berbagi biaya kebutuhan rumah lainnya seperti bahan makanan dan produk pembersih. 

Anda tidak kesepian

Memiliki teman yang tinggal bersama berarti Anda selalu memiliki seseorang untuk berbicara di akhir hari sepulang kerja. Ini membuat Anda merasa tidak kesepian. 

Bisa bekerja sama membersihkan tempat tinggal

Memiliki teman yang tinggal brsama membuat tugas membersihkan kos, apartemen dan kotrakan jadi lebih mudah. Anda dan dia bisa menghindari melakukan tugas-tugas yang tidak disukai. Ide bagus untuk membuat pembagian tugas membersihkan hunian.

Baca Juga: Ternyata Ini 10 Manfaat Telur Asin bagi Kesehatan Tubuh, Apa Saja?

Berbagi peralatan rumah

Saat tinggal bersama, Anda bisa membeli peralatan rumah dengan harga lebih murah. Anda bisa patungan membeli meja makan baru atau lemari baru. Namun saat harus berpisah. Anda akan mengalami masalah mengenai kepemilikan barang. 

Kekurangan tinggal bersama teman

Ada kemungkinan telat membayar sewa

Masalah pembagian biaya sewa adalah ada saat di mana mungkin teman Anda telat membayar sewa. Jika sering demikian, ini akan merugikan Anda. 

Maka sebaiknya pertimbangkan riwayat pekerjaan mereka, utang mereka dan bagaimana mereka mengelola keuangan sebelum memutuskan untuk tinggal bersama. 

Teman Anda bisa membuat hunian berantakan

Dua orang yang tinggal bersama di kos atau apartemen berarti ada kemungkinan hunian yang lebih berantakan. Piring yang menumpuk, tempat sampah yang meluap dan kamar mandi yang mudah kotor.

Jika teman Anda adalah tipe yang malas membersihkan, maka ini bisa jadi masalah besar. 

Baca Juga: Promo Dekoruma, Bayar Pakai Kartu Kredit Mandiri Ada Diskon Rp 500.000

Ada kemungkinan tidak akur

Tinggal bersama berarti Anda dan teman Anda memiliki kepentingan masing-masing yang bisa menimbulkan konflik. Maka dari itu pertimbangkan dengan matang, apakah kepribadian mereka akan cocok dengan Anda. 

Selain itu, ada kemungkinan Anda tertartik secara romantis dengan teman Anda. Ini akan menjadi bencana ketika kalian putus. Jadi pertimbangkan dengan baik.

Hanya memiliki sedikit privasi

Ketika Anda memiliki teman sekamar, privasi Anda semakin sedikit. Kamar tidur adalah satu-satunya tempat Anda bisa sendiri.

Nah, jika teman Anda tak bisa membatasi dirinya, ini bisa menjadi sumber masalah. Kalau Anda lebih suka sendiri, maka tinggal bersama teman bukan ide yang bagus. 

Itu tadi kelebihan dan kekurangan tinggal bersama teman di kos, apartemen, atau kontrakan. Semoga informasi ini bisa membantu Anda untuk membuat keputusan, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News