Santai

Selain Bir, Ketahui 6 Jenis Minuman Keras Beralkohol Ini Juga Ya

Selain Bir, Ketahui 6 Jenis Minuman Keras Beralkohol Ini Juga Ya

MOMSMONEY.ID - Bukan cuma bir, ada juga beragam jenis minuman alkohol lain yang perlu diketahui agar tidak salah memahaminya.

Kebanyakan masyarakat awam hanya mengetahui satu jenis minuman keras yang populer, yaitu bir. Padahal, bir hanyalah satu dari beragam jenis minuman alkohol di dunia.

Jika ingin tahu, berikut ini adalah beberapa jenis minuman alkohol lain yang termasuk dalam kategori minuman keras selain bir.

Baca Juga: Gampang, Ini 4 Cara Atasi Wajah Bengkak Saat Bangun Tidur di Pagi Hari

Vodka

Bagi yang berkecimpung dalam dunia bartender tentu sudah tak asing lagi dengan minuman keras bernama vodka ini. Vodka adalah salah satu jenis minuman beralkohol tinggi yang juga memiliki banyak penggemar seperti bir.

Dalam satu shot, vodka bisa mengandung sebanyak 40%-90% alkohol yang terbuat dari fermentasi kentang dan sereal gandum. Biasanya jenis minuman campuran seperti martini, bloody mary, dan cosmopolitan menggunakan campuran vodka di dalamnya.

Gin

Melansir laman Health Line, gin biasanya terbuat dari gandum, biji-bijian, atau jelai yang difermentasi dan disuling. Juniper berry digunakan untuk memberikan rasa dominan pada minuman keras.

Satu shot (44 mL atau 1,5 fl oz) gin biasanya mengandung 40–55% alkohol dan sekitar 97 kalori. Koktail gin yang populer termasuk gin dan tonik, martini, dan Tom Collins.

Baca Juga: Bantu Kurangi Risiko Diabetes, Ini 5 Manfaat Rumput Laut buat Kesehatan

Whiskey

Wiski dibuat dari biji-bijian yang difermentasi dan disuling. Biasanya terbuat dari gandum hitam, jagung, barley, atau gandum. Rasa khas minuman ini juga didapatkan setelah difermentasi dalam kayu ek putih yang hangus.

Proses penuaan wiski berhenti setelah di botol kan dari tongnya. Sekitar 40%-50% alkohol terkandung dalam wiski dengan kualitas baik.

Brandy

Brandy pada dasarnya adalah anggur sulingan. Apel dan plum adalah rasa yang populer, tetapi brandy dapat dibuat dari buah apa saja.

Tetapi, menurut laman Economic Times, untuk mencapai tingkat keasaman yang lebih tinggi, secara tradisional brandy dibuat dari buah anggur awal. Satu shot brandy memiliki 35–60% kandungan alkohol dan mengandung sekitar 97 kalori.

Koktail brandy yang populer termasuk sidecar, pisco punch, dan eggnog.

Baca Juga: Agar Tidak Kram, Hindari 7 Makanan dan Minuman Ini Saat Sedang Haid Ya

Tequila

Merupakan minuman alkohol yang lekat dengan budaya Meksiko, tequila memang menjadi salah satu sejarah minuman khas Meksiko. Tequila terbuat dari tanaman agave biru yang berasal dari Meksiko.

Satu shot tequila biasanya memiliki 40–55% kandungan alkohol dan memiliki sekitar 97 kalori.

Rum

Salah satu minuman beralkohol yang paling disukai, rum sebenarnya dibuat dengan menggunakan sari tebu secara langsung dan kemudian disuling. Rum kemudian mulai menjadi populer pada abad ke-18 ketika para pelancong menjelajahi pesisir pantai.

Kebanyakan rum memiliki sekitar 40% kandungan alkohol dan mengandung sekitar 97 kalori. Koktail rum yang populer termasuk pina colada, rum punch, dan daiquiri.

Wah, ternyata bukan cuma bir ya. Itulah beragam jenis minuman alkohol keras yang ada di dunia. Apakah Anda pernah mencoba salah satunya?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News