Santai

Bantu Kurangi Risiko Diabetes, Ini 5 Manfaat Rumput Laut buat Kesehatan

Bantu Kurangi Risiko Diabetes, Ini 5 Manfaat Rumput Laut buat Kesehatan

MOMSMONEY.ID - Suka makan rumput laut? Sudah tahu manfaatnya buat kesehatan belum?

Rumput laut menjadi salah satu jenis makanan yang kini banyak diminati. Salah satunya jenis yang banyak penggemarnya adalah nori.

Rumput laut tumbuh di sepanjang garis pantai berbatu di seluruh dunia, namun rumput laut paling umum dimakan di negara-negara Asia seperti Jepang, Korea, dan Tiongkok.

Bukan cuma enak, makanan yang punya variasi warna dari merah, hijau, cokelat, hingga hitam ini juga bisa beri manfaat bagi tubuh, lo. Ini beberapa di antaranya:

Baca Juga: Usir Bau Badan Tidak Sedap Pakai 4 Makanan Ini, Dijamin Ampuh

Tinggi yodium

Rumput laut mengandung sumber yodium terkonsentrasi dan asam amino yang disebut tirosin. Dua hal tersebut adalah kandungan yang sama-sama dibutuhkan kelenjar tiroid agar berfungsi dengan baik.

Kelenjar tiroid melepaskan hormon untuk membantu mengontrol pertumbuhan, produksi energi, reproduksi, dan perbaikan sel-sel yang rusak di tubuh. Sehingga tanpa yodium yang cukup, Anda mungkin mengalami perubahan berat badan, kelelahan, atau pembengkakan pada leher seiring berjalannya waktu.

Mengurangi berat badan

Rumput laut dapat membantu menurunkan berat badan karena mengandung sedikit kalori, serat pengisi, dan fucoxanthin yang penting untuk peningkatan metabolisme.

Serat dalam rumput laut juga bisa memperlambat pengosongan lambung. Hal tersebut bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama dan dapat menunda rasa lapar.

Baca Juga: Disebut Skinny Fat, Ini Penjelasan Kondisi Badan Kurus Tapi Perut Buncit

Mengurangi risiko diabetes

Diabetes terjadi ketika tubuh tidak mampu menyeimbangkan kadar gula darah seiring berjalannya waktu. Menariknya, rumput laut telah banyak diteliti untuk menemukan cara-cara mengurangi risiko terkena diabetes.

Menurut laman Health Line, fucoxanthin, alginat, dan senyawa lain dalam rumput laut adalah senyarwa yang bisa membantu menurunkan kadar gula darah, sehingga mengurangi risiko diabetes.

Memperbaiki kesehatan jantung

Penelitian dari laman Web MD menemukan hubungan antara rumput laut dan penurunan risiko penyakit jantung.

Beberapa hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa polifenol, senyawa yang ditemukan dalam rumput laut, dapat membantu menurunkan tekanan darah, LDL atau kolesterol “jahat”, dan kadar kolesterol total.

Penyakit jantung sendiri bisa disebabkan oleh pembekuan darah yang berlebihan. Ditambah, rumput laut mengandung karbohidrat yang disebut fucans, yang dapat membantu mencegah pembekuan darah.

Memperbaiki kesehatan usus

Rumput laut mengandung karbohidrat yang berperan sebagai prebiotik, serat yang tidak dapat dicerna yang memberi makan bakteri sehat di saluran pencernaan.

Kandungan karbohidrat dan gula yang ditemukan dalam rumput laut bisa membantu meningkatkan pertumbuhan bakteri “baik” dan meningkatkan kadar asam lemak yang menjaga lapisan usus agar tetap sehat.

Nah, itulah tadi beragam manfaat makan rumput laut buat kesehatan tubuh. Apakah Anda salah satu yang rutin makan rumput laut?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News