Bugar

Sederhana, Begini 5 Cara Mengatasi Mulut Pahit karena Asam Lambung Naik

Sederhana, Begini 5 Cara Mengatasi Mulut Pahit karena Asam Lambung Naik

MOMSMONEY.ID - Sangat mengganggu, yuk, simak cara mengatasi mulut pahit karena asam lambung naik berikut ini. Sederhana, kok.

Mengalami rasa pahit di mulut bisa menjadi sangat mengganggu. Sering kali ini adalah salah satu gejala dari asam lambung naik.

Ketika asam lambung naik ke esofagus dan mencapai area mulut, ia dapat menyebabkan sensasi rasa pahit atau asam.

Lantas, apa saja cara mengatasi mulut pahit karena asam lambung naik?

Menyadur dari laman Alodokter, berikut ini adalah beberapa cara mengatasi mulut pahit karena asam lambung naik:

1. Berkumur dengan obat kumur

Untuk menghilangkan rasa pahit, berkumurlah dengan obat kumur bebas fluoride. Obat kumur ini dapat memberikan sensasi segar dan membantu mengatasi rasa pahit di mulut.

Baca Juga: 9 Menu Makanan Sehari-hari untuk Penderita Asam Lambung, Mau Coba yang Mana?

2. Mengonsumsi obat asam lambung

Jika cara sebelumnya belum efektif, penggunaan obat asam lambung seperti antasida atau penghambat pompa proton dapat mengurangi produksi asam lambung dan membantu mengatasi rasa pahit.

3. Minum air putih

Minum air putih dapat membantu menghidrasi tubuh dan membersihkan sisa asam lambung yang naik ke kerongkongan atau mulut, sehingga mengurangi sensasi rasa pahit.

Baca Juga: Sering Diabaikan, Inilah 7 Penyebab Asam Lambung Naik di Malam Hari

4. Mengunyah permen karet bebas gula

Mengunyah permen karet bebas gula dapat meningkatkan produksi air liur. Cara satu ini akan membantu membersihkan asam lambung dari mulut dan mengurangi rasa pahit.

5. Makan pisang

Pisang adalah pilihan baik untuk mengatasi rasa pahit karena sifatnya yang basa dapat menetralkan asam lambung. Selain itu, kandungan vitamin B dalam pisang juga membantu mengurangi rasa pahit dengan mendukung fungsi saraf yang sehat.

Baca Juga: Apakah Telat Makan Bisa Menyebabkan Asam Lambung? Simak 7 Penyebab Lainnya

Demikianlah beberapa cara mengatasi mulut pahit karena asam lambung naik. Selain metode tersebut, penting untuk menghindari makanan dan minuman yang dapat memicu naiknya asam lambung, seperti makanan yang pedas, asam, atau berlemak.

Mengadopsi gaya hidup sehat, seperti menghindari alkohol, berhenti merokok, membatasi kafein, dan mengelola stres juga sangat membantu dalam mengurangi frekuensi dan intensitas asam lambung naik.

Jika gejala berlanjut meskipun telah mencoba cara-cara ini, sangat disarankan untuk konsultasi dengan dokter untuk evaluasi lebih lanjut dan pengelolaan yang tepat. Semoga bermanfaat, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News