Keluarga

Sedang Jatuh Cinta? Ini 4 Manfaat Cinta untuk Kesehatan yang Harus Anda Tahu

Sedang Jatuh Cinta? Ini 4 Manfaat Cinta untuk Kesehatan yang Harus Anda Tahu

MOMSMONEY.ID - Ternyata cinta bagus untuk kesehatan lho. Selengkapnya, berikut 4 manfaat cinta untuk kesehatan yang harus Anda tahu.

Saat sedang jatuh cinta, hidup cenderung terasa lebih indah dan berwarna. Anda mungkin akan merasakan euforia yang luar biasa ketika bersama orang yang Anda cintai. Kemungkinan besar, Anda pun sangat mendambakan kehadirannya saat ia tak ada di sisi Anda.

Pada dasarnya, cinta akan memicu aliran perasaan baik yang membuat Anda merasa seperti berada di puncak dunia.

Tak hanya terasa menyenangkan, faktanya ada beragam manfaat kesehatan yang ditawarkan oleh cinta.

Sebagaimana dilansir dari Insider, inilah 4 manfaat cinta untuk kesehatan yang harus Anda tahu.

Baca Juga: Sulit Berkomitmen, Ini 5 Ciri-Ciri Orang yang Memiliki Commitment Issue

1. Meningkatkan harapan hidup

Manfaat cinta untuk kesehatan yang pertama yaitu meningkatkan harapan hidup.

Sebuah meta-analisis tahun 2015 yang melibatkan 72.000 orang dewasa menemukan bahwa mereka yang memiliki kepuasan hubungan yang tinggi dan perasaan positif terhadap pasangannya dikaitkan dengan kesehatan yang lebih baik secara keseluruhan. Selain itu, mereka juga memiliki risiko kematian yang lebih rendah.

Di sisi lain, penelitian pada tahun 2020 terhadap lebih dari 164.000 warga lanjut usia menemukan bahwa mereka yang menikah memiliki harapan hidup sedikit lebih lama dibandingkan mereka yang tidak menikah.

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Manfaat cinta untuk kesehatan yang kedua yaitu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Sebuah studi tahun 2019 menemukan bahwa jatuh cinta dapat memberikan efek yang positif pada sistem kekebalan tubuh. Dalam penelitian selama 2 tahun tersebut, peserta yang jatuh cinta mengalami peningkatan aktivitas gen kekebalan tertentu. Sedangkan peserta yang tidak jatuh cinta selama penelitian tidak mengalami peningkatan.

Itu artinya, partisipan yang sedang jatuh cinta cenderung memiliki pertahanan yang lebih kuat terhadap infeksi dibandingkan partisipan yang tidak sedang jatuh cinta.

Baca Juga: 5 Jenis Bra Terbaik untuk Payudara Kendur, Payudara Jadi Kencang dan Bulat!

3. Mengurangi rasa sakit

Manfaat cinta untuk kesehatan yang ketiga yaitu mengurangi rasa sakit.

Sebuah penelitian kecil pada tahun 2010 menemukan bahwa orang-orang yang berada di tahap awal hubungan romantis merasakan manfaat manajemen rasa sakit. Hal ini mungkin disebabkan oleh fakta bahwa aktivasi daerah pemrosesan penghargaan di otak dapat mengurangi rasa sakit.

Mereka yang berada dalam hubungan romantis baru dan melihat foto pasangannya juga cenderung mengalami pereda nyeri yang lebih besar dibandingkan mereka yang melihat foto kenalan akrab.

Meskipun dilakukan dalam lingkungan yang terkendali, namun penelitian tersebut menunjukkan bahwa cinta mampu berfungsi sebagai analgesik ringan ketika rasa sakit muncul.

4. Mengurangi kemungkinan terkena serangan jantung

Manfaat cinta untuk kesehatan yang keempat yaitu mengurangi kemungkinan terkena serangan jantung.

Sebuah studi tahun 2013 menemukan bahwa orang yang menikah pada usia 35-64 tahun lebih kecil kemungkinannya terkena serangan jantung dibandingkan mereka yang tidak menikah pada kelompok usia yang sama.

Penelitian lainnya pada tahun 2019 menemukan bahwa kehadiran pasangan romantis atau bahkan sekadar memikirkan pasangan romantis dapat menurunkan tekanan darah tatkala pemicu stres datang.

Itulah 4 manfaat cinta untuk kesehatan yang harus Anda tahu. Luar biasa sekali kan, Moms?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News