Santai

Sebelum Membeli, Simak Cara Memilih Laptop Gaming yang Tepat

Sebelum Membeli, Simak Cara Memilih Laptop Gaming yang Tepat

MOMSMONEY.ID - Memilih laptop gaming yang tepat merupakan salah satu cara yang harus dilakukan. Anda perlu mengetahui spesifikasi, model dan fitur yang perlu dipertimbangkan. 

Tak perlu bingung, Anda dapat menyimak artikel ini sebelum membeli laptop gaming. Artikel ini memberikan cara memilih laptop gaming yang tepat. 

Cara memilih laptop gaming yang tepat perlu disesuaikan dengan kebutuhan Anda. 

Baca Juga: 5 Laptop Gaming Murah Terbaik yang Cocok Dibeli di Tahun 2024

Mengutip Guiding Tech, berikut cara memilih laptop gaming yang tepat:

1. Pahami kebutuhan Anda

Bagi para gamer, penting untuk mengidentifikasi genre game khas Anda dan persyaratan sistemnya. Preferensi permainan Anda akan sangat memengaruhi jenis laptop yang harus Anda pertimbangkan.

Misalnya, orang yang ingin memainkan judul terbaru dan terhebat akan mendapatkan keuntungan besar dari perangkat keras kelas atas. Sedangkan untuk eSports kompetitif, diperlukan tampilan kecepatan refresh yang lebih tinggi serta GPU yang tidak menghambatnya.

Untuk petualangan pemain tunggal, sebagian besar laptop gaming kelas menengah sudah cukup.

Terakhir, bagi penggemar judul indie dan emulator game retro, lebih baik Anda mengeluarkan uang untuk membeli laptop konsumen umum, atau bahkan perangkat genggam karena Anda tidak memerlukan banyak tenaga.

Di sisi lain, beberapa pengguna berbelanja laptop gaming untuk keperluan kreatif mereka. Kabar baiknya adalah merek mengetahui hal itu, dan telah memiliki laptop khusus untuk desain grafis, atau laptop yang dapat digunakan untuk mengedit video.

2. Kinerja

Penuh Hiburan, Keseruan dan Tenaga. Rangkaian Laptop Lenovo Legion 7i dan Legion Slim 7i telah Dilun

Berdasarkan kebutuhan Anda, Anda dapat memutuskan jenis daya mentah yang Anda perlukan dari sistem Anda. Performa laptop gaming terutama ditentukan oleh prosesor (CPU), kartu grafis (GPU), RAM, dan penyimpanan. 

Meskipun mengeluarkan uang untuk membeli laptop yang tahan masa depan adalah ide yang bagus, laptop tidak dapat diupgrade seperti PC. Dalam kebanyakan kasus, laptop gaming akan terus memenuhi kebutuhan Anda selama 3-4 tahun. 

Oleh karena itu, jika Anda hanya perlu memainkan game kasual, lebih baik gunakan sistem kelas menengah sekarang dan tingkatkan lagi setelah 4 tahun, daripada menghabiskan banyak uang untuk mesin kelas atas dan masih menghadapi kemacetan di kemudian hari.

Baca Juga: Acer Hadirkan Laptop Gaming Predator Helios dengan Prosesor Intel Core Generasi ke-14

3. Portabilitas

Alasan lain mengapa penting untuk mengidentifikasi kasus penggunaan Anda adalah karena hal ini membantu dalam mengetahui apakah Anda memerlukan pembangkit listrik portabel atau pengganti desktop. 

Umumnya, laptop gaming cukup berat dan memiliki daya tahan baterai lebih pendek. Jika Anda selalu bepergian, berinvestasi pada laptop gaming ringan sepertinya merupakan pilihan yang tepat.

Meskipun demikian, laptop yang lebih ringan sering kali mengorbankan daya mentahnya. Jika Anda hanya akan duduk di depan meja dan menggunakan mesin Anda, berinvestasi pada laptop gaming yang lebih kuat lebih masuk akal. 

Mesin tersebut biasanya menawarkan spesifikasi yang lebih baik, dengan solusi pendinginan yang lebih baik, dan beberapa laptop seperti MSI Titan menawarkan kekuatan kelas desktop.

4. Tampilan

Tergantung pada ukuran laptop Anda, Anda juga dapat menentukan ukuran layar laptop gaming Anda. Bagi sebagian besar pengguna, laptop gaming 15 atau 16 inci sudah cukup. Namun, jika Anda mengutamakan visual dan memiliki ruang meja yang luas, laptop gaming layar 17 inci memberikan pengalaman sinematik.

Meskipun demikian, ingatlah bahwa resolusi yang lebih tinggi seperti 1440p atau 4K memerlukan perangkat keras yang lebih bertenaga. Di sisi lain, jika Anda sedang mencari laptop portabel, Anda juga bisa menemukan laptop gaming 13 atau 14 inci.

Baca Juga: Bisnis Laptop Gaming Diramal Makin Kencang Tahun Ini

5. Perangkat input dan konektivitas

Sebagian besar laptop gaming juga dilengkapi dengan keyboard gaming khusus. Meskipun pencahayaan RGB per tombol adalah pilihan pribadi, penting untuk memastikan bahwa keyboard memiliki jarak tombol yang baik, biasanya antara 1,5 dan 2 milimeter. 

Selain itu, beberapa laptop juga dilengkapi dengan numpad khusus, jika Anda menginginkannya.

Opsi konektivitas laptop gaming Anda penting untuk periferal seperti mouse gaming, keyboard, dan headset. 

Pastikan laptop Anda memiliki port USB yang cukup, serta HDMI atau DisplayPort untuk layar eksternal. Jika Anda memilih laptop dengan sasis yang lebih besar, kemungkinan besar laptop tersebut memiliki port Ethernet untuk koneksi internet yang lebih stabil.

6. Penyimpanan

Meskipun hal ini bukan merupakan pertimbangan utama karena sebagian besar penyimpanan nantinya dapat diupgrade, Anda tetap harus mempertimbangkan jenis penyimpanan yang disertakan pada laptop Anda. 

Saat ini, sebagian besar laptop sudah dilengkapi dengan SSD terpasang, jadi Anda sebaiknya menggunakannya. Anda dapat memilih kapasitasnya berdasarkan jumlah game yang ingin Anda simpan di dalamnya.

Sebagai titik awal, penyimpanan 1TB seharusnya cukup baik bagi sebagian besar pengguna, karena 512GB mungkin agak membatasi.

Baca Juga: Acer Kenalkan Laptop Gaming Predator Helios Neo 16 dengan Prosesor Intel Core 14

7. Sistem pendingin

Satu hal yang selalu kami tegaskan saat mengevaluasi laptop gaming adalah bahwa perangkat keras adalah sesuatu yang dapat ditawarkan oleh setiap merek. 

Yang membedakan setiap laptop gaming adalah jenis sistem pendingin yang digunakan perusahaan. Laptop gaming menghasilkan panas, jadi sistem pendingin yang efisien sangatlah penting. Carilah laptop dengan banyak kipas dan ventilasi untuk aliran udara optimal.

Selain itu, beberapa merek menggunakan logam cair untuk kinerja pendinginan yang lebih baik. Pastikan untuk mempertimbangkan ulasan yang menilai tingkat kebisingan dan kinerja termal di bawah beban.

Nah, itulah beberapa cara memilih laptop gaming yang tepat dan sesuai kebutuhan Anda. 

Tip yang lebih baik adalah jangan mengejar spesifikasi terbaru jika melebihi anggaran Anda. Sebaliknya, fokuslah pada komponen yang berdampak langsung pada pengalaman bermain game Anda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News