Bugar

Sebaiknya Hindari ya, Ini Buah yang Menyebabkan Asam Lambung Naik

Sebaiknya Hindari ya, Ini Buah yang Menyebabkan Asam Lambung Naik

MOMSMONEY.ID - Salah satu kelompok makanan yang sering menjadi penyebab asam lambung naik adalah buah-buahan tertentu. Lantas, ada apa saja buah yang menyebabkan asam lambung naik?

Bagi penderita asam lambung, penting untuk menghindari makanan dan minuman yang dapat memicu asam lambung naik, seperti buah-buahan tertentu.

Menyadur dari laman Alodokter, di bawah ini adalah beberapa buah yang menyebabkan asam lambung naik dan sebaiknya Anda hindari:

1. Tomat

Tomat dan olahannya, seperti saus dan jus tomat sebaiknya dihindari karena kandungan asamnya yang tinggi. Ini dapat memicu gejala GERD dan menyebabkan iritasi pada dinding lambung serta kerongkongan.

2. Jeruk

Buah sitrus seperti jeruk, jeruk nipis, dan lemon memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, tetapi juga mengandung asam yang dapat memicu gejala asam lambung, seperti mual dan nyeri ulu hati.

Meski demikian, Anda tetap bisa mengonsumsinya dalam jumlah terbatas. Untuk mengurangi keasaman, Anda bisa minum air putih atau air alkali saat mengonsumsi buah sitrus.

Baca Juga: Apakah Cuka Apel Bisa Mengobati Asam Lambung? Ketahui Faktanya di Sini

3. Nanas

Sebagian penderita asam lambung mungkin tidak mengalami gejala setelah makan nanas, tetapi buah ini memiliki pH sekitar 3-4, yang cukup asam. Karena itu, sebaiknya konsumsi nanas dalam jumlah terbatas untuk menghindari kekambuhan gejala.

4. Cokelat

Cokelat dapat memicu gejala asam lambung karena kandungan kafein dan methylxanthine yang melemahkan otot katup kerongkongan bagian bawah. Ini memungkinkan makanan atau asam lambung naik kembali ke kerongkongan, memicu heartburn.

5. Apel hijau

Apel hijau memiliki rasa yang lebih asam dibandingkan apel merah, sehingga dapat memicu peningkatan kadar asam lambung dan memperparah gejala penyakit asam lambung.

Baca Juga: Air Kelapa Muda untuk Asam Lambung, Simak 5 Cara Konsumsinya Berikut!

Jika Anda mengalami asam lambung atau rentan terhadap masalah ini, ada beberapa langkah yang dapat diambil:

  • Sebagai gantinya, pilih buah-buahan yang lebih rendah keasamannya, seperti pisang atau melon. Buah-buahan ini cenderung lebih mudah dicerna dan tidak memicu produksi asam berlebih.
  • Jika Anda tetap ingin menikmati buah-buahan yang mungkin menyebabkan refluks, pastikan untuk mengonsumsinya dalam jumlah terbatas dan seimbangkan dengan makanan lain yang dapat membantu menetralisir asam lambung.
  • Hindari makan buah-buahan yang bersifat asam saat perut kosong atau sebelum tidur. Memberikan waktu yang cukup antara waktu makan dan tidur dapat membantu mencegah naiknya asam lambung.
  • Jika Anda sering mengalami masalah asam lambung, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan saran medis yang tepat.

Demikianlah beberapa buah yang menyebabkan asam lambung naik. Dengan menghindari buah-buahan yang dapat memicu asam lambung dan mengikuti langkah-langkah pengelolaan yang tepat, Anda dapat menikmati diet sehat sambil menjaga kesehatan lambung Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News