Bugar

Apakah Cuka Apel Bisa Mengobati Asam Lambung? Ketahui Faktanya di Sini

Apakah Cuka Apel Bisa Mengobati Asam Lambung? Ketahui Faktanya di Sini

MOMSMONEY.ID - Ada berbagai macam pengobatan alternatif untuk asam lambung di luar sana. Cuka apel jadi salah satu yang sering disebut-sebut mampu mengobati penyakit satu ini. Namun, apakah cuka apel bisa mengobati asam lambung?

Faktanya, jurnal medis belum mempublikasikan penelitian yang secara khusus menyelidiki efek cuka sari apel pada asam lambung dan mulas. Jadi belum ada bukti kuat terkait efektivitas cuka apel mampu mengobati asam lambung.

Jika dikonsumsi, apakah cuka apel aman untuk penderita asam lambung? Melansir dari laman Medical News Today, risiko menggunakan cuka sari apel untuk asam lambung dianggap rendah.

Banyak orang mengonsumsinya setiap hari untuk mengontrol gula darah, menurunkan berat badan, dan alasan lainnya tanpa mengalami efek samping. Namun, belum ada penelitian yang memastikan keamanan penggunaan jangka panjang.

Baca Juga: Air Kelapa Muda untuk Asam Lambung, Simak 5 Cara Konsumsinya Berikut!

Pada beberapa orang, cuka sari apel dapat memperburuk gejala mulas. Mereka yang memiliki kerongkongan yang sudah teriritasi mungkin mengalami sensasi terbakar dan iritasi lebih lanjut setelah meminumnya.

Bagi yang ingin mencoba cuka sari apel untuk asam lambung ringan, dapat mencampur satu sendok teh hingga satu sendok makan cuka ke dalam segelas air. Minum campuran ini sebelum atau setelah makan dapat membantu mengurangi gejala asam lambung pada beberapa orang.

Namun, tidak disarankan untuk menggunakan cuka sari apel jika Anda mengalami asam lambung sedang hingga parah, mulas, atau GERD.

Baca Juga: Mudah, Begini Cara Menghilangkan Rasa Mual karena Asam Lambung!

Selain risiko memperburuk gejala mulas, cuka sari apel juga memiliki potensi mengikis enamel gigi. Untuk melindungi gigi, selalu encerkan cuka dengan air dan konsumsi bersamaan dengan makanan. Anda juga bisa berkumur setelah meminum cuka sari apel atau mengonsumsinya melalui sedotan.

Cuka sari apel dapat berinteraksi dengan obat-obatan tertentu, seperti diuretik dan insulin. Karena itu, siapa pun yang mengonsumsi obat atau suplemen harus berkonsultasi dengan dokter mereka sebelum mengonsumsi cuka sari apel secara teratur.

Demikianlah jawaban atas pertanyaan, apakah cuka apel bisa mengobati asam lambung atau tidak. Semoga bermanfaat, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News