Bugar

Sebaiknya Batasi, Ini Beberapa Makanan yang Mengandung Lemak Jenuh

Sebaiknya Batasi, Ini Beberapa Makanan yang Mengandung Lemak Jenuh

MOMSMONEY.ID - Jangan terlalu banyak dikonsumsi, batasi makanan yang mengandung lemak jenuh berikut ini, ya.

Lemak jenuh sering dijuluki lemak jahat karena konsumsi berlebih dapat meningkatkan kadar kolesterol darah, yang bisa memicu risiko penyakit jantung dan stroke.

Menyadur dari laman Dokter Sehat, berikut adalah beberapa makanan yang mengandung lemak jenuh yang perlu Anda batasi konsumsinya:

1. Cokelat hitam

Cokelat hitam memang memiliki antioksidan yang baik, tetapi juga tinggi lemak jenuh. Nikmati cokelat hitam dengan porsi yang terkontrol untuk menghindari konsumsi lemak jenuh yang berlebihan.

Baca Juga: Mudah Dikenali, Inilah 10 Ciri-Ciri Orang Hamil yang Paling Umum

2. Susu dan produk olahannya

Meskipun susu dan produknya seperti yogurt kaya akan manfaat, di dalamnya juga terkandung lemak jenuh yang cukup tinggi. Mengonsumsi produk susu dalam jumlah moderat atau memilih versi rendah lemak bisa membantu mengurangi asupan lemak jenuh Anda.

3. Keju

Sebagai produk olahan susu, keju termasuk dalam kategori makanan yang tinggi lemak jenuh. Jenis keju seperti cheddar memiliki kandungan lemak jenuh yang signifikan, sehingga perlu dikonsumsi secara bijak.

4. Es krim

Es krim, yang terbuat dari susu, gula, dan tambahan rasa seperti cokelat dan vanila, merupakan sumber lemak jenuh. Mengurangi frekuensi mengonsumsi es krim dapat membantu menurunkan asupan lemak jenuh Anda.

Baca Juga: Mengulik Khasiat serta Cara Minum Chia Seed untuk Diet Menurunkan BB

5. Whipped cream

Meskipun menjadi topping favorit untuk kue dan kopi, whipped cream memiliki kandungan lemak jenuh yang tinggi dan sebaiknya dikonsumsi dengan batasan.

6. Mayones

Mayones, yang sering digunakan sebagai pelengkap hamburger atau pizza, juga mengandung lemak jenuh. Batasi penggunaan mayones untuk menjaga kesehatan jantung Anda.

7. Daging merah

Daging merah, terutama bagian yang berlemak seperti rib eye dan sirloin, kaya akan lemak jenuh. Mengurangi konsumsi daging merah bisa membantu menurunkan risiko penyakit jantung.

Baca Juga: 6 Minuman Sehat Terbaik untuk Menambah Energi

8. Daging olahan

Produk daging olahan seperti sosis dan bakso juga mengandung lemak jenuh yang cukup tinggi. Lebih baik memilih daging segar dan mengolahnya sendiri tanpa tambahan lemak.

9. Mentega

Sering digunakan sebagai bahan dasar pembuatan kue dan roti, mentega memiliki kandungan lemak jenuh yang sangat tinggi. Mengonsumsinya secara berlebih bisa berkontribusi pada peningkatan asupan harian lemak jenuh Anda.

10. Minyak hati ikan cod

Walaupun kaya akan omega-3, minyak hati ikan cod juga mengandung lemak jenuh. Penggunaannya harus diatur untuk menghindari konsumsi berlebih.

Demikianlah daftar makanan yang mengandung lemak jenuh yang sebaiknya Anda batasi konsumsinya. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya: Sebulan Minus 0,78%, Harga Emas Antam Anjlok (31 Agustus 2024)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News