InvesYuk

Sambut Hari Kartini, BNI Sekuritas Bagikan Tips Sukses Perempuan Masuk di Pasar Modal

Sambut Hari Kartini, BNI Sekuritas Bagikan Tips Sukses Perempuan Masuk di Pasar Modal

MOMSMONEY.ID - Dalam rangka memperingati Hari Kartini pada 21 April, BNI Sekuritas berbagai kunci penting yang harus diperhatikan perempuan agar bisa berperan aktif di pasar modal.

Direktur Institutional Markets BNI Sekuritas Vera Ongyono mengajak para perempuan untuk terus mengobarkan semangat kepemimpinan mereka, k ususnya turut aktif terlibat di pasar modal Indonesia baik sebagai investor maupun berkarier di industri ini.

Menurutnya, peran perempuan di pasar modal Indonesia sangat penting. Sebagai investor, perempuan dapat membantu keluarganya untuk mencapai tujuan finansial.

"Sedangkan sebagai profesional dan pemimpin, perempuan dapat memberikan perspektif lain di industri dengan segala karakteristik uniknya,“ ungkap Vera.

Baca Juga: Berikut Tips Pilih Saham Dari Dana THR

Melihat dari data Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), peran dan populasi investor perempuan di Indonesia terus meningkat tiap tahun.

Per Maret 2023 lalu, jumlah investor pasar modal tercatat 10.763.416 SID. Dari angka tersebut, sebanyak 37,2 persen atau sekitar 4.003.990 merupakan investor perempuan dengan aset senilai Rp277,21 triliun.

Sebagai salah satu perempuan yang menempati posisi strategis di perusahaan yang berkecimpung di pasar modal, Vera percaya bahwa perempuan memiliki karakteristik unik yang dapat menjadi nilai lebih ketika ingin berkarier sebagai top executives di pasar modal atau bidang manapun.

Vera mengatakan salah satu karakteristik unik perempuan yang dapat menjadi nilai unggul sebagai pemimpin yaitu sifat keibuan yang dimiliki. Karakteristik ini dan tugas kita di rumah mendorong kerja sama dan kolaborasi yang baik.

"Dalam hal keuangan, banyak perempuan yang terbiasa menjadi pengatur keuangan di rumah tangga. Biasanya perempuan juga memiliki empati yang tinggi, sehingga sebagai pemimpin kita mungkin akan lebih mudah mengerti kebutuhan stakeholders," kata Vera.

Baca Juga: Tips Kelola THR untuk Investasi Saham Bagi Pemula

Menurutnya, sebagai ibu, perempuan juga kerap dihadapkan dengan situasi yang mengharuskan mereka mengambil keputusan secara dinamis untuk kebaikan keluarga yang di pekerjaan bisa dianggap sebagai Nasabah.

Dalam pandangan Vera, ada enam kunci penting yang harus diperhatikan oleh para perempuan yang ingin berperan aktif di pasar modal:

Manajemen Waktu yang Efektif

Perempuan, terutama yang sudah berumah tangga, perlu memiliki manajemen waktu yang baik. Kemampuan ini memungkinkan mereka untuk mencapai keseimbangan antara karier dan kehidupan pribadi, serta membangun support system yang kuat.

Vera mengatakan bahwa penting sekali memiliki support system yang kuat dalam mendukung kita di rumah, pekerjaan, atau hal lainnya.

"Dalam membangun support system, diperlukan manajemen waktu yang baik dan efektif. Manajemen waktu yang baik akan meningkatkan understanding kita dengan para support system,” jelas Vera.

Baca Juga: Sisa 3 Hari Lagi, Kesempatan Beli ORI025 dengan Kupon 6,4%

Keluar dari Comfort Zone

Vera berbagi pengalamannya sendiri sebagai seorang introvert. Hal-hal seperti ini bukanlah alasan menurutnya. Menempatkan diri sesuai kebutuhan dan keluar dari comfort zone diperlukan untuk dapat terus mengembangkan diri dan menjaga hubungan baik dengan para stakeholders.

Tetapkan Tujuan dan Target yang Jelas

Menurut Vera, dengan menetapkan tujuan yang jelas, kita akan lebih fokus dan termotivasi untuk mencapainya. Tujuan yang jelas membantu dalam mengarahkan langkah-langkah yang diperlukan untuk meraih kesuksesan dan karier yang ingin diraih,” tutur Vera.

Be Organized

Vera berpendapat ketika berkarier di pasar modal, penting sekali seseorang untuk menjadikan dirinya teratur. Teratur dalam hal menjaga keseimbangan antara tanggung jawab sebagai ibu rumah tangga dan karier. Teratur dalam mencapai tujuan-tujuan yang diinginkan Nasabah dan sebagainya.

Baca Juga: 6 Tips Menghindari Risiko Terjebak Saham Gorengan

Terus Asah Keterampilan Analisis Pasar Modal

Pemahaman yang kuat tentang pasar modal dan kemampuan untuk menganalisisnya menjadi kunci sukses dalam industri ini. Selain itu, memberikan solusi keuangan terbaik bagi Nasabah merupakan tanggung jawab yang penting bagi para profesional pasar modal.

Tetap Up-to-date

Hal ini dibutuhkan karena dinamika pasar modal yang terus berkembang membutuhkan kesadaran akan pentingnya selalu memperbarui informasi.

Dengan tetap up-to-date, para profesional pasar modal dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam memberikan pelayanan kepada nasabah serta dalam menjalankan tugas-tugas mereka

Selanjutnya: Promo Superindo Hari Ini Periode 22-25 April 2024, Ada Diskon 45% dan Beli 2 Gratis 1

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News