Santai

6 Film Indonesia Bertema Perempuan Ini Cocok Ditonton Saat Hari Kartini

6 Film Indonesia Bertema Perempuan Ini Cocok Ditonton Saat Hari Kartini

MOMSMONEY.ID - Untuk memperingati Hari Kartini, jangan lupa tonton film Indonesia yang bertema perjuangan perempuan ini, ya.

Memperingati Hari Kartini bisa juga dilakukan dengan menonton film tentang perjuangan perempuan dari dalam negeri.

Beberapa judul film Indonesia tentang perempuan bisa dijadikan alternatif tontonan untuk mengembalikan semangat emansipasi perempuan.

Jika penasaran, jangan lupa tonton film Indonesia tentang perempuan berikut, ya:

Baca Juga: Ada di Netflix, Tonton 5 Film Indonesia Karya Sutradara Perempuan Ini Yuk

Losmen Bu Broto

Film bergenre keluarga ini juga menampilkan kisah para perempuan Jawa yang menjalankan bisnis losmen atau rumah penginapan milik keluarganya.

Dibintangi oleh Maudy Ayunda, Maudi Koesnaedi, dan Putri Marino, film ini akan menampilkan beberapa konflik keluarga yang didominasi oleh para perempuan mandiri terutama dalam menyelesaikan permasalahan pekerjaan dan pribadi.

Athirah               

Film Indonesia yang juga memiliki pemeran utama perempuan dalam ceritanya adalah Athirah. Film biografi ini mengangkat cerita kehidupan ibu mantan Wakil Presiden Indonesia, M. Jusuf Kalla.

Film yang juga dikenal dengan judul Emma ini menampilkan kisah kehidupan Athirah yang berubah drastis setelah ia mengetahui sang suami menikahi perempuan lain. Hal tersebutlah yang kemudian membuat kehidupan rumah tangga dan keluarganya menjadi terombang-ambing.

Baca Juga: 6 Drama Korea Populer Bertema Single Mom, Para Ibu Tunggal Tonton yuk

Merry Riana: Mimpi Sejuta Dollar

Nama Merry Riana tentu bukan nama asing lagi bagi perempuan Indonesia yang gemar mendengarkan motivasi. Merry Riana dikenal sebagai salah satu motivator kondang Indonesia yang memiliki buku biografinya sendiri.

Dari buku tersebut kemudian dibuatlah film ini. Mengikuti kisah kehidupan Merry Riana, keturunan Tionghoa yang terkena dampak kerusuhan dan krisis moneter di tahun 1998.

Ia terpaksa nekat pergi ke Singapura dengan bekal uang seadanya dan mencari cara agar tetap bisa kuliah di sana.

Before, Now & Then

Before, Now & Then menyuguhkan kisah ketangguhan para perempuan yang dituntut untuk menjaga martabat sang suami dan keharmonisan keluarganya.

Namun, mereka ternyata juga harus bergelut dengan trauma memilukan, gunjingan keluarga, dan juga kerinduan akan kasih sayang yang tulus.

Melalui pertemuan dan persahabatan yang terjalin antara dua karakter perempuan di film ini, film Before, Now & Then memberikan kesan dan pesan pada para perempuan untuk berani memperjuangkan kembali kebebasan yang ingin dicapai dan sempat terlupakan.

Baca Juga: 5 Film Horor Karya Joko Anwar Ini Wajib Ditonton setelah Nonton Siksa Kubur

Yuni

Salah satu film Indonesia yang berhasil mendapatkan beberapa penghargaan luar negeri ini juga mengangkat kehidupan perempuan sebagai latar ceritanya. Yuni merupakan seorang gadis remaja yang duduk di bangku sekolah.

Ia memiliki mimpi tinggi dan ingin mendapatkan pendidikan yang tinggi juga. Namun, dua orang pria datang untuk melamar Yuni dan ditolaknya.

Dia pun juga takut akan mitos yang menyatakan bahwa seorang wanita tidak boleh menolak lamaran sebanyak 3 kali atau nantinya ia tidak bisa menikah sama sekali.

Kartini

Film yang dibintangi oleh Dian Sastrowardoyo ini merupakan film biografi Indonesia yang mengangkat cerita kehidupan R.A. Kartini.

Dalam film ini akan ditampilkan tentang bagaimana Ibu Kartini melakukan segala upayanya untuk menyetarakan derajat perempuan dan pria di Indonesia pada waktu itu.

Hingga akhirnya Ibu Kartini berhasil menjadi salah satu pahlawan emansipasi perempuan yang dikenang sampai hari ini.

Itulah tadi deretan film Indonesia tentang perempuan yang cocok ditonton saat peringati Hari Kartini. Dijamin bakal beri semangat dan inspirasi bagi perempuan Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News