Santai

Rumah Atsiri Berkolaborasi dengan Kemenparekraf Hadirkan Aromatik Khas Indonesia

Rumah Atsiri Berkolaborasi dengan Kemenparekraf Hadirkan Aromatik Khas Indonesia

MOMSMONEY.ID -  Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) melalui Wonderful Indonesia bersama Rumah Atsiri Indonesia mempersembahkan koleksi aromatik pertama dengan nama ‘Scent of Wonderful Indonesia’.

Kolaborasi sinergis ini untuk memberi panggung bagi aroma khas Indonesia, sekaligus menggambarkan warisan tradisi kaya sejarah, serta mengangkat identitas Nusantara yang memukau.

Hasil kolaborasi ini disebut 'Scent of Wonderful Indonesia’ yang mana sebagai representasi keramahtamahan dan karakter negara adidaya kebudayaan yang diwujudkan dalam tarian aroma memikat indera penciuman.

Baca Juga: Simak, 5 Rekomendasi Parfum Lokal Tahan Lama dan Murah ala Tokopedia

Kolaborasi ini selaras dengan pesona cita rasa indrawi atau dikenal sebagai sensory wonders dalam lima pilar komunikasi tematik pesona Wonderful Indonesia yang diwakili dengan simbol warna ungu, di mana dihadirkan juga pada packaging Scent of Wonderful Indonesia sebagai lambang sensory.

 Ni Made Ayu Marthini, Deputi Bidang Pemasaran Pariwisata Kemenparekraf mengatakan kolaborasi ini mempertemukan Kemenparekraf dan Rumah Atsiri Indonesia dalam inisiatif aromatik untuk mengangkat profil industri pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia, serta mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

Selain itu kolaborasi ini juga dalam rangka diplomatic scent sebagai identitas wangi ‘Wonderful Indonesia’ yang hadir bersama cerita asal usulnya untuk membangun ketertarikan akan pariwisata Indonesia.

Baca Juga: 6 Bunga Pengusir Serangga yang Mudah Dirawat

"Harapannya pesona indrawi ini memberikan dorongan bagi wisatawan untuk langsung dapat merasakan kesan dan pengalaman yang otentik dari cerita yang melatarbelakangi terciptanya Scent of Wonderful Indonesia di Indonesia,” ungkap Made dalam acara peluncuran Scent of Wondrful Indonesia, Kamis (30/11). 

Natasha Clairine, Pendiri Rumah Atsiri Indonesia, mengungkapkan besar harapannya, koleksi ‘Scent of Wonderful Indonesia’ dapat memberikan kontribusi berarti bagi industri pariwisata, membuka jendela luas akan kekayaan budaya dan warisan aromatik Indonesia.

"Selain itu, tentunya dapat memperkuat karakter dan identitas Indonesia melalui indera penciuman, sebagai salah satu bagian panca indera yang paling sensitif dan berhubungan erat dengan kenangan serta emosi seseorang," kata Natasha. 

Baca Juga: Bisa Hilangkan Ketombe, Ini 5 Manfaat Air Mawar bagi Kesehatan Rambut

Dengan kondisi alam yang unik dan posisi strategis di jalur maritim dunia, Indonesia menjadi pemain penting dalam industri rempah internasional. Bukan hanya rempah, Indonesia juga kaya akan tanaman-tanaman berharga yang biasa digunakan sebagai bahan wewangian, makanan, hingga bahan pengobatan tradisional.

Adapun Scent of Wonderful Indonesia ini gabungan dari wangi pala, nilam, lemon dan juga serai. Pala, nilam dan serai punya sejarah sendiri di Indonesia.

Pada masa penjajahan, pala menjadi komoditas rempah penting hingga menjadi rebutan bangsa-bangsa Eropa di kala itu.

Selain itu, nilam juga menjadi tanaman yang sangat dihargai secara global yang dibuktikan dengan sekitar 90% industri wewangian dunia yang menggunakan nilam.

Tak hanya itu, serai juga memiliki peranan penting dalam tradisi pengobatan dan hidangan Nusantara karena manfaat kesehatannya dan menambah citarasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News