Santai

Rekomendasi Bunga Pengusir Nyamuk Paling Efektif Tanpa Bahan Kimia

Rekomendasi Bunga Pengusir Nyamuk Paling Efektif Tanpa Bahan Kimia

MOMSMONEY.ID - Tahukah Anda ada beberapa bunga pengusir nyamuk paling efektif yang dapat mengusir nyamuk di rumah. Bunga pengusir nyamuk ini lebih aman daripada obat nyamuk lainnya.

Anda bisa merawat bunga pengusir nyamuk di dalam rumah untuk menghilangkan nyamuk. 

Bunga pengusir nyamuk ini memiliki aroma yang harum sehingga membuat nyamuk tidak menyukainya. 

Baca Juga: 15 Bunga Pengusir Nyamuk yang Ampuh Tanpa Bahan Kimia, Terbukti Menurut Sains

Untuk itu, berikut ini rekomendasi bunga pengusir nyamuk paling efektif tanpa bahan kimia. 

1. Balsem Lebah 

Hancurkan daun tanaman, dan tanaman akan mengeluarkan aroma seperti dupa yang kuat karena adanya timol.  Senyawa ini memiliki sifat pengusir serangga alami yang dapat mengusir nyamuk!

Anda bisa menanamnya di taman sekitar pintu masuk atau di tempat yang sering Anda duduki untuk mendapatkan manfaatnya.

2. Marigold

Bunga Marigold

Bunga ini mengandung piretrum, senyawa yang mempengaruhi sistem saraf nyamuk. Aroma marigold yang kuat juga menyinggung mereka!

Menurut penelitian ini, tanaman ini menawarkan perlindungan yang kuat sebesar 32,4% terhadap nyamuk Malaria Afrika!

3. Lavender

Lavender mengeluarkan aroma yang kuat dan tidak disukai nyamuk. Minyak atsiri, terutama linalool dan kapur barus, efektif mengusir serangga ini. 

Baca Juga: Dijamin Ampuh! Ini 15 Bunga Pengusir Nyamuk yang Alami Tak Perlu Bahan Kimia

Sebuah studi tahun 2009 menunjukkan bahwa minyak lavendel 93% efektif melawan nyamuk di dalam ruangan, jadi selain menggunakan minyak esensialnya, Anda juga bisa menekan dan menggosokkan bunganya ke bagian tubuh yang terbuka sambil berjalan-jalan di taman.

4. Tansy 

Tansy mengandung thujone ,senyawa yang dibenci nyamuk! Aromanya yang kuat juga membingungkan sistem saraf mereka sehingga memaksa mereka untuk menjauh dari tempat tanaman ini berada.

5. Krisan

Krisan mengandung piretrum, yang juga mempengaruhi sistem saraf nyamuk. Untuk efek terbaik, pastikan Anda menanamnya secara berkelompok di dekat jendela atau pintu teras, tempat nyamuk bisa masuk ke dalam rumah.

Selain itu, remas bunganya dan aplikasikan saat Anda melihat serangga mengganggu ini untuk menggandakan efeknya.

6. Lantana

Lantana menghasilkan bau yang menyengat, yang menurut nyamuk tidak menarik. Terus hancurkan daun dan bunganya untuk memastikan Anda tidak terganggu oleh suara mendengung di dekat telinga Anda.

Menurut Journal of American Mosquito Control Association, bunga Lantana camara bekerja paling baik melawan nyamuk Aedes dan dapat memberikan perlindungan 94,5% dari Aedes albopictus dan Ae. nyamuk aegypti.

Baca Juga: Efek Konflik Laut Merah Industri Bahan Kimia Jerman Kekurangan Bahan Baku

Penelitian lain yang dilakukan di Tanzania menyatakan bahwa tanaman berbunga ini cukup efektif melawan masuknya nyamuk jika ditanam di sekitar dinding rumah pedesaan.

7. Rosemary

Aroma Rosemary yang kuat berkat senyawa seperti cineole dan kapur barus di dalamnya efektif mengusir nyamuk. Membakar tangkai rosemary dapat memperkuat efek pengusirnya, Anda juga bisa menggunakan minyak rosemary.

8. Bunga Benang

Bunga benang sari mengandung kumarin yang cukup ampuh mengusir serangga seperti nyamuk. 

Untuk menyebarkannya secara efektif di udara – menghancurkan bunga dan daun adalah pilihan terbaik untuk memastikan potensinya.

9. Society Garlic

Nyamuk menganggap tanaman ini sangat menjijikkan – terutama karena aromanya yang kuat seperti belerang! Tumbuhkan mereka dalam kelompok yang terdiri dari 3-4 orang di mana serangga ini cukup umum di taman Anda.

10. Catnip

Senyawa Catnip, nepetalactone, lebih efektif dibandingkan DEET, bahan umum dalam pengusir serangga, jadi bisa dibayangkan betapa manjurnya jika digunakan dengan cerdik!

Salah satu laporan dari Nature's Scientific Reports menyatakan bahwa minyak esensialnya ampuh mengusir nyamuk Aedes aegypti, bahkan dengan konsentrasi serendah 2%!

Baca Juga: 6 Resep Bahan Alami untuk Cuci Muka Tanpa Khawatir Bahan Kimia

11. Bunga Kemangi

Minyak esensial dalam kemangi, terutama estragole dan linalool, menghasilkan bau menyengat yang dibenci serangga ini, terutama jika daunnya dihancurkan.

Sama seperti rosemary, Anda juga bisa membakarnya atau memasukkan bunga atau daun kemangi ke dalam minyak kelapa selama beberapa hari atau minggu dan mengoleskannya pada kulit Anda.

12. Bunga Papermint

Daun dan bunga pepermin mengandung mentol yang memiliki aroma kuat sehingga dapat mengusir nyamuk . Anda juga bisa mengoleskan minyak pepermin pada kulit untuk perlindungan lebih.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Moisturizer Symwhite 377 Terbaik, Efektif Mengatasi Noda Hitam!

13. Geranium

Geranium, terutama varietas yang beraroma lemon, mengandung citronellol, yang dianggap menjijikkan bagi nyamuk yang harus Anda lakukan hanyalah meremukkan beberapa daun dan bunga untuk menyebarkan aroma terbaik, dan lihat serangga-serangga itu mengusirnya!

Nah itulah beberapa rekomendasi bunga pengusir nyamuk paling efektif yang dapat Anda rawat di dalam rumah. 

Selanjutnya: Zurich Asuransi Indonesia Sebut Prospek Asuransi Rekayasa Masih Besar di Tahun 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News