Keluarga

Rekomendasi 7 Makanan Khas Jawa Tengah yang Wajib Anda Cicipi

Rekomendasi 7 Makanan Khas Jawa Tengah yang Wajib Anda Cicipi

MOMSMONEY.ID - Jawa Tengah memiliki segudang aneka menu makanan khas yang jadi primadona. Berikut rekomendasi makanan khas Jawa Tengah.

Deretan menu makanan khas tersebut ada banyak ragamnya, mulai dari camilan hingga makanan berat.

Yang mengejutkan, ternyata tak semua makanan ini punya rasa manis. Ada juga makanan yang bercita rasa asin.

Apakah Anda sudah pernah mencoba seluruh makanan khas tersebut? Jika belum, mari ikut bersama MomsMoney jelajahi aneka ragam makanan khas Jawa Tengah di artikel berikut ini.

Baca Juga: Masakan China yang Paling Populer di Dunia, Sudah Coba Semua?

Tahu petis

Salah satu menu makanan khas Jawa Tengah yang banyak dikenal masyarakat Indonesia ialah tahu petis. Menu ini berisi tahu kuning yang disiram dengan kuah petis yang terbuat dari udang/ikan.

Keripik belut

Siapa sangka, belut yang punya bentuk menjijikan ternyata bisa diolah menjadi salah satu makanan khas Jawa Tengah, yakni keripik belut.

Sesuai dengan namanya, keripik ini terbuat dari daging belut yang dicelup ke dalam tepung, kemudian digoreng hingga garing. Manfaat mengonsumsi keripik belut dipercaya dapat meningkatkan stamina tubuh.

Baca Juga: 5 Makanan Vietnam yang Super Pedas, Wajib Anda Coba saat Berkunjung ke Sana

Getuk

Getuk Gulung Magelang

Getuk yang manis menjadi salah satu kebanggaan masyakat Jawa Tengah. Getuk sendiri terbuat dari singkong/ketela yang direbus dan ditumbuk sampai halus.

Untuk penyajiannya, biasanya getuk diberi pewarna makanan dan gula serta parutan kelapa.

Tahu gimbal

Tahu Gimbal

Baca Juga: Daftar 8 Makanan Paling Asam di Dunia, Bikin Mulut Langsung Mengerut!

Tahu Gimbal adalah makanan asli dari Semarang, Jawa Tengah. Tahu gimbal itu sendiri memiliki isian seperti tauge, tahu goreng, taburan gimbal udang, dan disiram saus kacang.

Gimbal udang merupakan gorengan yang berisi udang dan diberi balutan tepung. Bentuk menu ini gimbal (menggumpal kusut) seperti rambut.

Mendoan

Tempe mendoan, salah satu makanan khas Jawa Tengah, biasa dijadikan santapan pengganjal perut bersama aneka gorengan lainnya.

Tempe berbalut tepung ini menjadi salah satu favorit masyarakat Indonesia, terutaa rasanya yang makin mantap saat dicocol sambal kecap.

Mie ongklok

Mie Ongklok Dieng, makanan khas Jawa Tengah

Melansir dari Gramedia, Mie Ongklok merupakan salah satu makanan khas Jawa Tengah berupa mie kuning yang direbus dan ditambahkan irisan kol hingga daun kucai.

Mie ongklok memiliki kuat kental dan bisa disajikan bersama kerupuk. Ongklok sendiri adalah nama saringan bambu, tempat merebus mie.

Baca Juga: 8 Sambal Nusantara yang Cocok Jadi Teman Makan Ayam-Ikan Goreng

Lontong Tuyuhan

Salah satu menu rekomendasi yang wajib Anda cicipi ketika berkunjung ke daerah Rembang ialah Lontong Tuyuhan.

Menu makanan khas Jawa Tengah ini terdiri atas lontong yang dikombinasikan dengan sayur santan bercitarasa pedas karena adanya banyak rempah semacam jinten, kemiri, dan bawang.

Disebut Lotong Tuyuhan, karena penjualnya berasa dari Desa Tuyuhan, Kecamatan Pancur, Jawa Tengah.

Demikian rekomendasi aneka menu makanan khas Jawa Tengah yang wajib Anda cicipi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News